PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI METODE PICTURE AND PICTURE DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI KELAS XI IPS 2 SMA NEGERI 1 BANTARKAWUNG

Rahma Tisa Nurpratiwi, Sigid Sriwanto, Esti Sarjanti

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran Geografi melalui metode Picture and Picture dengan media audio visual di kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Bantarkawung Kabupaten Brebes.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari dua pertemuan yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 2 di SMA N 1 Bantarkawung dengan jumlah 36 siswa yang terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 27 siswa perempuan.
Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode Picture and Picture dengan media audio visual dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa.Hal ini ditunjukkan dengan peningkatan aktivitas siswa dalam mengajukan pertanyaan dari siklus I yaitu 5,56% menjadi 19,44% pada siklus II, menyampaikan jawaban dari siklus I yaitu 8,33% menjadi 13,89% pada siklus II, mengerjakan soal dari siklus I yaitu 25% menjadi 55,56% pada siklus II, dan peningkatan rata-rata prestasi belajar siswa sebesar 75,69 dan siklus II sebesar 80,97. sedangkan untukketuntasan belajar siswa dari siklus I yaitu 58,33% menjadi 77,78% pada siklus II.

Kata Kunci: Aktivitas, Prestasi Belajar, Picture and Picture

References


Efendi, Muhammad. 2011. Pengembangan Media Pengajaran. Tersedia di : http://geografi08unlambanjarmasin.blogspot.com/p/1.html. Di unduh pada tanggal 12 april 2013.

Kusumah, Wijaya. & Dwitagama Dedi. 2010. Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Indeks.

Purwanto, N. 2010. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Trianto, 2010 . Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta : Bumi Aksara.

Taniredja, T., Faridli, E., dan Harmianto S. 2011. Model-model Pembelajaran Inovatif. Bandung: Alfabeta.


Full Text: ##PDF##

ISSN: 2550-1321