KAJIAN PRESTASI BELAJAR GEOGRAFI KELAS XI IPS ANTARA SISWA YANG TINGGAL DI DALAM PONDOK PESANTREN DAN DI LUAR PONDOK PESANTREN DI MAN PURWOKERTO 1

Ida Kurniawati, Sutomo Sutomo, Suwarno Suwarno

Abstract


Prestasi belajar adalah hasil yang dicapai seseorang setelah memperoleh pengalaman belajar atau setelah mempelajari sesuatu yang diketahui melalui evaluasi dan diwujudkan dalam bentuk angka atau nilai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar geografi siswa kelas XI IPS yang tinggal di dalam pondok pesantren dan di luar pondok pesantren di MAN Purwokerto 1.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS yang tinggal di dalam pondok pesantren dan yang tinggal di luar pondok pesantren yang berjumlah 18 siswa yang tinggal di dalam pondok pesantren dan 177 siswa yang tinggal di luar pondok pesantren. Pengambilan sampel menggunakan total sampling untuk siswa yang tinggal di dalam pondok pesantren dengan jumlah sampel sebanyak 18 siswa dan random sampling untuk siswa yang tinggal di luar pondok pesantren diambil 10 % dari populasi sehingga jumlah sampel sebanyak 18 siswa. Pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan uji-t (t- tes)dua sampel.
Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan prestasi belajar Geografi kelas XI IPS antara siswa yang tinggal di dalam pondok pesantren dan di luar pondok pesantren di MAN Purwokerto 1. Hal ini diketahui dari hasil uji-t dimana t hitung>t tabel (2,1867 > 2,0336). Hal ini dipengaruhi oleh faktor antara lain cara mengatur waktu, perhatian orang tua/pengurus pondok pesantren, dan kelelahan perjalanan yang berbeda dari kedua kelompok tersebut.

Kata kunci: Prestasi belajar, cara mengatur waktu, perhatian, kelelahan, dan pondok pesantren.

References


Arifin, Zainal. 2013. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Masamah. 2001. Studi Komparatif Tentang Prestasi Belajar Bidang Studi Pendidikan Agama Islam Antara Siswa yang Mondok dengan Siswa yang Tidak Pada Siswa Kelas I SMU Muhammadiyah 1 Purbalingga Cawu III Tahun Pelajaran 1999/2000. Skripsi. FAI. Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Purwokerto.

Riduwan. 2009. Pengantar Statistik Sosial. Bandung: Alfabeta.

Siagian, Roida Eva Flora. Pengaruh Minat dan Kebiasaan Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematik. Jurnal Formatif 2(2): 122-131. Diakses pada 23 Maret 2015.

Slameto. 2010. Belajar & Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2014. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Undang-undang No. 20 Tahun 2003. Sistem Pendidikan Nasional, (http://belajarpsikologi.com/tujuan-pendidikan-nasional/), diakses pada tanggal 19 Januari 2015.


Full Text: ##PDF##

ISSN: 2550-1321