ANALISIS TINGKAT KONVERSI LAHAN PERTANIAN DI KECAMATAN SUMBANG KABUPATEN BANYUMAS

Esti Sarjanti

Abstract


Penelitian ini mengkaji tingkat konversi lahan pertanian di Kecamatan Sumbang Kabupaten Banyumas. Populasi berjumlah 16 desa dengan sampel. Data luas dan bentuk penggunaan lahan tahun 2003 dan 2008 dikumpulkan dari data sekunder dan primer. Analisis data menggunakan pengharkatan dan tabel frekuensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat konversi lahan pertanian bervariasi rendah hingga tinggi. Sebagian besar desa mempunyai tingkat konversi rendah terdapat pada 16 desa. Tingkat konversi sedang terdapat di 2 desa yaitu Desa Karangcegak dan Desa Silado, dan 1 desa berkategori tingkat konversi tinggi yaitu di Desa Sikapat.

Kata-kata Kunci : tingkat konversi lahan, bentuk penggunaan lahan.

References


Hariyanto, 2004. Pola Konversi Lahan di Kota Semarang. Semarang

Sarjanti, E. dan Suwarno, 2004. Pola spasial konversi lahan pertanian dan faktor-faktor yang berpengaruh di Purwokerto. Jurnal Saintek. Volume V (1).

Sarjanti, E. dan Suwarno, 2007. Analisis potensi lahan pertanian bahan pangan di Kabupaten Banyumas. Laporan Penelitian. Purwokerto.

Soemarwoto, O. 1985. A Qualitative of population Pressure and It’s Potensial Use in Development Planning. Majalah Demografi Indonesia, Vol.12 (24). Jakarta.

Sutikno, dan Suritohardoyo, 1996. Evaluasi Sumberdaya Lahan. Yogyakarta: Fak. Geografi UGM


Full Text: ##PDF##

ISSN: 2550-1321