PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS CERITA PENDEK MELALUI METODE PENUGASAN

Cicih Wiarsih, Tri Yuliansyah Bintaro

Abstract


Penelitian ini berdasarkan pada permasalahan yang dialami oleh mahasiswa PGSD semester satu dimana tingkat keterampilan menulis terutama menulis cerita pendek (cerpen) masih rendah. Salah satu alternatif yang digunakan untuk meningkatkan keterampilan menulis cerpen mahasiswa PGSD yaitu dengan menggunakan metode penugasan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan desain penelitian tindakan kelas terhadap mahasiswa semester satu yang terdiri dari 223 mahasiswa yang terbagi menjadi lima kelas, yaitu kelas A s.d kelas E. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui tes portofolio dan dokumentasi. Adapun analisis data dilakukan dengan cara kuantitatif dan analisis deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian, keterampilan menulis cerita pendek mahasiswa mengalami peningkatan cukup signifikan. Hal ini berdasarkan hasil penelitian pada siklus pertama diperoleh hasil rata-rata sebesar 74, sedangkan pada siklus ke dua diperoleh hasil rata-rata sebesar 85,98. Berdasarkan data tersebut maka dapat disimpulkan keterampilan menulis cerita pendek mahasiswa semester I mengalami peningkatan sebesar 11,98 yang berarti metode penugasan efektif untuk meningkatkan kemampuan menulis cerita pendek

Keywords


Keterampilan Menulis; Cerita Pendek dan Metode Penugasan

References


Ahmad Rofiā€™udin (1999). Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Tinggi. Malang: Universitas Negeri Malang.

Atar Semi. (1993). Dasar-dasar Keterampilan Menulis. Bandung: Angkasa.

Haryadi & Zamzani (1996). Peningkatan Keterampilan Berbahasa Indonesia. Yogyakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Nurgiyantoro, B. (2001). Penilaian dalam Pembelajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: BPFE.

Nurgiyantoro, Burhan. (2009). Sastra Anak: Pengantar Pemahaman Dunia Anak. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Saleh Abbas. (2006). Pembelajaran Bahasa Indonesia yang Efektif di Sekolah Dasar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Sudirman N., dkk, (1991), Ilmu Pendidikan. Bandung: Rosda Karya.

Suparno & M. Yunus,. (2008). Dasar-dasar Keterampilan Berbahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Suriamiharja (1997). Petunjuk Praktis Menulis. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Tarigan, H.G. (2008). Keterampilan Menulis. Bandung: Angkasa.

The Liang Gie (2002). Terampil Mengarang. Yogyakarta: Andi


Full Text: FULLTEXT PDF

DOI: 10.30595/dinamika.v6i1.906

Copyright (c) 2016 DINAMIKA (Jurnal Pendidikan Dasar)

ISSN: 2655-870X