Editorial Policies

Focus and Scope

Herb-Medicine Journal (HMJ) merupakan Terbitan Berkala Ilmiah peer-review yang didedikasikan untuk mempublikasikan hasil penelitian, studi kasus, maupun kajian pustaka/ studi literatur yang berkualitas baik di semua bidang ilmu kedokteran, kesehatan, dan herbal.

Ruang lingkup jurnal meliputi: Kedokteran, kedokteran gigi, herbal, keperawatan dan ilmu kesehatan serumpun, farmasi, patologi, anatomi, farmakologi, toksikologi, pembedahan, forensik, pendidikan kedokteran, pendidikan kesehatan dan fisiologi.

Section Policies

Articles

  • Checked Open Submissions
  • Checked Indexed
  • Checked Peer Reviewed

Peer Review Process

Artikel yang masuk akan ditinjau oleh editor terlebih dahulu, apakah masuk dalam focus dan scope dari HMJ dan akan dicek similaritas dari artikel tersebut. Artikel akan direview oleh minimal satu reviewer yang bidangnya sesuai dengan bidang artikel (single blind review). Komentar reviewer akan disampaikan ke penulis koresponden.

Keputusan akhir artikel akan diputuskan pada rapat tim editor dan setelah itu editor akan mengirimkan keputusan akhir kepada penulis koresponden.

Publication Frequency

Herb-Medicine Journal terbit 2 (dua) kali dalam setahun yaitu pada bulan April dan Oktober. Demi ketertiban dan keteraturan dalam proses penerbitan, maka dibuat alur sebagai berikut:

  1. Penerimaan artikel via: www.hmj-ump.id
  2. Proses telaah/review
  3. Keputusan penerbitan artikel
  4. Verifikasi pembiayaan publikasi
  5. Proses layout dan editing
  6. Proses publikasi

Open Access Policy

This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.

(Jurnal ini menyediakan akses terbuka langsung ke kontennya dengan prinsip bahwa membuat penelitian tersedia secara bebas untuk publik mendukung pertukaran pengetahuan global yang lebih besar.)

Frekuensi Terbit

Herb-Medicine Journal (HMJ) ini terbit dua kali setahun. Terbit dalam Bulan April dan Oktober.

Alur Penerbitan:

  1. Penerimaan artikel via: www.hmj-ump.id
  2. Proses telaah/review
  3. Keputusan penerbitan artikel
  4. Verifikasi pembiayaan publikasi
  5. Proses layout dan editing
  6. Proses publikasi

Abstracting & Indexing

  1. Google Scholar (GS)
  2. CrossRef 

Policy of screening for Plagiarisme

Semua manuskrip harus bebas dari konten plagiarisme. Semua penulis disarankan untuk menggunakan perangkat lunak pendeteksi plagiarisme untuk melakukan pengecekan kesamaan. Editor memeriksa deteksi plagiarisme artikel dalam jurnal ini dengan menggunakan perangkat lunak Turnitin.

Author Fees

Jurnal ini membebankan biaya penulis berikut.

Pengiriman Artikel (Submit) : Rp. 0.00 (Gratis)

Penerbitan Artikel (Published) : Rp. 500.000,-

ISSN: 2620-567X