HUBUNGAN ANTARA SIKAP TERHADAP BEBAN TUGAS DENGAN STRES AKADEMIK MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN

irma finurina mustikawati, Prima Maharani Putri

Abstract



Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara sikap terhadap beban tugas dengan stres akademik mahasiswa fakultas kedokteran. Jenis penelitian yang dilakukan adalah correlational research (penelitian korelasional), karena penelitian ini ingin mengetahui sejauhmana hubungan variabel sikap terhadap beban tugas dengan stres akademik mahasiswa fakultas kedokteran. Penelitian ini dilakukan dengan metode kuisioner. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan probability sampling dengan jenis simple random sampling, didapatkan sampel sebanyak 149 mahasiswa. Dengan variabel dependen stres akademik. Sedangkan variabel independen penelitian ini adalah sikap terhadap beban tugas. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji korelasi pearson menunjukkan hubungan yang signifikan antara stres akademik dengan sikap terhadap beban tugas pada mahasiswa Kedokteran dengan arah hubungan yang positif dan kekuatan hubungan kuat (p=0.000; r=0.626).

 

Kata kunci: stres akademik, sikap terhadap beban tugas, mahasiswa


References



Azwar, S. 2013. Sikap Manusia : Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Coccia, C., Darling, C.A., Rehm, M., Cui, M. & Sathe, S.K. 2011. Adolescent health, stress and life satisfaction: the paradox of indulgent parenting. Stress and health. Publikasi online. Doi: 10.1002/smi.1426

Dahlan, S. 2014. Statistik untuk kedokteran dan kesehatan. Jakarta: Epidemiologi Indonesia.

Diahsari, E.Y. 2001. Kontribusi Stres pada Produktivitas Kerja. Anima. Vol.16, No.4 (360-371).

Goliszek, A. 2005. Manajemen Stres. Jakarta: PT Buana Ilmu Populer. Gunawati, R., Hartati, S., dan Listiara, A. 2006. Hubungan antara Efektifitas Komunikasi Mahasiswa-Dosen Pembimbing Utama Skripsi dengan Stres dalam Menyusun Skripsi pada Mahasiswa Program Studi Psikologi Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro. Jurnal Psikologi UNDIP. Vol.3, No.2 (93-99).

Govarest, S & Gregoire, J. 2004. Stressfull academic situations: study on appraisal variabels in adolesence. British journal of clinical psychology, 54, 261-271

Odaci, H. 2012. University students ways of coping with stress, life satisfaction and subjective well-being. The online journal of counseling and education, 1(3),118-131

Rumiani. 2006. Prokrastinasi Akademik Ditinjau dari Motivasi Berprestasi dan Stres Mahasiswa. Jurnal Psikologi UNDIP. Vol.3, No.2 (37-48).

Salam, H.B. 2004. Cara Belajar yang Sukses di Perguruan Tinggi. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Siswanto. 2007. Kesehatan Mental. Konsep, Cakupan dan Perkembangannya. Yogyakarta: Andi Offset

Sugiyono. 2011. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Susila & Suyanto. 2015. Metodologi Penelitian Cross Sectional Kedokteran & Kesehatan. Klaten: Penerbit BOSSSCRIPT.

Taylor, S.E., Peplau, L.A., dan Sears, D.O. 2009. Psikologi Sosial. Edisi Kedua Belas. Alih Bahasa: Tri Wibowo, B.S. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Veresova, M. 2013. Procrastination, stress and coping among primary school teachers. Procedia social and behavior sciences, 106,2131-2138. Doi:10.1016/j.sbspro.2013.12.243

Walgito, B. 2003. Psikologi Sosial Suatu Pengantar. Yogyakarta: Andi Offset.

Yusoff, M.S.B. 2010. Stress, stressors and coping strategies among secondary school students in a malaysian government secondary school: initial findings. Journal of psychiatry,11(2),1-15


Full Text: PDF

DOI: 10.30595/hmj.v1i2.3489

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN: 2620-567X