PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR GEOGRAFI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING PADA SISWA KELAS XI IPS-1 SMA MUHAMMADIYAH 1 PURWOKERTO

Yunia Dwi Pambudi, Suwarsito Suwarsito, Esti Sarjanti

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi peserta didik dalam pembelajaran Geografi menggunakan model pembelajaran problem posing di kelas XI IPS-1 SMA Muhammadiyah 1 Purwokerto.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus dan setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan.Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi untuk memberbaiki siklus sebelumnya dan merencanakan tindakan berikutnya. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2013/2014. Subyek penelitian ini berjumlah 26 peserta didik, terdiri dari 15 peserta didik perempuan dan 11 peserta didik laki-laki. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Dari data penelitian ini dianalisis menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif.
Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan keaktifan peserta didik pada siklus I memperoleh persentase keaktifan peserta didik secara keseluruhan sebesar 44,92% yang termasuk dalam kriteria cukup aktif dan meningkat pada siklus II dengan perolehan persentase keaktifan peserta didik secara keseluruhan sebesar 64,50% yang termasuk dalam kriteria aktif. Adapun peningkatan prestasi belajar peserta didik pada siklus I memperoleh ketuntasan belajar sebesar 75,94% yang termasuk dalam kriteria baik dan meningkat pada siklus II dengan memperoleh ketuntasan belajar sebesar 97,83% yang termasuk dalam kriteria baik sekali. Disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model problem posing dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi peserta didik dalam pembelajaran Geografi. Peserta didik sangat aktif dalam berdiskusi kelompok, mencatat kesimpulan dan mengerjakan tugas tetapi cukup aktif dalam menyampaikan pertanyaan, menyampaikan jawaban dan kurang aktif dalam menyampaikan pendapat.

Kata Kunci: Problem Posing, Keaktifan dan Prestasi Belajar Peserta Didik, Geografi.

References


Anonim. 2010. Model Pembelajaran Terpadu konsep, strategi, dan implementasinyaDalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: PT Bumi Aksara.

Ahmadi, A dan Widodo.S. 2013. Psikologi Belajar. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Arifin. Z. 2013. Evaluasi pembelajaran. Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Arikunto, Suharsimi, Suhardjono, Supardi. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Djamarah, S.B. (2010). Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif Suatu Pendekatan Teoritis Psikologis. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Isjoni. 2009. Pembelajaran Kooperatif Meningkatkan Kecerdasan Komunikasi Antar Peserta Didik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kunandar, 2011. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai PengembanganProfesi Guru. Jakarta : PT. Rajagrafindo.

Purwanto, Ngalim. 2010. Prinsip-Prinsip Dan Tekhnik Pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sagala, S. 20011. Konsep dan makna pembelajaran. Bandung : alfabeta

Saputra, Y. M dan Rudyanto. 2005. Pembelajaran Kooperatif untuk Meningkatkan Ketrampilan Anak TK. Jakarta: Depdikbud.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Solihatin, E. dan Raharjo. 2009. Cooperative Learning Analisis Model Pembelajaran IPS. Jakarta: Bumi Aksara.

Subroto, S. 2009. Proses belajar mengajar di sekolah. Jakarta : PT rineka cipta.

Sudijono, Anas. 2009 . Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta : Persada

Sudjana, N. 2011. Penilaian Hasil proses Belajar Mengajar. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Suharyono. 2013. Dasar-dasar kajian geografi regional. Yogyakarta : Penerbit Ombak.

Sumaatmadja, N. 1988. Studi geografi. Bandung : P.T Alumni.

Suyatno. 2009. Menjelajah pembelajaran inovatif. Sidoarjo : Masmedia Buana Pustaka

Syah, M. 2011. Psikologi belajar. Jakarta : PT Rajagrafindo Persada.

Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana.

Taniredja, Tukiran, dkk. 2011. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Bandung : Alfabeta.

Usman Husaini, Purnomo Setiady Akbar. 2009. Metodelogi penelitian Sosial.Jakarta: PT.Bumi Aksara.

Usman, Moh Uzer. 2006. Menjadi Guru Profesinal. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

http://www.slideshare.net/UPhyAxdom/problem-posing-problem-solving-27051482


Full Text: ##PDF##

ISSN: 2550-1321