Editorial Policies

Focus and Scope

Herb-Medicine Journal (HMJ) merupakan Terbitan Berkala Ilmiah yang didedikasikan untuk mempublikasikan hasil penelitian, studi kasus, maupun kajian pustaka/ studi literatur yang berkualitas baik di semua bidang ilmu kedokteran, kesehatan, dan herbal.

Ruang lingkup jurnal meliputi: Kedokteran, Kedokteran Gigi, Kedokteran Herbal, Keperawatan dan Ilmu Kesehatan Serumpun, Farmasi, Patologi, Anatomi, Farmakologi, Toksikologi, Bedah, Forensik, Pendidikan Kedokteran, Pendidikan Kesehatan dan Fisiologi.

Para editor akan dengan hati-hati memilih naskah untuk menyajikan hanya temuan terbaru/novelty dalam ilmu dasar dan klinis.

Section Policies

Case Report

Editors
  • Danang Ardiyanto
  • Ageng Brahmadhi, M.Sc.
  • Mahmud Ghaznawie, Ph.D, Sp.PA
  • Riati Hartini, M.Sc., Sp.KJ.
  • Dewi Karita, M.Sc.
  • Anis Kusumawati, M.Sc., M.Med.Ed.
  • Titik Kusumawinakhyu, M.Biomed.
  • Dwi Pravitasari, Sp.KK
  • EM Sutrisna, M.Kes.
  • Checked Open Submissions
  • Checked Indexed
  • Checked Peer Reviewed

Research Articles

Editors
  • Danang Ardiyanto
  • Ageng Brahmadhi, M.Sc.
  • Mahmud Ghaznawie, Ph.D, Sp.PA
  • Riati Hartini, M.Sc., Sp.KJ.
  • Dewi Karita, M.Sc.
  • Anis Kusumawati, M.Sc., M.Med.Ed.
  • Titik Kusumawinakhyu, M.Biomed.
  • Dwi Pravitasari, Sp.KK
  • EM Sutrisna, M.Kes.
  • Checked Open Submissions
  • Checked Indexed
  • Checked Peer Reviewed

Peer Review Process

Semua manuskrip yang diserahkan ke Herb-Medicine Journal akan dipilih dan ditinjau secara ganda (double-blind peer-reviewed)oleh 1 pengulas atau lebih jika diperlukan, untuk menyajikan temuan yang berharga dan otentik dalam ilmu dasar dan klinis. Selain itu, detail juga akan ditinjau, termasuk judul yang sesuai; konten yang mencerminkan abstrak; penulisan singkat; tujuan yang jelas, metode studi dan angka dan / atau tabel; dan ringkasan yang didukung oleh konten. Proses peninjauan akan memakan waktu umumnya 3-4 bulan tergantung pada kecukupan informasi yang diberikan.

Peninjau dipilih dari daftar peer-reviewer berdasarkan spesialisasi mereka yang sesuai dengan topik. Peninjau tambahan juga dapat ditunjuk jika perlu. Penulis dapat menyarankan peninjau yang tidak memiliki publikasi bersama dalam waktu lima tahun dan tidak boleh menjadi anggota dari lembaga penelitian yang sama.

Keputusan akhir artikel akan diputuskan pada rapat tim editor dan setelah itu editor akan mengirimkan keputusan akhir kepada penulis koresponden.

Publication Frequency

Herb-Medicine Journal terbit 2 (dua) kali dalam setahun yaitu pada bulan April dan Oktober. Demi ketertiban dan keteraturan dalam proses penerbitan, maka dibuat alur sebagai berikut:

  1. Penerimaan artikel via: www.hmj-ump.id
  2. Proses telaah/review
  3. Keputusan penerbitan artikel
  4. Verifikasi pembiayaan publikasi
  5. Proses layout dan editing
  6. Proses publikasi

Open Access Policy

This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.

(Jurnal ini menyediakan akses terbuka langsung ke kontennya dengan prinsip bahwa membuat penelitian tersedia secara bebas untuk publik mendukung pertukaran pengetahuan global yang lebih besar.)

Archiving

This journal utilizes the LOCKSS system to create a distributed archiving system among participating libraries and permits those libraries to create permanent archives of the journal for purposes of preservation and restoration. More...

Plagiarism Screening Policy

Semua manuskrip harus bebas dari konten plagiarisme. Semua penulis disarankan untuk menggunakan perangkat lunak pendeteksi plagiarisme untuk melakukan pengecekan kesamaan. Editor akan memeriksa/deteksi plagiarisme artikel menggunakan perangkat lunak iThanticate.

Conflict of Interest Policy

Konflik kepentingan terjadi ketika penilaian profesional tentang kepentingan primer dapat dipengaruhi oleh kepentingan sekunder. Petunjuk ini didasarkan pada rekomendasi ICJME untuk pekerjaan ilmiah dalam jurnal medis:

Konflik Kepentingan Penulis/Author’s Conflict of Interest

Pada proses pengiriman artikel, Herb-Medicine Journal mensyaratkan bahwa setiap penulis harus mengungkapkan kepentingan atau koneksi pribadi dan / atau keuangan, langsung atau tidak langsung, atau situasi lain yang dapat menimbulkan pertanyaan tentang bias dalam pekerjaan yang dilaporkan atau kesimpulan, implikasi, atau pendapat yang dikemukakan. Ketika mempertimbangkan apakah Anda harus menyatakan minat atau koneksi yang bertentangan, harap pertimbangkan ada atau tidak adanya konflik kepentingan: Apakah akan mempermalukan Anda atau rekan penulis Anda atau instansi anda jika muncul setelah publikasi?

Corresponding authors bertanggung jawab untuk mengkonfirmasi apakah mereka atau penulis bersama (co-author) mereka memiliki konflik kepentingan untuk dideklarasikan, dan untuk memberikan perinciannya. Pernyataan itu mencakup informasi apa pun mengenai apakah naskah tersebut sedang dipertimbangkan untuk publikasi lain, atau apakah Anda memiliki paten apa pun yang relevan dengan naskah itu. Jika naskah diterbitkan, informasi konflik kepentingan akan ditulis dalam pernyataan Konflik Kepentingan.

Pengakuan Penulis/Author’s Acknowledgement

Penulis yang naskahnya diserahkan untuk publikasi harus menyatakan semua sumber pendanaan yang relevan untuk mendukung persiapan naskah. Herb-Medicine Journal mensyaratkan pengungkapan penuh dukungan keuangan, apakah itu dari lembaga pemerintah, farmasi atau industri lain, atau sumber lain. Penulis diwajibkan untuk menentukan sumber pendanaan untuk penelitian dan untuk menunjukkan apakah atau tidak naskah itu ditinjau oleh sponsor sebelum diserahkan. Informasi ini harus dimasukkan dalam bagian Ucapan Terima Kasih dari naskah.

Selain pengungkapan dukungan keuangan langsung kepada penulis atau laboratorium mereka dan peninjauan ulang sponsor sebelumnya dari makalah, Corresponding authors akan diminta untuk mengungkapkan semua konsultasi yang relevan karena pandangan yang dinyatakan dalam kontribusi dapat dipengaruhi oleh pendapat yang telah mereka ungkapkan secara pribadi. sebagai konsultan. Informasi ini juga harus dimasukkan dalam bagian Ucapan Terima Kasih dari naskah.

Konflik Kepentingan Peninjau/Reviewer’s Conflict of Interest

Reviewer harus mengungkapkan kepada editor segala konflik kepentingan yang dapat menyebabkan bias pendapat mereka terhadap naskah, dan harus mengundurkan diri dari reviewer naskah tertentu jika ada potensi bias. Seperti dalam kasus penulis, keheningan di pihak pengulas mengenai potensi konflik dapat berarti bahwa konflik tersebut ada yang gagal diungkapkan, atau bahwa konflik tidak ada. Reviewer tidak boleh menggunakan informasi naskah yang mereka tinjau sebelum dipublikasikan, untuk memajukan kepentingan mereka sendiri.

Protection of Human Subject and Animal in Research Policy

 

Ketika melaporkan percobaan pada subyek manusia, penulis harus menunjukkan apakah prosedur yang diikuti sesuai dengan standar etika dari komite yang bertanggung jawab pada eksperimen manusia (kelembagaan dan nasional) dan dengan Deklarasi Asosiasi Medis Dunia Helsinki. Jika ada keraguan apakah penelitian dilakukan sesuai dengan deklarasi tersebut, penulis harus menjelaskan alasan untuk pendekatan mereka, dan menunjukkan bahwa lembaga peninjau kelembagaan secara eksplisit menyetujui aspek-aspek penelitian yang diragukan.

Ketika melaporkan percobaan pada hewan, penulis harus diminta untuk menunjukkan apakah panduan kelembagaan dan nasional untuk perawatan dan penggunaan hewan laboratorium diikuti. Panduan lebih lanjut tentang etika penelitian hewan tersedia dari Asosiasi Penulis Internasional Konsensus Editor Veteriner tentang Pedoman Etika dan Kesejahteraan Hewan.

Informed Consent Policy

Pasien memiliki hak privasi yang tidak boleh dilanggar tanpa persetujuan tertulis. Mengidentifikasi informasi, termasuk nama, inisial, atau nomor rumah sakit, tidak boleh dipublikasikan dalam deskripsi tertulis, foto, atau silsilah kecuali informasi tersebut penting untuk tujuan ilmiah dan pasien (atau orang tua atau wali) memberikan persetujuan tertulis untuk publikasi. Penulis harus mengungkapkan kepada pasien ini apakah ada bahan yang dapat diidentifikasi yang mungkin tersedia melalui internet dan juga di media cetak setelah publikasi. Detail pengidentifikasian yang tidak penting harus dihilangkan.

Herb-Medicine Journal memutuskan bahwa kerahasiaan pasien lebih dijaga dengan membuat penulis mengarsipkan persetujuan, dan sebaliknya memberikan kepada kami pernyataan tertulis dalam naskah yang menyatakan bahwa mereka telah menerima dan mengarsipkan persetujuan pasien secara tertulis. Ketika informed consent telah diperoleh, itu harus ditunjukkan kemudian dalam artikel yang diterbitkan.

Correction and Retraction Policy

 

Semua artikel yang diterbitkan dalam Herb-Medicine Journal menerima DOI dan diterbitkan secara permanen. Untuk menjaga integritas dan kelengkapan catatan ilmiah, kami akan menerapkan kebijakan berikut ini ketika konten yang diterbitkan perlu diperbaiki. Kebijakan-kebijakan ini mempertimbangkan best practice saat ini dalam komunitas penerbitan dan perpustakaan yang ilmiah:

1. Koreksi terhadap Artikel

Kadang-kadang, Herb-Medicine Journal dapat memperbaiki atau memperkuat artikel yang sebelumnya diterbitkan dengan mempublikasikan ulang artikel secara keseluruhan, sering untuk memperbaiki kesalahan editorial atau mencetak dalam artikel asli.

Mengacu pada ‘Pencabutan: Pedoman dari Komite Etika Publikasi (COPE)’, sebuah artikel dapat dikoreksi karena beberapa alasan, termasuk:

  • mengandung kesalahan kecil dalam desain artikel
  • berisi sebagian kecil dari publikasi yang dapat diandalkan terbukti menyesatkan (terutama karena kesalahan jujur)
  • daftar penulis / kontributor salah (mis. penulis yang layak telah dihilangkan atau seseorang yang tidak memenuhi kriteria kepengarangan telah dimasukkan)

2. Penarikan/Retraksi Artikel

Retraksi adalah suatu mekanisme untuk menghapus literatur dan menyiagakan pembaca untuk publikasi yang mengandung data yang sangat salah atau keliru sehingga temuan dan kesimpulan mereka tidak dapat diandalkan. Data yang tidak dapat diandalkan dapat disebabkan oleh kesalahan jujur atau dari kesalahan penelitian. Tujuan utama pencabutan adalah untuk mengoreksi literatur dan memastikan integritasnya daripada untuk menghukum penulis yang bertingkah buruk.

Mengacu pada ‘Pencabutan: Pedoman dari Komite Etika Publikasi (COPE)’, artikel-artikel dalam Jurnal Biomedis Indonesia dapat ditarik kembali karena beberapa alasan, termasuk:

  • ditemukan dengan bukti yang jelas bahwa artikel tersebut adalah hasil dari pelanggaran (mis. pemalsuan data) atau kesalahan jujur (mis. kesalahan perhitungan atau kesalahan eksperimental)
  • artikel atau data yang terkandung dalam artikel sebelumnya telah diterbitkan di tempat lain tanpa izin atau justifikasi referensi silang yang tepat (mis. kasus publikasi yang berlebihan)
  • merupakan plagiarisme
  • melaporkan penelitian yang tidak etis atau memiliki kegagalan untuk mengungkapkan minat bersaing utama (a major competing interest)

Role of Journal Editor

 

Editor Herb-Medicine Journal memiliki tanggung jawab terhadap author yang menyediakan konten jurnal, peer-reviewer yang berkomentar tentang kesesuaian naskah untuk publikasi, juga terhadap pembaca jurnal dan komunitas ilmiah. Editor bertanggung jawab untuk memantau dan memastikan keadilan, ketepatan waktu, ketelitian, dan kesopanan dari peer-review dan proses editorial lainnya.

Peer-review oleh pengulas eksternal dengan keahlian yang tepat adalah metode yang paling umum untuk memastikan kualitas naskah. Namun, editor kami terkadang menolak naskah tanpa peer-review eksternal untuk memanfaatkan sumber daya mereka sebaik mungkin. Alasan untuk praktik ini biasanya karena manuskrip berada di luar ruang lingkup Herb-Medicine Journal, tidak memenuhi standar kualitas kami, atau kurang orisinalitas atau informasi baru.

Tanggung Jawab Editor terhadap Penulis

  • Memberikan pedoman kepada penulis untuk mempersiapkan dan mengirimkan naskah
  • Memberikan pernyataan yang jelas tentang kebijakan Journal tentang kriteria authorship
  • Memperlakukan semua penulis dengan adil, sopan santun, objektif, jujur, dan transparan
  • Menetapkan dan menetapkan kebijakan tentang konflik kepentingan bagi semua yang terlibat dalam proses publikasi, termasuk editor, staf, penulis, dan pengulas
  • Melindungi kerahasiaan karya setiap penulis
  • Membangun sistem untuk peer review yang efektif dan cepat
  • Membuat keputusan editorial dengan kecepatan yang masuk akal dan mengkomunikasikannya dengan cara yang jelas dan konstruktif
  • Menjadi waspada dalam menghindari kemungkinan editor dan / atau dewan editor menunda naskah karena alasan yang dicurigai
  • Menetapkan prosedur untuk mempertimbangkan kembali keputusan editorial
  • Menjelaskan, menerapkan, dan secara teratur meninjau kebijakan untuk menangani masalah etika dan dugaan atau temuan pelanggaran oleh penulis dan siapa pun yang terlibat dalam proses peer review
  • Memberitahu para penulis manuskrip yang diminta bahwa pengajuan akan dievaluasi sesuai dengan prosedur standar jurnal atau menguraikan proses pengambilan keputusan jika berbeda dari prosedur tersebut
  • Mengkomunikasikan dengan jelas semua kebijakan dan standar editorial lainnya

Tanggung Jawab Editor terhadap Reviewer

  • Menetapkan makalah untuk peninjauan yang sesuai dengan bidang minat dan keahlian masing-masing peninjau
  • Menetapkan proses untuk pengulas untuk memastikan bahwa mereka memperlakukan naskah sebagai dokumen rahasia dan menyelesaikan ulasan segera
  • Memberitahu pengulas bahwa mereka tidak diizinkan untuk menggunakan karya apa pun yang dijelaskan dalam naskah atau mengambil keuntungan dari pengetahuan yang mereka peroleh dengan meninjaunya sebelum dipublikasikan
  • Memberi reviewer dengan instruksi tertulis, eksplisit tentang harapan jurnal untuk ruang lingkup, konten, kualitas, dan ketepatan waktu ulasan mereka untuk mempromosikan kritik yang bijaksana, adil, konstruktif, dan informatif dari karya yang disampaikan
  • Meminta reviewer mengidentifikasi potensi konflik kepentingan dan meminta agar mereka mengundurkan diri jika mereka tidak dapat memberikan ulasan yang tidak bias
  • Memberikan reviewer waktu yang tepat untuk menyelesaikan ulasan mereka
  • Meminta ulasan pada frekuensi yang masuk akal yang tidak melampaui resensi apa pun
  • Menemukan cara untuk mengenali kontribusi pengulas, misalnya, dengan berterima kasih kepada mereka di jurnal; menyediakan surat yang dapat digunakan dalam aplikasi untuk promosi akademik; menawarkan kredit pendidikan profesional; atau mengundang mereka untuk melayani di dewan editorial jurnal
  • Membuat keputusan akhir tentang status pengiriman setelah menerima hasil ulasan dari pengulas

Tanggung Jawab Editor terhadap Pembaca dan Komunitas Ilmiah

  •  Mengevaluasi semua naskah yang dipertimbangkan untuk publikasi untuk memastikan bahwa masing-masing memberikan bukti yang diperlukan pembaca untuk mengevaluasi kesimpulan penulis dan bahwa kesimpulan penulis mencerminkan bukti yang diberikan dalam naskah
  • Memberikan referensi literatur dan informasi kontak penulis sehingga pembaca yang tertarik dapat melanjutkan wawasan lebih lanjut
  • Mewajibkan penulis terkait untuk meninjau dan menerima tanggung jawab atas isi draf akhir dari masing-masing makalah
  • Mempertahankan integritas internal jurnal (mis., Mengoreksi kesalahan; dengan jelas mengidentifikasi dan membedakan jenis konten, seperti laporan data asli, koreksi / errata, pencabutan, data tambahan, dan materi promosi atau iklan; dan mengidentifikasi materi yang diterbitkan dengan referensi yang tepat)
  • Memastikan bahwa semua yang terlibat dalam proses publikasi memahami bahwa tidak tepat untuk memanipulasi kutipan, misalnya, menuntut agar penulis mengutip makalah dalam jurnal tertentu
  • Mengungkapkan semua potensi konflik kepentingan yang relevan dari mereka yang terlibat dalam mempertimbangkan sebuah naskah atau menegaskan bahwa tidak ada
  • Bekerja dengan penerbit untuk menarik manuskrip dan penelitian terbaik yang menarik bagi pembaca

Content Licensing

Semua bahan bebas untuk disalin dan didistribusikan kembali dalam media atau format apa pun. Namun, kredit yang tepat harus diberikan. Materi tidak boleh digunakan untuk tujuan komersial. Lisensi konten ini sesuai dengan lisensi CC: CC-BY

 

Submission and Publication Fees

Jurnal ini membebankan biaya berikut.

Pengiriman Artikel (Submission) : Rp. 0.00 (Gratis)

Penerbitan Artikel (Publication) : Rp. 500.000,-

Further Information, Complaint, or Advertising Offers

Jika Anda memiliki pertanyaan, keluhan, atau penawaran iklan untuk Herb-Medicine Journal, silakan hubungi kami di:

hmj.fkump@gmail.com

ISSN: 2620-567X