UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MELALUI METODE PEMBELAJARAN TGT ( TEAMS GAMES TOURNAMENTS ) PADA SISWA KELAS VIII C MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI SUMBANG TAHUN 2014 / 2015

Rahyanti Yudiati

Abstract


Kegiatan belajar bersama dapat membantu memacu belajar aktif. Kegiatan belajar dan mengajar melalui TGT ( Teams Games Tournaments ) akan mampu memberikan gairah belajar pada siswa.Penelitian ini berdasarkan permasalahan : (a) Bagaimanakah meningkatkan prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial dengan diterapkannya metode pembelajaran TGT siswa kelas VIII C Madrasah Tsanawiyah Negeri Sumbang tahun pelajaran 2014/2015 (b) Bagaimanakah pengaruh Metode Pembelajaran TGT terhadap motivasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosiaal siswa kelas VIII C Madrasah Tsanawiyah Negeri Sumbang?.Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah: (a) Ingin mengetahui peningkatan prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial setelah diterapkannya pembelajaran TGT ( Teams Games Tournaments )siswa kelas VIIIC Madrasah Tsanawiyah Negeri Sumbang tahun pelajaran 2014/2015 (b) Ingin mengetahui pengaruh motivasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial ) setelah diterapkannya pembelajaran TGT siswa kelas VIII C Madrasah Tsanawiyah Negeri Sumbang tahun pelajaran 2014/2015 (c) Memberikan gambaran metode pembelajaran yang tepat dalam upaya meningkatkan prestasi belajar siswa dan menjadikan siswa aktif dalam kegiatan belajar mengajar.Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran yang terdiri dari empat tahap, yaitu : rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Negeri Sumbang tahun pelajaran 2014 / 2015 Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar.Dari hasil analisis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari ketuntasan 28 % setelah pembelajaran metode TGT meningkat ketuntasan 92 % , maka meningkat 64 %.Simpulan dari penelitian ini adalah metode TGT dapat berpengaruh positif terhadap prestasi dan motivasi belajar siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah negeri sumbang Tahun 2014 /2015

Keywords


Ilmu Pengetahuan Sosial; Metode Pembelajaran TGT

References


Mulyasa, Revolusi Mental Dalam Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2015.

Masnur Muslich,Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan Krisis Multidi-mensional. Jakarta: Bumi Aksara, 2011.

Sugiharto, Menyongsong Indonesia Emas 2045, 2012


Full Text: FULLTEXT PDF