PENINGKATAN MOTIVASI DAN AKTIVITAS BELAJAR MAHASISWA PGSD UMP PADA MATA KULIAH STRATEGI BELAJAR MENGAJAR DI SD MELALUI COOPERATIVE LEARNING TIPE NHT (NUMBERED HEADS TOGETHER)

Aji Heru Muslim

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan motivasi belajar mahasiswa pada mata kuliah Startegi Belajar Mengajar DI SD melalui Cooperative Learning tipe NHT (Numbered Heads Together). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Obyek dalam penelitian ini adalah mahasiswa kelas A Semester II Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar UMP yang berjumlah 50 mahasiswa yang terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 35 siswa perempuan. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data menggunakan lembar observasi untuk aktivitas mahasiswa dan angket motivasi untuk motivasi belajar mahasiswa, analisis datanya secara deskriptif kualitatif dipersentasekan. Indikator dalam penelitian ini apabila terjadinya peningkatan aktivitas dan motivasi belajar mahasiswa. Hasil penelitian menunjukan model Cooperative Learning tipe NHT dapat meningkatkan aktivitas dan motivasi belajar mahasiswa pada mata kuliah Strategi Belajar Mengajar Di SD. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan meningkatnya aktivitas mahasiswa dalam pembelajaran seperti pada siklus I dengan skor rata-rata yang diperoleh mahasiswa yaitu 73,25% dengan kriteria baik dan pada siklus II dengan skor rata-rata yang diperoleh mahasiswa yaitu 84,5% dengan kriteria sangat baik. Hal ini menununjukkan bahwa peningkatan aktivitas belajar mahasiswa menggunakan pembelajaran kooperatif tipe TGT dapat meningkatkan Aktivitas belajar mahasiswa mencapai 11,25% dari siklus I ke siklus II. Selain aktivitas mahasiswa juga dapat meningkatkan motivasi belajar mahasiswa, pada siklus I motivasi belajar mahasiswa mencapai 73,24% termasuk dalam kriteria termotivasi dan pada siklus II motivasi belajar mahasiswa meningkat dengan persentase 77,62% termasuk dalam kriteria sangat termotivasi. Hal itu dapat dilihat dari perolehan persentase yang mengalami peningkatan 4,38% dari siklus I ke siklus II

Keywords


Aktivitas; Motivasi Belajar; Pembelajaran NHT; Strategi Belajar Mengajar Di SD

References


Arikunto, S. dkk. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara.

Kunandar. (2008). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta : PT Rajagrafindo Persada.

Purwanto, Ngalim. (2010). Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Safari. (2005). Penulisan Butir Soal Berdasarkan Penilian Berbasis Kompetensi . Jakarta : Asosiasi Pengawas Sekolah Indonesia Departemen Pendidikan Indonesia.

Slavin, R.E. (2008). Cooperative Learning (Teori, Riset dan Praktik). Bandung : Nusa Media.

Sudjana, N. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.


Full Text: FULLTEXT PDF

DOI: 10.30595/dinamika.v6i1.903

Copyright (c) 2016 DINAMIKA (Jurnal Pendidikan Dasar)

ISSN: 2655-870X