UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE KELAS X9 DI MAN PURWOKERTO 1

Feni Indri Lestari, Mustolikh Mustolikh, Sigid Sriwanto

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran geografi melalui model pembelajaran scramble kelas X9 di MAN Purwokerto 1. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus dan setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan.Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi untuk memberbaiki siklus sebelumnya serta merencanakan tindakan berikutnya.Subyek penelitian ini berjumlah 37 peserta didik, terdiri dari 28 peserta didik perempuan dan 9 peserta didik laki-laki.Teknik pengumpulan data melalui observasi dan tes. Dari hasil penelitian ini dianalisis menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif.
Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan aktivitas dan prestasi belajar peserta didik. Pada siklus I pertemuan 1 diperoleh persentase aktivitas peserta didik sebesar 32,43% dengan kriteria cukup aktif dan pertemuan 2 meningkat menjadi 43,24% dengan kriteria cukup aktif. Pada siklus II pertemuan 3 diperoleh persentase aktivitas peserta didik sebesar 51,43% dengan kriteria aktif dan pertemuan 4 meningkat menjadi 54,05% dengan kriteria aktif. Pada siklus I pertemuan 1 diperoleh rata-rata nilai 73,78 dengan ketuntasan belajar 54,05% dan pertemuan 2 meningkat menjadi 75,67 dengan ketuntasan belajar 62,16%. Pada siklus II pertemuan 3 diperoleh rata-rata nilai 79,43 dengan ketuntasan belajar 77,14% dan pertemuan 4 meningkat menjadi 79,45 dengan ketuntasan belajar 83,78%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran scramble dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar peserta didik dalam pembelajaran geografi.

Kata Kunci: Scramble, Aktivitas, Prestasi Belajar, Geografi

References


Ahmadi, Supriyono. 2013. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Arifin, Zainal. 2013. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Arikunto, S.,Suhardjono dan Supardi. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Arikunto, S. 2005. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, BS. 2005. Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif Suatu Pendekatan Teoritis Psikologis. PT Bumi Aksara.

Depdiknas.2007. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Depdiknas. 2003. Standar Kompetensi Mata Pelajaran Geografi SMA dan MA.(http://Sasterpadu.tripod.com/sasstore/geografi pdf). Diakses tanggal 4 April 2014.

Hayardin Putra. Model Pembelajaran Scramble. (http://www.hayardin.com/2012/03/model-pembelajaran-scramble.html) Diakses tanggal 14 Februari 2014


Full Text: ##PDF##

ISSN: 2550-1321