Prinsip dan Etika Konsumsi Islam (Tinjauan Maqashid Syariah)

Baitul Hamdi

Abstract


Tulisan ini membahas bagaimana prinsip dan etika prilaku konsumsi masyarakat dalam presfektif ekonomi Islam ditinjau dari maqashid Syariah. Dengen menggunakan metode penelitian kualitatif melalui  pendekatan studi pustaka (library research), Dalam penelitian dijelaskan bahwa tujuan konsumsi dalam Islam adalah untuk mencapai mashalah (kesejahteraan/kebahagaian dunia dan akhirat) berbeda dengan konvensional yang tujuannya memenuhi kepuasan pribadi berdasarkan teori nilai guna. Adapun prinsip konsumsi dalam Islam terdiri dari prinsip kebolehan, tanggung jawab, keseimbangan (tidak kikir dan tidak berlebihan dan prioritas. Sementara itu etika konsumsi dalam ekonomi Islam adalah memperhatikan prioritas kebutuhan, mengkonsumsi produk halal, memperhatikan kualitas konsumsi (halal lagi baik), mengutamakan nilai maslahah serta kesederhanaan (tidak israf). Pada dasarnya kegiatan konsusmi Islam harus memperhatikan dan sesuai dengan maqahsid syariah agar tujuan konsumsi itu tercapai yaitu maslahah.


Keywords


Prinsip; Etika; Konsumsi Islam; Maqashid Syariah

References


Al-Qardhawi, Yusuf. 2001. Norma dan Etika Ekonomi Islam. Jakarta: Gema Insani Press.

Choudhury, Masudul Alam. 1986. “The micro- economic foundations of Islamic economics: A study in social economics,.” American Journal of Islamic Social Science 3(2):231-245.

Djallel, Lameche, dan Ahmad Khilmy bin Abdull Rahim. 2020. “A Conceptual Study on Consumer Needs from an Islamic Marketing Perspective.” International Journal of Innovation, Creativity and Change. www.ijicc.net 10(12).

Furqani, Hafas. 2017. “Consumption and Morality: Principles and Behavioral Framework in Islamic Economics JKAU: Islamic Economics., Vol. 30 Special Issue, pp: 89-102 (April 2017).” JKAU: Islamic Economics 20(special). doi: DOI: 10.4197 / Islec. 30-SI.6.

Khan, M. Fahim. 1984. “Macro consumption function in an Islamic framework.” ournal of Research in Islamic economics 1(2):3–25.

Mustafar, Mohd Zaid, dan Joni Tamkin Borhan. 2013. “Muslim Consumer Behavior: Emphasis on Ethics from Islamic Perspective.” Middle-East Journal of Scientific Research 18(9). doi: DOI: 10.5829/idosi.mejsr.2013.18.9.12113.

P3EI UUI. 2008. Ekonomi Islam. Yogyakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Rohman, Afzarul. 1997. Doktrin Ekonomi Islam. Yogyakarta: Dana Bhakti Primayasa.

Rozalinda. 2014. Ekonomi Islam teori dan Aplikasinya pada Aktivitas Ekonomi. Jakarta: Rajawali Pers.

Septiana, Aldila. 2015. “Analisis Perilaku Konsumsi Dalam Islam.” DINAR 1(2, Januari).

Siddiqi, M. N. 2005. Teaching Islamic Economics, : Jeddah, Saudi Arabia: Scientific Publishing Centre, King Abdul Aziz University.

Zaimsyah, Annisa Masruri, dan Sri Herianingrum. 2019. “Tinjauan Maqashid Syariah Terhadap Konsumsi.” Ulumuna: Jurnal Studi Keislaman 5(1).

Zed, Mestika. 2008. Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.


Full Text: PDF

DOI: 10.30595/islamadina.v23i1.10821

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2580-5096