Perilaku Konsumsi Upaya Meningkatkan Potensi Produk Deposito di Bank Syariah

Trimulato T

Abstract


Perbankan syari’ah saat ini telah memiliki payung hukum yang kuat dengan hadirnya undang-undang nomor 21 tahun 2008 tentang perbankan syari’ah. Hal ini sangat berpengaruh terhadap eksistensi dari perbankan syari’ah yang semakin diminati oleh banyak kalangan. Bank syari’ah membutuhkan dana dalam menjalankan produk pembiayaannya. Deposito merupakan salah satu produk penghimpunan di bank syariah. Deposito di bank syariah terus mengalami pertumbuhan. Walaupun demikian bank syariah tetap harus meningkatkan produk deposito, untuk mencapai market share 5 persen. Untuk meningkatkan volume deposito bank syariah perlu memahami bentuk perilaku konsumsi masyarakat. Dari data yang ada kontribusi dana pihak ketiga bank syariah diberikan oleh produk deposito sebesar 71,15 persen. Penulisan ini menggunakan jenis deskriptif kualitatif, Batasan dalam tulisan ini difokuskan pada produk deposito di bank syari’ah perilaku konsumen.Tulisan ini menggunakan studi pustaka kajian dari berbagai sumber. Hasil dari tulisan ini bahwa deposito di bank syariah terus mengalami perkembangan, pada tahun 2015 pertumbuhan deposito di bank syariah mencapai 4,12 persen. Perilaku konsumsi memiliki banyak faktor dan bisa memberi pengaruh terhadap peningkatan produk deposito di bank syariah. Sehingga bank syariah perlu memahami perilaku konsumsi masyarakat dalam upaya meningkatkan potensi pengembangan produk deposito di bank syariah. Potensi pengembangan produk pembiayaan mudharabah di bank syari’ah masih sangat besar. Potensi pengembangan produk deposito masih sangat besar dan sangat luas.


Keywords


Bank Syari’ah, Produk Deposito, Perilaku Konsumsi

References


Al-qur’an Terjemah

Antonio, Muhammad Syafii. 2000. Bank Islam: Teori dan Praktek. Jakarta: Gema InsaniPress.

Aisyah, Siti, dkk. 2009.Hubungan Antara Citra, Fasilitas dan Pelayanan Terhadap Tingkat Kepuasan Nasabah di Perbankan Syariah” makalah disampaikan pada nasional sistem ekonomi islam IV, diselenggarakan oleh P3EI Fakultas Ekonomi UII, Yogyakarta.

Algaoud Latifa M. dan Mervyn K. Lewis. 2001. Perbankan Syariah, Prinsip, Praktik, Prospek, Jakarta: PT. Serambi Ilmu Semesta.

Bank Indonesia., 2000. Penelitian Potensi, Preferensi dan Perilaku Masyarakat Terhadap Bank Syariah di Wilayah Jawa Tengah dan DIY.Semarang : LPPusat Penelitian dan Kajian Pembangunan UNDIP.

Engel, James F. dkk. 1994. Consumer Behavior, jilid 6, Jakarta:Binarupa Aksara.

Farizal. 2010. Pengembangan Kompetensi SDM Perbankan Syariah Melalui Corporate University.Yogyakarta: Forum Riset Perbankan Syariah II. 2010.

Kasmir. 2005. Pemasaran Bank, Edisi Pertama, Cetakan Kedua. Jakarta: Kencana.

Mannan, Abdul. 1997. Teori dan Praktek Ekonomi Islam.Yogyakarta: PT. Dana Bhakti Wakaf.

Muflih, Muhammad. 2006. Perilaku Konsumen Dalam Perspektif Ilmu Ekonomi Islam.Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Muiszudin. 2009. Pengembangan Perbankan Syariah Dalam Perspektif Budaya, Nasional Sistem Ekonomi Islam IV. Yogyakarta: P3EI Fakultas Ekonomi UII

Muhammad. 2005. Manajemen Bank Syaraih. Yogyakarta: AMP YKPN.

Otoritas Jasa Keuangan. Statistik Perbankan Syaria 2015

Schiffman, Leon G dan Kanul Leslie Lazar. 2008. Consumre Behaviour. Bambang Sarwiji (terj.), Perilaku Konsumen. Indonesia: PT Macanan Jaya Cemerlang.

Setiadi, Nugroho J. 2005. Perilaku Konsumen: Konsep dan Implikasi untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran. Jakarta: Prenada Media.

Suwiknyo, Dwi. 2008. How To Manage My Money Bikin Hidupmu Penuh Surplus. Yogyakarta: TrustMedia.

Tjiptono, Fandi .2002. Pemasaran Jasa. Malang: Bayu Media.

Yudi, Sutarso, dkk. Peranan Penggunaan Prinsip Syari’ah dan Budaya dalam Model Kualitas Jasaloyalitas pada Perbankan Syari’ah.Makalah disampaikan pada Forum Riset Perbankan Syaria’ah II 2010, diselenggarakan oleh IPIEF Fakultas Ekonomi UMY, Yogyakarta, 9 desember 2010.

Philip Kolter.2008.Manajemen Pemasaran, Benyamin Molan (ed.), Cet. III, (ttp.: PT Macanan Jaya Cemerlang.

Prabowo. Yudho . 2009. Analisis Resiko dan Pengembalian Hasil pada Perbankan Syariah: Aplikasi Metode VaR dan RAROC pada Bank Syariah Mandiri. Jurnal Ekonomi Islam La_Riba Vol.l1l.No. 1. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Agama Islam UII.

http://www.bi.go.id/web/id/Perbankan/Perbankan+Syariah/ Pada tanggal 18 pebruari 2011

http://ekbis.sindonews.com/read/964020/34/ojk-market-share-bank-syariah-5-1423810057pada tanggal 2 September 2016

http://teddykw2.wordpress.com/2008/03/01/faktor-faktor-yang-mempengaruhi-perilaku-konsumen/, pada tanggal 2 sepetember 2016.

http://jurnal-sdm.blogspot.com/2009/06/faktor-faktor-yang-mempengaruhi.htmlpada tangga 2 september 2016.

http://andhysukma.com/investasi-deposito-syariah/ pada tanggal 9 April 2011


Full Text: ##PDF##

DOI: 10.30595/islamadina.v0i0.1527

ISSN: 2580-5096