UPAYA MENGOPTIMALKAN GERAKAN LITERASI PADA IKATAN PELAJAR MUHAMMADIYAH KABUPATEN BANYUMAS

Makhrus M, Putri Dwi Cahyani

Abstract


 

Kegiatan pelatihan penulisan kreatif kreatif dan publikasi dalam upaya mengoptimalkan gerakan literasi pada Pimpinan Daerah Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Kabupaten Banyumas bertujuan memberikan dorongan motivasi kepada pada kader dan pimpinan mengenai pentingnya optimalisasi dan kesadaran mengenai gerakan literasi, memberikan pemahaman dan wawasan yang komprehensif mengenai hal-hal yang berkaitan dengan penulisan kreatif dan publikasi, memberikan keterampilan/skill tentang penulisan kreatif dan publikasi.

Program pelatihan ini diberikan kepada kader dan pimpinan Dewan Pimpinan Ikatan Pelajar Muhammadiyah Kabupaten Banyumas dengan menggunakan metode seminar, diskusi dan sharing. Harapan kegiatan ini agar para peserta dapat memahami, mengerti, dan mampu mempraktikkan menulis kreatif dalam berbagai bentuk tulisan yang peserta hasilkan, sehingga dapat memberikan dalam positif terhadap perkembangan organisasi melalui gerakan literasi.

Adanya pelatihan pelatihan penulisan kreatif dalam upaya mengoptimalkan gerakan literasi pada Pimpinan Daerah Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Kabupaten Banyumas memiliki dampak penambahan wawasan mengenai teknik penulisan kreatif, hal tersebut dapat terlihat dari keinginan para kader dan untuk mempublikasikan tulisan dalam bentuk buku dan mengoptimalkan media sosial yang dimiliki sebagai sarana formal organisasi. Secara internal gerakan PD IPM Kabupaten Banyumas sudah memiliki tradisi keilmuan dan budaya literasi yang baik, hal tersebut dipengaruhi oleh corak dan kultur keilmuan gerakan IPM secara nasional yang sangat mendorong gerakan literasi di kalangan pelajar. Berdasarkan hasil evaluasi para peserta menyatakan puas dan berharap agar tindak lanjut kegiatan dalam beragam kegiatan formal dan khusus yang dilaksanakan oleh PD IPM Kabupaten Banyumas.

 


Keywords


penulisan, publikasi, kreatif, literasi

References


Aries Musnandar. Beda Menulis Ilmiah dan Menulis Kreatif. Diakses http://old.uin-malang.ac.id/index.php?option=com_content&view=article&id=3914:beda-menulis-ilmiah-dan-menulis-kreatif&catid=35:artikel&Itemid=210 8/10/2015 waktu 07.39

Djibran Pahdepie. 2010. Menatap Punggung Muhammad. Jakarta: Litera.

______________. 2011. Creative Writhink. Makalah. Akademi Berbagi Bali

______________. 2016. Creative Writhink. Makalah. LPIP UMP

____________, https://www.youtube.com/watch?v=wZR7PrxOE18 diakses 8/10/2015 waktu 07.15

Makhrus, M., and Putri Dwi Cahyani. "Pelatihan Creative Writhink Pada Ikatan Pelajar Muhammadiyah Kabupaten Banyumas." ISLAMADINA (2017): 41-56.

Makhrus, M. "Aktivisme Pemberdayaan Masyarakat Dan Institusionalisasi Filantropi Islam di Indonesia." ISLAMADINA (2014): 23-44.

Ostrom, Hans. "Undergraduate Creative Writing: The Unexamined Subject." Writing on the Edge 1.1 (1989): 55-64.

Dika, Raditya. 2014. Rahasia Menulis Kreatif. E-book.

Juleha, St. Peningkatan Kemampuan Menulis Kreatif Cerpen Siswa Kelas VIIIA SMPN Rambipuji Jember Melalui Strategi Sugesti Imajinasi. Jurnl Nosi, Volume 1 Nomor 4, Agustus 2013, hal. 351-360.

Komunitas Semangat Nuun. 2014. Tulis Terus Tulis Tulus Tulis Mulus. Purwokerto. Ilmi publisher

Tim Pusat Humas Kementerian Perdagangan RI. 2014. Panduan Optimalisasi Media Sosial untuk Kementerian Perdagangan RI. Jakarta: Kemendag RI.

www.ipmbannyumas.wordpress.com


Full Text: ##PDF##

Copyright (c) 2017 ISLAMADINA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2580-5096