PERAN LINGKUNGAN SEKOLAH DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER BANGSA PADA PROSES PEMBELAJARAN GEOGRAFI

Darsiharjo Darsiharjo

Abstract


Pada paparan ini menguraikan peran masing-masing komponen yang mempengaruhi pembentukan karakter peserta didik, terutama yang berkaitan dengan lingkungan sekolah. Metode yang digunakan dalam mengurai permasalahan tersebut adalah dengan menggunakan metode survey yang dilakukan selama mengikuti kegiatan lesson study di sekolah-sekolah yang ada di Bandung dan pengamatan langsung dari beberapa fenomena geografi yang ada di lingkungan sekolah.
Berdasarkan hasil survey dan pengamatan di sekolah, guru masih belum optimal dalam memanfaatkan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar, sehingga penanaman dan pembentukan karakter pada peserta didik masih kurang optimal pula, hal ini ditunjukkan oleh kurangnya penggunaan contoh-contoh dan pengamatan fenomena geosfer yang ada di lingkungan sekolah sebagai sumber belajar. Serta masih banyaknya guru geografi dalam mengajar masih tergantung pada contoh-contoh di daerah lain, yang kadang-kadang tidak dipahami oleh peserta didik.
Kata-kata Kunci: karakter bangsa, lesson study, pembelajaran geografi

References


Indrayana, D. 2011. Indonesia Optimis. PT Buana Ilmu Populer, Jakarta.

Mutakin, A., dan C. Rahmat. 2008. Hakekat Manusia dalam Dinamika Sosial Budaya. Fakultas Pandidikan Ilmu Pengetahuan Sosial – Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.

Rusbiantoro, D. 2008. Global Warming for Beginner Pengantar Komprehensif tentang Pemanasan Global. Penembahan, Yogyakarta.

Sastrawijaya, T. 2009. Pencemaran Lingkungan. Rineka Cipta, Jakarta.

Soedijarto. 2008. Landasan dan Arah Pendidikan Nasional Kita. Kompas, Jakarta.

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif progresif: Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Kencana, Jakarta.


Full Text: ##PDF##

ISSN: 2550-1321