Submissions

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

Already have a Username/Password for Herb-Medicine Journal?

Go to Login

Need a Username/Password?

Go to Registration

Author Guidelines

1. Ketentuan Umum

Herb-Medicine Journal menerbitkan naskah asli berupa hasil penelitian dan studi kasus terkait herbal, kedokteran, dan kesehatan yang belum pernah dipublikasikan sebelumnya.

Herb-Medicine Journal menerima artikel yang mencakup semua aspek ilmiah tentang herbal, kedokteran, dan kesehatan. Semua manuskrip yang dikirimkan tidak boleh dipublikasikan sebelumnya dan tidak dalam pertimbangan untuk dipublikasikan di tempat lain. Makalah dapat berasal dari negara mana pun tetapi harus ditulis dalam bahasa Indonesia atau Inggris. Naskah dapat diserahkan sebagai ulasan dan artikel penelitian. Ada biaya publikasi untuk jurnal ini.

Semua naskah yang masuk akan dilakukan peer-review. Semua kiriman harus disertai dengan abstrak manuskrip penulis tentang subyek terkait yang sedang dalam penerbitan atau dalam tinjauan editorial. Cetak ulang elektronik dari makalah terkait yang diterbitkan oleh penulis atau naskah di media juga dapat membantu reviewer.

 

2. Cara Mengirimkan Artikel

Penulis diwajibkan untuk mengirimkan naskah secara elektronik dengan menggunakan sistem jurnal online melalui hmj-ump.id atau http://jurnalnasional.ump.ac.id/index.php/HMJ/index  

 

3. Persyaratan untuk Setiap Jenis Manuskrip

Studi Kasus / Case Report

 Laporan kasus: adalah artikel yang membahas kasus menarik atau jarang dijumpai dan penatalaksanaannya. Sistematika artikel laporan kasus adalah: judul, abstrak dan kata kunci dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris, pendahuluan, ilustrasi kasus, pembahasan, kesimpulan, daftar pustaka.

Artikel Penelitian

Artikel Penelitian tidak lebih dari 3.500 kata, tidak termasuk kata-kata dalam abstrak, referensi, tabel, gambar, dan legenda gambar. Naskah harus memiliki tidak lebih dari enam angka dan / atau tabel total dan tidak lebih dari 40 referensi.

Artikel diketik dalam format aplikasi olah kata (contoh: *.doc saja), menggunakan Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris. Artikel ditulis menggunakan huruf Times New Roman ukuran 10 poin, dua spasi pada satu sisi kertas tidak lebih besar dari ISO A4 (210 × 297 mm) dan kertas harus diberi nomor halaman secara berurutan. Halaman pertama harus memuat nama pengarang, nama dan alamat institusi, disamping judul makalah. Alamat lengkap dari penulis utama yang akan dikirim bukti pengiriman/penerimaan/penolakan harus diberikan sebagai catatan kaki. Korespondensi juga harus mencakup alamat e-mail. Judul artikel harus singkat, tidak lebih dari 45 karakter. Semua naskah yang dikirim ditinjau oleh redaksi dan naskah yang ditolak tidak akan dikembalikan. Aspek etis akan dipertimbangkan dalam penilaian artikel.

Herb-Medicine Journal menganggap manuskrip disiapkan sesuai dengan pedoman yang ditetapkan oleh Komite Internasional untuk Redaktur Jurnal Medis (www.icmje.org/index.html), sebagai berikut:

  • Judul
  • Abstrak
  • Pendahuluan
  • Metode
  • Simpulan
  • Diskusi
  • Referensi
  • Tabel
  • Ilustrasi / gambar
  • Satuan ukuran
  • Singkatan dan simbol

4. Abstrak

  • Abstrak tidak lebih dari 300 kata (untuk Studi Kasus) atau 250 kata (untuk Artikel Penelitian). Abstrak terstruktur harus diikuti secara tertulis dalam segala jenis Artikel.
  • Abstrak dituliskan dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris
  • Untuk menjamin penggunaan bahasa Inggris yang baik dan benar, penulis harus menyertakan lisensi/sertifikat/surat keterangan dari lembaga penerjemah bahasa Inggris yang bereputasi. HMJ merekomendasikan untuk menggunakan LDC UMP

5. Referensi

  • Referensi harus sesuai dengan sistem Vancouver.
  • Dianjurkan untuk menggunakan software / aplikasi pengolah daftar pustaka/referensi, seperti Mendeley.
  • Tuliskan semua penulis ketika ada enam atau kurang; ketika ada tujuh atau lebih, daftar enam pertama, diikuti oleh "et al.".
  • Jumlah referensi berurutan dalam teks utama. Harap ikuti secara detail semua contoh di bawah ini:

Artikel:

Sandra F, Esposti MD, Ndebele K, Gona P, Knight D, Rosenquist M, et al. Tumor Necrosis Factor-Related Apoptosis-Inducing Ligand Alters Mitochondrial Membrane Lipids. Cancer Res. 2005; 65: 8286-97.

Buku:

Murray PR, Rosenthal KS, Kobayashi GS, Pfaller MA. Medical microbiology. 4th ed. St. Louis: Mosby; 2002.

Bagian/Bab dalam buku:

Rosenberg GA. Matrix metalloproteinase and proteolytic opening of the blood brain-barrier in neuroinflamation. In: deVries E, Prat A, editors. The Blood-brain Barrier and Its Microenvironment Basic Physiology To Neurological Disease. New York: Taylor and Francis Group; 2005. p.335-58.

Disertasi/Tesis/Essay:

Arlauckas SP. Near infrared fluorescent choline kinase alpha inhibitors for cancer imaging and therapy [Dissertation]. Philadelphia: University of Pennsylvania; 2015.

Bagian dari website/monograf:

Medline Plus [Internet]. Bethesda: US National Library of Medicine; ©2009. Diabetic Kidney Problems [update 2015 Nov 2; cited 2015 Nov 16]. Available from: https://www.nlm.nih.gov/medlineplus/diabetickidneyproblems.html/

Makalah Seminar:

Fledelius HS. Myopia and significant visual impairment: global aspects. In: Lin LLK, Shin YF, Hung PT, editors. Myopia Updates II: Proceedings of the 7th International Conference on Myopia 1998 Nov 17-20, Taipei. Tokyo: Springer; 2000. p.3-17.

6. Unit Pengukuran

  • Penulis dapat mengungkapkan semua pengukuran dalam unit Sistem Konvensional atau Sistem Internasional (SI).
  • Nama obat harus menggunakan nama generik. Ketika merek eksklusif digunakan dalam penelitian, sertakan nama merek, nama dan lokasi (kota & negara) dari produsen dalam tanda kurung setelah penyebutan pertama nama generik.

7. Template Manuskrip

 Anda dapat menggunakan template di bawah ini untuk mengirimkan naskah ke Herb-Medicine Journal:

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. Artikel belum pernah dipublikasikan sebelumnya, juga tidak sedang dikirimkan ke jurnal lain untuk diterbitkan

  2. Bukti izin diperoleh untuk mereproduksi ilustrasi, tabel, dll. Dari publikasi lain (bila ada)

  3. File pengiriman ada dalam file Microsoft Word (.doc / .docx) dengan ukuran kertas A4 standar.

  4. Judul tidak lebih dari 12 kata
  5. Informasi lengkap tentang penulis (depan, tengah, nama belakang), afiliasi penulis, dan alamat email penulis yang bersangkutan.

  6. Semua halaman diberi nomor di kanan bawah.
  7. Abstract and Keywords.

    • Studi kasus: ≤300 kata
    • Artikel penelitian: ≤250 kata
  8. Isi artikel (Pendahuluan, Metode, Hasil, Kesimpulan, Referensi, Pengakuan, Angka dan Tabel):

    • Studi kasus: ≤10,000 kata
    • Artikel penelitian: ≤3,500 kata
  9. Tabel gambar tanpa garis vertikal
  10. Desimal ditulis dalam versi bahasa Inggris (untuk seribu titik penggunaan (,) dan koma penggunaan desimal (.)).

  11. Referensi harus sesuai dengan Sistem Vancouver. Jika tersedia, URL untuk referensi telah disediakan

    • Studi kasus: ≤250 referensi
    • Artikel penelitian: ≤40 referensi
  12. Penulis dapat mengungkapkan semua pengukuran dalam unit Sistem Konvensional atau Sistem Internasional (SI). Nama obat harus menggunakan nama generik. Ketika merek eksklusif digunakan dalam penelitian, sertakan nama merek, nama dan lokasi (kota & negara) dari produsen dalam tanda kurung setelah penyebutan pertama nama generik.

Copyright Notice

Untuk pengiriman naskah ke Herb-Medicine Journal, penulis harus menyatakan bahwa:

  1. Saya telah diberikan otorisasi oleh rekan penulis saya untuk memasukkan naskah ke Herb-Medicine Journal
  2. Saya dengan ini menyatakan, atas nama saya dan rekan penulis saya, bahwa:
  • Naskah yang dikirimkan adalah karya asli dan belum pernah diterbitkan dalam jurnal peer-review lain atau sedang dipertimbangkan untuk diterbitkan oleh jurnal lain. Serta, naskah tidak melanggar hak cipta yang ada atau hak pihak ketiga lainnya.
  • Naskah tidak mengandung materi yang mungkin melanggar hukum, memfitnah, atau SARA, dengan cara apa pun, melanggar syarat dan ketentuan yang tercantum dalam perjanjian
  • Saya / kami telah berhati-hati bahwa pengetahuan ilmiah dan semua pernyataan lain yang terkandung dalam naskah sesuai dengan fakta dan formula otentik dan tidak akan, jika diikuti dengan tepat, merugikan pengguna
  • Tidak ada tanggung jawab yang ditanggung oleh Herb-Medicine Journal, stafnya atau anggota dewan editorial untuk setiap cedera dan/atau kerusakan pada orang atau properti sebagai masalah pertanggungjawaban produk, kelalaian atau sebaliknya, atau dari penggunaan atau pengoperasian metode, produk apa pun instruksi, iklan, atau ide yang terkandung dalam publikasi oleh Herb-Medicine Journal

 

Penulis yang menerbitkan dalam Herb-Medicine Journal menyatakan bahwa semua penulis telah membaca dan menyetujui isi Surat Pengantar atau Syarat dan Ketentuan. Plagiarisme dilarang keras, dan dengan menyerahkan naskah untuk publikasi, penulis setuju bahwa penerbit memiliki hak hukum untuk mengambil tindakan yang pantas terhadap penulis, jika ditemukan plagiarisme atau informasi palsu. Setelah diserahkan ke Herb-Medicine Journal, penulis tidak akan menarik naskah mereka pada tahap apa pun sebelum dipublikasikan. 

Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Lisensi Creative Commons Attribution yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.

Penulis dapat membuat perjanjian kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di jurnal ini.

Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Effect of Open Access).

Privacy Statement

Nama dan alamat email yang dimasukkan dalam situs jurnal ini akan digunakan secara eksklusif untuk tujuan lain dari jurnal ini dan tidak akan tersedia untuk tujuan lain atau kepada pihak lain.

ISSN: 2620-567X