Analisis Lingkungan Kerja dan Karakteristik Pekerja Terhadap Faal Paru Pekerja Industri Papan Semen Rata (Studi Kasus di PT “X” Malang)

Amelia Nurridha Putri, Febri Endra Budisetyawan, Abi Noerwahjono

Abstract


 

Penyakit Akibat Kerja (PAK) merupakan masalah kesehatan akibat kerja, khususnya pada perusahaan industri. Kasus PAK di dunia tercatat lebih dari 30% PAK merupakan penyakit paru. Penurunan faal paru dapat diakibatkan oleh beberapa faktor terutama pada pekerja industri. Faktor yang mempengaruhi penurunan faal paru diantaranya adalah lingkungan kerja dan karakteristik pekerja. Menganalisis lingkungan kerja dan karakteristik pekerja terhadap faal paru pekerja industri papan semen rata di PT “X” Malang. Observasional, Pendekatan Cross Sectional, Total Sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pekerja yang memiliki gangguan faal paru sebanyak 202 pekerja (71%), 68% diantaranya mengalami gangguan faal paru tipe restriktif dan 3% mengalami obstruktif. Faktor-faktor yang berpengaruh terhadap faal paru berdasarkan uji korelasi adalah status gizi, kebiasaan olahraga, kebiasaan merokok, penggunaan APD saat bekerja dan riwayat pekerjaan sebelumnya di bidang industri dengan p value < 0,05. Sehingga hasil analisis uji statistik yang telah dilakukan membuktikan adanya pengaruh yang signifikan antara lingkungan kerja dan karakteristik pekerja terhadap faal paru pekerja industri papan semen rata di PT “X” Malang. Status gizi, kebiasaan olahraga, kebiasaan merokok, penggunaan APD (masker) dan riwayat pekerjaan sebelumnya di bidang industri berpengaruh terhadap faal paru pekerja industri papan semen rata di PT “X” Malang.

 

Kata Kunci: PAK, Gangguan Faal Paru, Pekerja Industri, Lingkungan Kerja, Karakteristik

Pekerja


References


. Hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai tambahan informasi pengetahuan bagi mahasiswa

Fakultas Kedokteran UMM

angkatan 2014.

Hasil penelitian ini diharapkan dapat menambah pengetahuan dan pemahaman di institusi pendidikan serta acuan rujukan bagi penelitian mengenai analisis lingkungan kerja dan karakteristik pekerja terhadap faal paru pekerja industri papan semen rata.

Hasil penelitian ini diharapkan dapat menambah pengetahuan dan pemahaman bagi pekerja dan perusahaan industri dalam pemeliharaan keselamatan kerja.

Daftar Pustaka

Sholihah M, Tualeka AR, 2015, Studi Faal Paru dan Kebiasaan Merokok Pada Pekerja yang Terpapar Debu Pada Perusahaan Konstruksi di Surabaya, The Indonesian Journal of Occupational Safety and Health, 1-10.

Anies, 2005, Penyakit Akibat Kerja, PT Elex Media Komputindo, Jakarta.

Yulaekah S, 2007, Paparan Debu Terhirup dan Gangguan Fungsi Paru pada Pekerja Industri Batu Kapur,

Fakultas Kedokteran Universitas

Diponegoro, Semarang.

Mila S, 2006, Hubungan Antara Masa Kerja, Pemakaian APD Pernapasan (Masker) pada Tenaga Kerja Pengamplasan dengan Kapasitas Fungsi Paru PT Ascent House Pecangaan Jepara, Fakultas Kedokteran Universitas Negeri Semarang.

Suma’mur P, 2013, Higiene Perusahaan dan Kesehatan Kerja (HIPERKES), Agung Seto, Jakarta.

Budiono I, 2007, Faktor Resiko Gangguan Fungsi Paru pada Pekerja Pengecatan Mobil, Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro, Semarang.

Profil PT “X” Malang tahun 2012

Thamrin TM, Akhadi M, 2004, Dampak Radiologis Pelepasan Serat Asbes, Puslitbang Keselamatan Radiasi dan Biomedika Nuklir, Jakarta.

Khumaidah, 2009, Analisis faktor-faktor yang berhubungan dengan gangguan fungsi paru pada pekerja mebel PT Kota Jati Furnindo Desa Suwawal Kecamatan Mlonggo Kabupaten

Jepara, Fakultas Kedokteran

Universitas Diponegoro, Semarang.

Anugrah Y, 2013, Faktor - Faktor yang Berhubungan dengan Kapasitas Vital Paru Pada Pekerja Penggilingan Divisi Batu Putih, Fakultas Kedokteran Universitas Negeri Semarang.

Guyton, Hall, 2016, Buku Ajar Fisiologi Kedokteran sub bab Ventilasi Paru, edisi 12, penerjemah M. D. Tanzil, Saunders Elsevier, Jakarta.

Eva K, 2013, Faktor yang Berhubungan dengan Kapasitas Vital Paru, Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Negeri Semarang.

Rasyid AH, 2013, Faktor yang Berhubungan dengan Kapasitas Vital Paru Pada Pekerja di Industri Percetakan Mega Mall Ciputat, Fakultas Kedokteran UIN, Jakarta.

Salawati L, 2016, Penyakit Akibat Kerja oleh Karena Pajanan Serat Asbes, Universitas Syiah Kuala, Aceh.

Suyono J, 2001, Deteksi Dini Penyakit

Akibat Kerja, EGC, Jakarta.

Price S, Wilson L, 2006, Patofisiologi : Konsep Klinis Proses-Proses Penyakit bab Gangguan Sistem Respirasi, edisi

, Volume 2, EGC, Jakarta.


Full Text: PDF

DOI: 10.30595/hmj.v1i2.2916

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN: 2620-567X