Submissions

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

Already have a Username/Password for JURNAL HUKUM EKONOMI SYARIAH?

Go to Login

Need a Username/Password?

Go to Registration

Author Guidelines

FORMAT PENULISAN ARTIKEL JURNAL HUKUM EKONOMI SYARIAH

  1. Ketentuan Umum
    a. Artikel yang diterima yaitu artikel yang belum pernah dipublikasikan dalam jurnal apapun berupa atau tidak dalam status telah diterima (accepted) untuk dipublikasikan 
    b. Artikel berupa hasil penelitian bidang Hukum Ekonomi Syariah yang meliputi hukum ekonomi syariah, ilmu hukum, hukum Islam, dan ekonomi syariah yang belum tercantum 
    c. Artikel dilampiri surat pernyataan keaslian dari penulis yang menyatakan bahwa artikel yang ditulis benar-benar karya sendiri dan tidak mengandung plagiarisme. 
  2. Sistematika Penulisan
    a. Artikel terdiri dari 5.000 sampai dengan 8.000 kata, diketik dengan spasi 1 dalam kertas ukuran A4 dengan jenis huruf Palatino Linotype ukuran 11 dan menggunakan catatan badan (body note). Tulisan yang akan dimuat menggunakan bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris yang baik. 
    b. Susunan artikel terdiri dari : Judul (Bahasa dan English), Nama Penulis, Abstrak (Bahasa dan English), Kata Kunci (maksimal 5), Pendahuluan, Tinjauan Pustaka (bila hasil penelitian), Metode Penelitian, Hasil dan Pembahasan, Kesimpulan/Simpulan, Ucapan Terima kasih (optional) dan Daftar Rujukan. 
    c. Ketentuan Penulisan Artikel : 
    1) Judul : terdiri dari 10-15 kata 
    2) Nama Penulis : ditulis tanpa gelar, disertai nama dan alamat institusi, beserta email korespondensi 
    3) Abstrak ditulis dalam bahasa Indonesia dan inggris, terdiri dari 100-250 kata dan memuat tentang : latar belakang (jika ada), tujuan, metode (singkat), hasil, dan kesimpulan 
    4) Kata kunci ditulis dalam bahasa indonesia dan inggris, maksimal 5 kata 
    5) Pendahuluan : berisi kondisi atau masalah yang melatar belakangi atau menginspirasi pelaksanaan kegiatan penelitian, data–data/kajian terdahulu yang mendukung penelitian dari paper-paper yang lain dari jurnal 5 tahun terakhir, menuliskan gap analysis/pernyataan kesenjangan dengan penelitian sebelumnya, dan paragraph terakhir berisi tujuan (tidak memuat tinjauan teori) yang ditulis secara tegas.
    6) Metode Penelitian : menguraikan cara yang digunakan untuk menyelesaikan masalah, meliputi jenis penelitian, objek penelitian, teknik pengumpulan data, dan analisis data  
    7) Hasil dan Pembahasan : Hasil menjelaskan temuan (what/how) data yang diolah dapat berupa penjelasan, tabel, dan gambar yang mudah dipahami. Sedangkan pembahasan (why) menjelaskan adanya hasil yang diperloleh dengan menjelaskan fakta dengan jelas, sekaligus menjelaskan adanya kesesuaian dan pertentangan dengan hasil penelitian lain yang ditandai dengan adanya literatur lain yang mampu menampilkan implikasi penelitian, baik secara praktis dan teoritis. 
    8) Simpulan : Simpulan harus mampu memberikan jawaban terhadap tujuan dan permasalahan yang ada dalam penelitian (artikel), sehingga penulis harus menjelaskan secara tegas dan jujur mengenai data yang diperoleh
    9) Daftar Rujukan : Daftar rujukan ditulis berdasarkan model American Psychological Association (APA) 5th. Rujukan ditunjukkan dengan kemutakhiran untuk menjastifikasi orisinalitas atau novelty (5 tahun terakhir). Keprimeran literatur diusahakan minimum 80% dari literatur primer atau jurnal ilmiah. Penulis dianjurkan menggunakan aplikasi manajemen rerefensi (Mendeley, Zotero, dan EndNote). 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  2. The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, RTF, or WordPerfect document file format.
  3. Where available, URLs for the references have been provided.
  4. The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  5. The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines, which is found in About the Journal.
  6. If submitting to a peer-reviewed section of the journal, the instructions in Ensuring a Blind Review have been followed.

Privacy Statement

Nama dan email yang dimasukkan dalam jurnal ini hanya untuk kepentingan jurnal yang sudah disebutkan dan akan dijaga kerahasiannya.

ISSN: 2655-7703