Submissions

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

Already have a Username/Password for Herb-Medicine Journal?

Go to Login

Need a Username/Password?

Go to Registration

Author Guidelines


  1. Herb-Medicine Journal menerbitkan naskah asli berupa hasil penelitiam, studi kasus, tinjauan pustaka, atau penyegar terkait herbal, kedokteran, dan kesehatan yang belum pernah dipublikasikan sebelumnya.
  2. Herb-Medicine Journal menganggap manuskrip disiapkan sesuai dengan pedoman yang ditetapkan oleh Komite Internasional untuk Redaktur Jurnal Medis (www.icmje.org/index.html), sebagai berikut:
    • Judul
    • Abstrak
    • Pendahuluan
    • Metode
    • Kesimpulan
    • Diskusi
    • Referensi
    • Tabel
    • Ilustrasi / gambar
    • Satuan ukuran
    • Singkatan dan simbol
  3. Dewan redaksi berhak untuk mengedit dan jika perlu, mempersingkat materi yang diterima untuk dipublikasikan. Keputusan tentang prioritas publikasi akan ditentukan secara ketat oleh dewan redaksi. Semua manuskrip akan melalui proses double-blind peer review.
  4. Manuskrip dapat dikirim secara elektronik melalui surat elektronik ke hmj@ump.ac.id
  5. Artikel diketik dalam format MS Word (*.doc saja), menggunakan Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris. Artikel ditulis menggunakan huruf Times New Roman ukuran 10 poin, dua spasi pada satu sisi kertas tidak lebih besar dari ISO A4 (210 × 297 mm) dengan selisih 5 cm dan kertas harus diberi nomor halaman secara berurutan. Halaman pertama harus memuat nama pengarang, nama dan alamat institusi, disamping judul makalah. Alamat lengkap dari penulis utama yang akan dikirim bukti pengiriman/penerimaan/penolakan harus diberikan sebagai catatan kaki. Korespondensi juga harus mencakup alamat e-mail. Judul artikel harus singkat, tidak lebih dari 45 karakter. Semua naskah yang dikirim ditinjau oleh redaksi dan naskah yang ditolak tidak akan dikembalikan. Aspek etis akan dipertimbangkan dalam penilaian artikel.
  6. Artikel harus terdiri dari: (a) Judul (b) Abstrak (c) Pendahuluan (d) Bahan dan metode (e) Hasil (f) Diskusi (g) Ucapan Terima Kasih (h) Referensi (i) Tabel (j) Angka dan Keterangan (k) Kelayakan etik. Abstrak ditulis dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris, tidak boleh melebihi 250 kata dan harus menyatakan secara ringkas apa yang telah dilakukan, temuan utama dan bagaimana karya itu ditafsirkan. Setelah abstrak, sebutkan tiga sampai lima kata kunci yang relevan dengan artikel tersebut.
  7. Singkatan dan simbol harus standar dan unit SI harus digunakan seluruhnya. Bila memungkinkan, obat harus diberi nama generik yang telah disetujui. Akronim harus digunakan secukupnya. Analisis statistik harus menjelaskan metode yang digunakan. Referensi harus mengikuti format Vancouver. Semua penulis harus dikutip untuk artikel sampai dengan enam penulis, untuk yang dengan lebih dari enam penulis, enam yang pertama hanya harus dikutip diikuti oleh et al. Contoh referensi diberikan di bawah ini:  
  • Artikel di jurnal
  1. Paganini Hill A, Chao A, Ross Rk, Henderson BE. Aspirin use and chronic disease: a cohort study of the elderly. BMJ 1989; 299: 1247-50.
  2. Parkin DM, Clayton D, Blook RJ, Massyer E, Fried HP, Iranov E, et al. Childhood Leukaemia in Europe after Chernobyl : 5 years follow-up. Br J Cancer 1996; 73: 1006-12.
  • Bab dalam buku
  1. Phyllyps SJ, Whisnant JP. Hypertension and Stroke. In: Lurgh JH, Brennes BM, editors. Hypertension : Pathophysiology, diagnosis and management. 2nd ed. New York : Raven Press; 1995. p. 465-78.

8. Tabel harus sesedikit mungkin dan hanya menyajikan data penting saja. Setiap tabel harus diberi huruf pada lembaran terpisah, diberi judul atau judul dengan nomor Romawi. Semua foto, grafik, diagram harus disebut sebagai angka dan harus diberi nomor berturut-turut dalam teks dalam bahasa Arab. Legenda untuk ilustrasi harus diketik di lembar terpisah. Semua ilustrasi harus dalam format JPEG dengan resolusi 300 titik / inci (DPI) atau lebih tinggi. Diagram garis dan grafik harus dipindai pada 600 DPI (atau lebih baik) dan diserahkan pada lembar terpisah. Dewan editorial berhak memotong ilustrasi agar sesuai dengan gaya selingkung. Subjek / pasien tidak boleh dikenali pada foto. Jika ini tidak dapat dihindari, izin tertulis dari pasien atau wali sah harus diperoleh

9. Sebagai bagian dari proses pengajuan, selain mengirimkan artikel yang sesuai dengan poin 2, penulis juga diharuskan memenuhi hal berikut:

  • Penulis membuat pernyataan bahwa pengajuan tersebut belum pernah dipublikasikan sebelumnya, dan tidak sedang dikirimkan/di-review di jurnal yang lain.
  • File pengajuannya ada dalam format file dokumen Microsoft Word.
  • Bila tersedia, URL untuk referensi harus disediakan.
  • Teks menggunakan spasi ganda; menggunakan jenis huruf times new roman ukuran 12 poin; menggunakan huruf miring, bukan menggarisbawahi (kecuali dengan alamat URL); dan semua ilustrasi, gambar, dan tabel ditempatkan di dalam teks pada lokasi yang tepat, bukan di akhir.
  • Pernyataan yang menyatakan bahwa pengajuan tersebut telah bebas dari konflik kepentingan (No Conflict of interest), dengan format yang dapat diunduh dari http://www.icmje.org/conflicts-of-interest/

10. Nama dan alamat email yang dimasukkan ke dalam situs jurnal ini akan digunakan secara eksklusif untuk maksud tujuan jurnal ini dan tidak akan tersedia untuk tujuan atau pihak lain.

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  2. The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, RTF, or WordPerfect document file format.
  3. Where available, URLs for the references have been provided.
  4. The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  5. The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines, which is found in About the Journal.
  6. If submitting to a peer-reviewed section of the journal, the instructions in Ensuring a Blind Review have been followed.

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.

ISSN: 2620-567X