Submissions

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

Already have a Username/Password for Islamadina : Jurnal Pemikiran Islam?

Go to Login

Need a Username/Password?

Go to Registration

Author Guidelines

PEDOMAN PENULISAN JURNAL ISLAMADINA 

Islamadina adalah jurnal yang diterbitkan Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Purwokerto pada tahun 2002 yang mempublikasikan karya-karya akademik  dengan memfokuskan kajian pemikiran Islam (sosial, budaya, politik dan ekonomi) yang progresif dan mencerahkan. Tulisan dapat berupa hasil pemikiran reflekstif dan penelitian.

1. Ketentuan Umum

  1. Jurnal ini mengundang para sarjana dan pakar yang bekerja di bidang kajian pemikiran Islam (sosial, budaya, politik dan ekonomi).
  2. Artikel harus asli berupa artikel ilmiah hasil pemikiran reflektif dan penelitian meliputi kajian masalah ilmu Agama Islam yang berkaitan dengan pendidikan agama Islam, ekonomi Islam, dan syariah.
  3. Artikel tidak dipublikasikan sebelumnya, dan tidak sedang ditinjau untuk kemungkinan publikasi di jurnal lain.
  4. Semua artikel yang diajukan harus ditinjau oleh editor dan reviewer tertutup.

2. Sistematika Penulisan

  1. Artikel ditulis dengan menggunakan bahasa Indonesia, bahasa Inggris, atau bahasa Arab yang baikantara 5.000 - 10.000 diketik menggunakan huruf Times New Roman dengan ukuran font 12 spasi 1.15 dalam kertas ukuran A4 dan menggunakan catatan badan (body note).
  2. Susunan artikel terdiri dari : Judul, Nama Penulis, Abstrak (Bahasa Indonesia dan Inggris), Kata Kunci (maksimal 5), Pendahuluan, Tinjauan Pustaka (bila hasil penelitian), Metode Penelitian, Hasil dan Pembahasan, Simpulan, Ucapan Terima kasih (optional) dan Daftar Rujukan.
  3. Ketentuan Penulisan Artikel:

1) Judul: terdiri dari maksimal 15 kata ditulis dengan kosa kata yang jelas, singkat, tepat dan tajam, serta menarik. Judul artikel harus dituliskan secara singkat dan jelas. Kemukakan terlebih dahulu gagasan utama artikel baru diikuti dengan penjelasan lainnya.Harus menunjukkan dengan tepat masalah yang hendak dikemukakan. Tidak memberi peluang penafsiran yang beraneka ragam. Tidak boleh mengandung singkatan kata yang tidak umum digunakan. Di beberapa jurnal ada yang dibatasi jumlah katanya.

2) Nama Penulis: ditulis tanpa gelar disertai nama alamat institusi beserta email korespondensi. Nama penulis harus ditulis lengkap supaya mudah diidentifikasi. Nama penulis seharusnya terdiri dari dua kata (first name diikuti last name).

3) Abstrakditulis dalam bahasa Indonesia dan inggris, terdiri dari 100-250 kata dan memuat tentang : latar belakang (jika ada), tujuan, metode (singkat), hasil, dan kesimpulan.

4) Kata kunciditulis dalam bahasa indonesia dan inggris, maksimal 5 kata.

5) Pendahuluan: berisi kondisi atau masalah yang melatar belakangi atau menginspirasi pelaksanaan kegiatan penelitian, data–data/kajian terdahulu yang mendukung penelitian dari paper-paper yang lain dari jurnal 5 tahun terakhir, menuliskan gap analysis/pernyataan kesenjangan dengan penelitian sebelumnya, dan paragraph terakhir berisi tujuan (tidak memuat tinjauan teori) yang ditulis secarategas.

6) Metode Penelitian: menguraikan cara yang digunakan untuk menyelesaikan masalah, meliputi jenis penelitian, objek penelitian, teknik pengumpulan data, dan analisis data.

7) Hasil dan Pembahasan: Hasil menjelaskan temuan (what/how) data yang diolah dapat berupa penjelasan, tabel, dan gambar yang mudah dipahami. Sedangkan pembahasan (why) menjelaskan adanya hasil yang diperloleh dengan menjelaskan fakta dengan jelas, sekaligus menjelaskan adanya kesesuaian dan pertentangan dengan hasil penelitian lain yang ditandai dengan adanya literatur lain yang mampu menampilkan implikasi penelitian, baik secara praktis dan teoritis.

8) Simpulan: Simpulan harus mampu memberikan jawaban terhadap tujuan dan permasalahan yang ada dalam penelitian (artikel), sehingga penulis harus menjelaskan secara tegas dan jujur mengenai data yang diperoleh.

9) Daftar Rujukan: Daftar rujukan ditulis berdasarkan model American Psychological Association (APA) 5th. Rujukan ditunjukkan dengan kemutakhiran untuk menjastifikasi orisinalitas atau novelty (5 tahun terakhir). Keprimeran literatur diusahakan minimum 80% dari literatur primer atau jurnal ilmiah.

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. Pengajuan tersebut belum pernah dipublikasikan sebelumnya, juga tidak sebelum jurnal lain dipertimbangkan (atau penjelasan diberikan di Komentar kepada Editor).

  2. File pengajuan ada dalam format file dokumen OpenOffice, Microsoft Word, RTF, atau WordPerfect.

  3. Bila tersedia, URL untuk referensi telah disediakan.

  4. Teks itu satu spasi; menggunakan font 12, menggunakan huruf miring, bukan menggarisbawahi (kecuali dengan alamat URL); dan semua ilustrasi, gambar, dan tabel ditempatkan di dalam teks pada posisi yang tepat, bukan di akhir.

  5. Teks tersebut mematuhi persyaratan gaya dan bibliografi yang diuraikan dalam Pedoman Penulis, yang terdapat di About the Journal.

  6. Jika mengirimkan ke bagian jurnal yang ditinjau rekan kerja, petunjuk dalam Blind Review telah diikuti.

Copyright Notice

Authors who publish with this journal agree to the following terms:

Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.

Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.

Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Creative Commons License
Islamadina is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Privacy Statement

Nama dan email yang dimasukkan dalam jurnal ini hanya untuk kepentingan jurnal yang sudah disebutkan dan akan dijaga kerahasiannya.

Author Fees

This journal charges the following author fees.

Article Submission: 0.00 (USD)

Fast-Track Review: 0.00 (USD)

Article Publication: 0.00 (USD)

ISSN: 2580-5096