Peran Pemerintah Pemkot Makassar dalam Membangun Budaya Religius sebagai Pembentuk Karakter Spiritual

Laode Muhamad Fathun

Abstract


Paper ini bertujuan menjelaskan bagaimana strategi Pemerintah Kota Makassar dalam menjadikan nila-nilai islamiah dalam membentuk ukhuwah di Makassar. Dengan menggunakan konsep analisasi teori Buyda dan teori Kepemimpinan menjadi pisau analisis penulis menganalisa strategi Pemerintah membentuk ukhuwah islamiah di Makassar. Sederhananya bagaimana intervensi politik terhadap fenomena keislaman. Dengan tipe penulisan deskriptif analitik serta teknik pengumpulan data sekunder dan primer diperoleh hasil bahwa Pemerintah Kota Makassar menggunakan nilai-nilai keislaman yakni sholat subuh dengan segala faedahnya sebagai strategi memupuk tali silaturahim sekaligus membangun nilai moralitas ukhuwah di Makassar. Dengan dihadiri ribuan warga dari pejabat pemda, swasta, pelajar dan mahasiswa serta masyarakat lainya menjadi bukti keseriusan pemerintah menjadikan sholat subuh berjamaah sebagai instrument membangun ukhuwah Makassar yang religius.  Dalam konteks inilah apabila control politik terhadap agama dilakukan dengan baik oleh pemimpin yang transformatif maka tidak ada keterpisahan natara islam dan politik, karena islam adalah tuntunan politik, sosial, ekonomi, dan hukum yang sempurna dalam masyarakat.


Keywords


Pemkot Makassar, Nilai Islamiah, Ukhuwah, Moralitas, Religius, transformatif

References


Bass. M,B.1990. Bass and Stogdill’s Handbook of Leadership. Nwe York: Free Press.

Ishomuddin.2011. Pengantar Sains Politik Islam. Malang: Bangumedia Publishing,

Muhamad Fathun, Laode. 2016. Traansformasi Isu-Isu Hubungan Internasional Pasca Perang Dingin.Yogyakarta: Magister Hubungan Internasional, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Rasyid, M. R.1997. Kajian Awal Birokrasi Pemerintahan dan Politik Orde Baru. Jakarta: Yarsip Watampone.

Thoha, Miftah, 2010.Perilaku Organisasi Konsep Dasar dan Aplikasinya, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

…………….2010. Kepemimpinan Dalam Manajemen, Jakarta : Rajawali Pers.

Tibi , Basan.2000. Ancaman Fundamentalisme “Rajutan Islam Politik dan Kekacauan Dunia Baru. Yogyakarta: Tiana Wacana Yogyakarta.

Surwandono dan Sidiq Ahmad.2011. Resolusi Konflik Dunia Islam. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Yulk Gary. 2000. Kepemimpinan Dalam Organisasi.Cetakan Pertama, Jakarta : PT.Indeks.

Wahjosumidjo. 2005. Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: Rajawali Grafindo Persada.

Jurnal

Adiong , Nassef.2013. Journal of Islamic State Practice In International law, Volume 9 No.1. Summer Electronic Publication.org. Ltd.

Muhamad Fathun, Laode. 2015. Isis Dalam Diskursus Pembentukan Negara Bangsa. Yogyakarta. ThaqafiyyaT Vol. 16, No. 2, Desember: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

………………. 2016. Paradiplomacy Menuju Kota Dunia Studi Kasus Pemerintah Kota Makassar, Jurnal Indonesian Prespectives. Semarang Jawa Tengah:Universitas Diponegoro.

Majalah As-Sunnah Edisi 04/Tahun XII/1429H/2008M.


Full Text: PDF

DOI: 10.30595/islamadina.v19i2.3199

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2580-5096