ANALISIS PENDAPATAN DAN BIAYA PRODUKSI AGROINDUSTRI TAHU DI DESA PANDANSARI KECAMATAN AJIBARANG KABUPATEN BANYUMAS

Wiji Santoso, Pujiati Utami, Dumasari Dumasari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya biaya produksi dan pendapatan yang diperlukan pengrajin untuk mengelola agroindustri tahu di Desa Pandansari, Kecamatan
Ajibarang, Kabupaten Banyumas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survai dengan teknik pengambilan sampel secara sengaja (purposive sampling). Sampel yang diambil adalah pengrajin tahu di Desa Pandansari, Kecamatan Ajibarang, Kabupaten Banyumas sebanyak 20 orang pengrajin tahu dari sekitar 198 pengrajin tahu yang ada.
Pengambilan data dilakukan dengan wawancara terhadap sampel terpilih. Data yang terkumpul selanjutnya dianalisis dengan menggunakan perhitungan sederhana sesuai dengan tujuan penelitian. Berdasarkan hasil penelitian tentang agroindustri tahu di Desa Pandansari Kecamatan Ajibarang Kabupaten Banyumas dapat disimpulkan bahwa biaya produksi yang dikeluarkan untuk satu kali proses produksi dalam usaha agroindustri tahu di Desa Pandansari Kecamatan Ajibarang Kabupaten Banyumas adalah sebesar Rp.320.288,30 dengan pendapatan bersih yang diperoleh sebesar Rp.72.313,70.

Full Text: ##PDF##

DOI: 10.30595/agritech.v11i1.975

ISSN: 2580-5002