ANALISIS SPASIAL POTENSI KETERSEDIAAN BERAS BERDASARKAN KOMODITAS TANAMAN UNGGULAN PADI DI LUMBUNG PANGAN KABUPATEN PURBALINGGA

Sakinah Fathrunnadi Shalihati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui potensi ketersediaan beras berdasarkan komoditas tanaman unggulan padi pada lumbung pangan tiap kecamatan Kabupaten Purbalingga, mengingat kabupaten ini merupakan salah satu penyumbang ketahanan pangan untuk jenis beras di Propinsi Jawa Tengah.
Metode dalam penelitian ini adalah analisis data sekunder dengan menggunakan Sistem Informasi Geografi (SIG). Unit analisisnya berupa kecamatan di Kabupaten Purbalingga. Menggunakan teknik analisis kualitatif untuk analisis peta komoditas tanaman pangan unggulan padi, analisis peta ketersediaan lumbung pangan masyarakat desa dan analisis peta potensi ketersediaan beras di Kabupaten Purbalingga.
Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa, secara spasial komoditas tanaman pangan unggulan padi di 18 kecamatan Kabupaten Purbalingga dibagi menjadi tiga, yaitu untuk padi gogo di 4 kecamatan, padi sawah di 9 kecamatan, padi gogo dan padi sawah di 1 kecamatan. Kepemilikan lumbung pangan masyarakat desa secara spasial merata hampir seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Purbalingga, namun masih ditemui kecamatan yang belum memiliki lumbung pangan yaitu 3 kecamatan yaitu Kecamatan Bojongsari, Mrebet dan Kertanegara. Sedangkan potensi ketersediaan beras secara spasial dibagi menjadi 3 yaitu potensi baik berada di 11 kecamatan, potensi sedang di 3 kecamatan dan potensi kurang berada di 4 kecamatan.

Kata-kata Kunci : Spasial, Potensi, Beras, Komoditas Padi, Lumbung Pangan.

References


Afrianto, Denny. 2010. Analisis Pengaruh Stok Beras, Luas Panen, Rata-Rata Produksi, Harga Beras, dan Jumlah Konsumsi Beras Terhadap Ketahanan Pangan di Jawa Tengah. Skripsi. Semarang. Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro.

Apriyana, Nana. 2011. Kebijakan Pengendalian Konversi Lahan Pertanian Dalam Rangka Mempertahankan Ketahanan Pangan Nasional Studi Kasus:Pulau Jawa. Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/ Badan Perencanaan Pembangunan Nasional.

Badan Pusat Statistik Nasional. 2009. www. Bps.go.id. Diakses 28 Maret 2013

Badan Pusat Statistik Nasional. 2011. www. Bps.go.id. Diakses 28 Maret 2013

Badan Pusat Statistik Nasional. 2013. www. Bps.go.id. Diakses 28 Maret 2013

Badan Pusat Statistik Kabupaten Purbalingga. 2012. Kecamatan dalam Angka 2011.

Pabundu Tika, Moh. 1997. Metode Penelitian Geografi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Peraturan Daerah Kabupaten Purbalingga Nomor 5 Tahun 2011 Tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Kabupaten Purbalingga Tahun 2011 – 2031.

Wulandari, Nur Indah. 2010. Penentuan Agribisnis Unggulan Komoditi Pertanian Berdasarkan Nilai Produksi Di Kabupaten Grobogan. Tesis. Semarang. Program Studi Magister Agribisnis. Program Pasca Sarjana Universitas Diponegoro.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 41 Tahun 2009 Tentang Perlindungan Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan

Soemarno. 2010. Model Pengembangan LPMD (Lumbung Pangan Masyarakat Desa). Bahan kajian dalam Mata Kuliah Dinamika Pengembangan Wilayah. PSDAL-PDIP PPS FPUB.

www.jatengprov.go.id/BeritaUtama_Purbalingga, diakses 29 Maret 2013

www.kotaperwira.com, diakses 29 Maret 2013


Full Text: ##PDF##

ISSN: 2550-1321