FUNGSI DAN APLIKASI PETA RUPABUMI Untuk Pembelajaran di Sekolah

Juhadi Juhadi

Abstract


Peta merupakan alat utama dalam kajian geografi dan pembelajaran geografi di sekolah. Peta merupakan gambaran muka bumi yang disederhanakan dan diperkecil melalui skala serta pemakaian simbol-simbol, sehingga mudah diamati. Melalui peta kita dapat mempelajari pola-pola sebaran, struktur keruangan, hubungan keruangan, kewilayahan, kehidupan dan bahkan peradapan manusia serta interaksi antara satu gejala dengan yang lain pada muka bumi (geosfera). Salah satu jenis peta yang dapat memberikan informasi secara komprehensif tentang gejala-gejala muka bumi adalah Peta Rupabumi. Namun, keberadaan Peta Rupabumi di sekolah-sekolah hingga saat ini masih menjadi barang yang langka, bahkan belum banyak dikenal oleh para peserta didik dan guru di sekolah.
Dalam pembelajaran geografi, peta merupakan instrumen utama. Oleh karena itulah dalam tulisan ini dimaksudkan untuk menilik tentang apa fungsi peta (khususnya Peta RBI) dan bagaimana aplikasinya dalam kegiatan pembe-lajaran di sekolah dan bagaimana desain dan aplikasi pembelajaran geografi yang aktif, kreatif, dan inovatif dengan memanfaatkan Peta Rupabumi sebagai instrumen pembelajaran geografi
Kata-kata Kunci: Peta Rupabumi, Fungsi dan Aplikasi, Pembelajaran Geografi di sekolah

References


Anonim, 1988. “Seminar dan Lokakarya Geografi” dalam LIP IKIP Sema-rang, Edisi khusus. Semarang: IKIP Semarang Press.

Bakosurtanal, 2004. Petunjuk Teknis Penggunaan Peta Rupabumi In-donesia (RBI). Jakarta: Bakosur-tanal.

Bos E.S. 1973. Cartographic Principles in Thematic Mapping. The Netherlands. ITC Lecture Note, Enschede.

Depdiknas, 2007. KTSP - Permen No.22/2006 Standar Isi

Koeman. C. 1984. “The History of Cartography” in Basic Cartogra-phy for Student and Technicians, Vol 1. The Netherlands: Interna-tional Cartographic Association.

Kraak, M.J dan Ferjan Ormeling. 2007. Kartografi Visualisasi Data Geo-spasial (terj.Sukendra Martha, dkk.) Edisi 2. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Prihandito, Aryono. 1989. Kartografi. Yog-yakarta: PT. Mitra Widya.

Juhadi, 2008. “Pengetahuan Perpetaan”. Makalah, disampaikan dalam Bintek. Bagi Guru-Guru Geografi SMA-MA Kota Semarang, April 2008.

Juhadi dan Dewi Liesnoor Setiyowati. 2001. Desain dan Komposisi Peta Tematik. Semarang: Pusat Peng-kajian dan Pelayanan Sistem Informasi geografis, Geografi UNNES.

Raisz, Erwin. 1962. Priciples of Carto-graphiy. USA: Mc.Graw-Hill.

Sandy, I Made. 1986. Esensi Kartografi. Jakarta: Jurusan Geografi FMIPA UI.

Subagio. 2003. Pengetahuan Peta. Bandung: Penerbit ITB.

Suharyono, 1994. Geografi Dalam Dunia Ilmu dan Pengajaran Di Sekolah. Semarang: IKIP Semarang Press.

Suwarjono dan Mas Sukotjo. 1993. Pengetahuan Peta. Yogyakarta: Fakultas Geografi UGM.

Yunus, H.S. 2008. “Konsep dan Pende-katan Geografi, Memakai Hake-kat Keil-muan” Makalah disam-paikan dalam Seminar dan Sarasehan: Substansi dan Kompe-tensi Geografi. Pada Tanggal 18-19 Januari 2008 di Fakultas Geografi.UGM.


Full Text: ##PDF##

ISSN: 2550-1321