Kejayaan Peradaban Islam dalam Perspektif Ilmu Pengetahuan

Suwarno Suwarno

Abstract


Artikel ini membahas kejayaan peradaban Islam yang ditinjau dari perspektif ilmu pengetahuan. Catatan sejarah menunjukkan bahwa peradaban Islam pernah mencapai kejayaan pada masa kerajaan Bani Abbasiyah yang berpusat di Baghdad Irak, kerajaan Bani Fatimiyah di Kairo Mesir, dan kerajaan Bani Umayyah di Cordova Spanyol. Salah satu indikator kejayaan peradaban Islam itu adalah indikator dalam bidang ilmu pengetahuan. Ada dua elemen utama kejayaan peradaban Islam dalam persektif ilmu pengetahuan, yakni tingginya aktivitas ilmiah dan kemajuan ilmu pengetahuan baik ilmu agama maupun ilmu umum. Aktivitas ilmiah yang dimaksud ialah penyusunan buku-buku ilmiah dan gerakan penerjemahan. Kemajuan ilmu pengetahuan dalam disiplin ilmu agama meliputi ilmu tafsir, hadits, kalam dan fiqh. Sementara kemajuan dalam ilmu umum mencakup filsafat, kedokteran, astronomi, matematika, dan geografi.       


Keywords


Kejayaan; Peradaban Islam; Aktivitas Ilmiah; Ilmu Pengetahuan; Kemajuan

References


Ahmed, Akbar S. 1992. Citra Muslim Tinjauan Sejarah dan Sosiologi. Terjemahan Nunding Ram dan Ramli Yakub. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Amin, M. Masyhur. 1995. Dinamika Islam (Sejarah Transformasi dan Kebangkitan). Yogyakarta: LKPSM.

Aslim, Faisal, 2014. “Peran Peradaban Islam dalam Perkembangan Ilmu Pengetahuan,” dalam https://www.zenius.net, diakses tanggal 2 Januari 2019.

Belgrami, Hamid Hasan dan Sayid Ali Asyraf. 1989. Konsep Universitas Islam. Terjemahan Machnun Husein. Yogyakarta: Tiara Wacana.

Faqih, Aunur Rahim dan Munthoha (editor). 1998. Pemikiran dan Peradaban Islam. Yogyakarta: UII Press.

Mufrodi, Ali. 1997. Islam di Kawasan Kebudayaan Arab. Jakarta: Logos.

Mugiyono, 2013. ”Perkembangan Pemikiran dan Peradaban Islam dalam Perspektif Sejarah,” dalam Jurnal JIA, Vol. XIV, No. 1, Juni.

Muhzin Z., Mumun, 2010, “Warisan islam terhadap Perkembangan Ilmu dan Peradaban Dunia (Mengapresiasi Pemikiran Nurcholis majdid dan S.I. Poeradisastra),” Makalah disampaikan dalam Seminar Nasional yang diselenggarakan oleh DKM FISIP UNPAD tanggal 10 Desember.

Myers, Eugene A. 2003. Zaman Keemasan Islam Para Ilmuwan Muslim dan Pengaruhnya terhadap Dunia Barat. Terjemahan M. Maufur el-Khoiry. Yogyakarta: Fajar Pustaka Baru.

Nasution, Harun. 1985. Islam Ditinjau dari Berbagai Aspeknya. Jakarta: UI ress.

Suyanta, Sri, 2011. “Transformasi Intelektual islam ke Barat,” dalam Jurnal Ilmiah Islam Futura, Vol. X, No. 2.

Watt, W. Montgomery. 1990. Kejayaan Islam Kajian Kritis dari Tokoh Orientalis. Terjemahan Hartono Hadikusumo. Yogyakarta: Tiara Wacana.


Full Text: PDF

DOI: 10.30595/islamadina.v0i0.5105

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2580-5096