Pengaruh Budaya, Psikologis, Pelayanan, Promosi, dan Pengetahuan tentang Produk Terhadap Keputusan Nasabah dalam Memilih Bank Syariah

Annisa Wahyulkarima

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh budaya, psikologis, pelayanan, promosi dan pengetahuan tentang produk berpengaruh terhadap keputusan nasabah  dalam memilih bank syariah (studi kasus pada nasabah BPRS Khasanah Ummat). Jenis penelitian ini mengguanakan metode kuantitatif dengan pengolahan data menggunakan SPSS. Dalam penelitian ini diambil sampel sebanyak 100 responden kepada nasabah BPRS Khasanah Ummat. Model analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif, uji statistik regresi linear berganda, uji normalitas, uji reliabilitas, uji validitas, uji koefisien determinasi, uji F dan uji t. Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel pelayanan, promosi, dan pengetahun tentang produk mempunyai pengaruh yang positif signifikan terhadap keputusan nasabah dalam memilih bank syariah. Sedangkan variabel budaya dan psikologi tidak berpengaruh terhadap keputusan nasabah dalam memilih bank syariah. Bila dibandingkan dengan ketiga variabel pelayanan, promosi dan pengetahuan, variabel promosi memiliki pengaruh dominan dengan angka 0,000 untuk nilai sig dan 0,705 untuk nilai regresi.


References


Antonio Syafi’i, Muhammad. 2001. “Bank syariah Dari Teori Ke praktek”. Jakarta: Gema Insani.

Ahmad, Abu. 2009. “Psikologi Umum”. Jakarta: PT RINEKA CIPTA.

Danupranata, Gita. 2013. “Buku Ajar Manajemen Perbankan Syariah”. Jakarta: Salemba Empat.

Engel, James F, et al. 1994. “Perilaku Konsumen”. Jakarta: Binapura Aksara.

Hasan, Iqbal. 2004. “Analisis Data Penelitianb Dengan Statistik”. Jakarta: Bumi Aksara.

Ifham, Ahmad. 2010. Pedoman Umum Lembaga Keuangan Syari’ah. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Imam, Gozali. 2006. “Aplikasi Multivariate dengan Program SPSS”. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Imam, Gozali, 2011. “Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 19”. Semarang: Badan penerbit Universitas Diponegoro.

J. Setiadi Nugroho. 2003. “Perilaku Konsumen Konsep dan Implikasi Untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran”. Jakarta: KENCANA PRENADA GROUP.

Karim, Adiwarman. 2011. ”Bank Islam (Analisis Fiqih Dan Keuangan) edisi keempat”. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Kasmir. 2008. “Pemasaran Bank Edisi Revisi”. Jakarta: Kencana

__________. 1997. “Manajemen Pemasaran edisi Indonesia”. PT IkrarMandiri Abadi.

Lewis, Mervvyn dan Latifa Algaoud. 2008. “Perbankan Syariah”. Jakarta: PT. Serambi Ilmu Semesta.

Minor, Mowen/ C. Mowen Jhon. 2002. “Perilaku Konsumen Jilid 1 Edisi kelima”. Jakarta: Erlangga.

Miniard, Paul W, Blackwell, Roger D, Engel, James F. 1994. “Perilaku Konsumen Jilid 1 Edisi Keenam”. Jakarta: Binarupa Aksara.

Prasetyo, Bambang dan Lina Miftahul Janah. 2006. ”Metodologi Penelitian Kuantitatif”. Jakarta: Raja Grafindo Persad.

Perwataatmadja, Karnaen. 1992. “Apa dan Bagaimana Bank Islam”. Yogyakarta: Dana bhakti prima jasa.

Priyanto, Dwi. 2011. “Paham Analisis Data Dengan SPSS”. Yogyakarta: Mediakson.

Prabu Mangkunegara, Anwar. 2002. “Perilaku Konsumen Edisi Revisi”. Bandung: Refika Aditama.

_______________________. 2012. “Perilaku Konseumen”. Bandung: PT Refika Aditama.

Ridwan, Engkos Achmad Kuncoro, 2008. “Cara Menggunakan dan Memakai Analisis Jalur (Path Analiysis). Bandung: Alfabeta.

Soemitra, Andri. 2009. “Bank Dan Lembaga Keuangan Syariah”. Jakarta: Kencana.

Sudarsono, Heri. 2008. “Bank Dan Lembaga Keuangan Syari’ah Deskripsian dan Ilustrasi”. Yogyakarta: Ekonisia.

Sugiyono. 2009. “Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D”. Bandung: Alfabeta.

Simamora, Bilson. 2002. “Panduan Riset Perilaku Konsumen”. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Tanireja, Tukiran dan Mustafidah, Hidayat. 2011. “Penelitian Kuantitatif (Sebuah Pengantar)”. Bandung: Alfabeta.

Tjiptono, Fandy. 2008. “ Strategi Pemasaran Edisi Tiga” Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Paul Peter. J . Jerry C. Olson. 1996. “Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran”. Jakarta: Erlangga.

Umar, Husein. 1997. “Riset Sumber Daya Manusia Dalam Organisasi”. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

___________. 2000. “Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen”.Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Umam, Khotibul. 2009. Trend pembentukan Bank Umum Syari’ah Pasca Undang- Undang Nomor 21 Tahun 2008 (Konsep, Regulasi, dan Implementasi)”. Yogyakarta: BPFE Yogayakrta.

Widagdho, Djoko. 2010. “Ilmu Budaya Dasar”. Jakarta: Bumi Aksara.

Sulaeman, Munandar. 1998. “Ilmu Budaya Dasar Suatu Pengantar”. Bandung: PT Refika Aditama.

________________.2005. “Ilmu Budaya Dasar Suatu Pengantar”. Bandung: PT Refika Aditama.

Feriska, Artikel, “Filsafat Ilmu”. Desember 2010 https://feriska.wordpress.com/filsafat-ilmu/

Muslimah, Artikel, “Kaidah Penting: menolak Mafsadat Didahulukan Mengambil Manfaat”. 21 Januari 2014 http://muslimah.or.id/manhaj/kaidah-penting-menolak-mafsadat-didahulukan-daripada-mengambil-manfaat.html

Yulaifah, Atin. 2011. “Pengaruh Budaya, Pribadi dan Psikologi Terhadap Keputusan Nasabah Dalam Memilih Bank Syariah”. Diakses dari http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/249/1/101519-ATIN%20YULAIFAH-FEB.PDF pada tanggal 28 November 2015 6:28.

Muhammad, Kautsar Audyta. 2014. “Pengaruh Pengetahuan Warga Tentang Perbankan Syariah Terhadap Minat Memilih Produk Bank Muamalat”. Diakses dari http://repository.uinjkt.ac.id/daspacehandle/123456789/27985 pada tanggal 1 Desember 2015 jam 9:53.

Vima Dwi Estining Pratiwi. 2012. “Pengaruh Faktor Emosional Dan Faktor Rasional Terhadap Keputusan Nasabah Memilih Bank Syariah Mandiri” Diakses dari http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/27985 pada tanggal 28 November 2015 jam 6:22.

Maysaroh, Damayanti. 2014. “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Nasabah Dalam Memilih Bank Syariah”. Diakses dari http://diglib.uin-suka.ac.id/13483/ pada tanggal 28 November 2015 6:29.

Prasetyo Utomo, Toni. 2014. “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Nasabah Dalam Memilih Jasa Perbankan Syariah”. Diakses dari http://jimfeb.ub.ac.id/index.php/jimfeb/article/view/1347 pada tanggal 1 Desember 2015 jam 10:11.

Dwita Darmawati, Bambang Subekti, Sri Murni S, Sumarsono. “Analisis Pengaruh Kebudayaan, Sosial, Kepribadian Dan Psikologis Terhadap Keputusan Pembelian Shar’e”. Diakses dari http://jp.feb.unsoed.ac.id./index.php/performance/article/viewFile/15/20 pada tanggal 1 Desember 2015 jam 10:15.

Efendi, Lutfi. 2009. “Analisis Faktor­faktor Yang Mempengaruhi Pengambilan Keputusan Nasabah Pada Bank Muamalat Malang”. http://lib.uin malang.ac.id/files/thesis/fullchapter/02220018.pdf Diakses pada hari kamis, 4 Februari 2016, jam 14:02.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.