KOMPETENSI PEMBELAJARAN GEOGRAFI DALAM PENANAMAN KONSEP GEO-SPASIAL SISWA UNTUK PEMBANGUNAN KARAKTER

Sutomo Sutomo

Abstract


Geografi merupakan ilmu dengan objek geosfer dalam wujud regio-regio unik dan organisasi keruangan sebagai konstelasi unsur-unsur alami-non alami seperti Indonesia bagaikan mozaik ribuan pulau yang diikat oleh perairan laut. Pembelajaran geografi dengan alat bantu utama peta dan citra penginderaan jauh menuntun persepsi dan pemahaman siswa tentang geo-spasial, termasuk geo-spasial Indonesia, sehingga di benak siswa akan terrekam kuat sebagai peta kognitif atau peta mental. Peta kognitif geospasial Indonesia ini akan dapat menumbuhkan rasa bangga dan cinta tanah air, tanggung jawab kemanusiaan serta menghargai kebhinekaan anak bangsa. Selain itu pembelajaran geografi yang terarah dan baik dapat membina anak didik (siswa) berpikir intergratif untuk dirinya sendiri dan kepentingan kehidupan pada umumnya, maka pembelajaran geografi dapat menjadi salah satu sarana memanusiakan manusi. Kandungan nilai dasar edukatif dalam pembelajaran geografi berperan positif dalam pengembangan dan pembangunan karakter anak didik.

Kata-kata kunci: kompetensi pembelajaran, persepsi geo-spasial, peta kognitif-karakter.

References


Geography: evolution or revolution?. Harmondsworth. Penguin Book Coy.

Dalihur, 2006. Pendekatan Keruangan, Pendekatan Wilayah atau Kompetensi Ahli Wilayah. Prosiding Seminar Nasional dan Pertemuan Ilmiah Tahunan IGGI- PSJ- UI Jakarta.

Haggett, Peter. 1975. Geography: A Modern Synthesis. Harper dan Row Publsher. New York, London.

Nataniel, Daldjoeni. 1992. Geografi Baru. Organisasi Keruangan dalam Teori dan Praktek. Penerbit Alumni. Bandung.

Prasetyo, Ketut. 2006. Pengembangan Peta Kognitif pada Anak-anak Sekolah (Dalam rangka Penanaman Konsep Geo-Spasial untuk Menjaga Keutuhan NKRI). Prosiding Seminar Nasional dan Pertemuan Ilmiah Tahunan IGGI-PSJ-UI Jakarta.

Sumaatmadja, Nursid. 1997. Metode Pengajaran Geografi. Bumi Aksara. Jakarta.


Full Text: ##PDF##

ISSN: 2550-1321