Praktik Akad Wadi’ah Yad Dhamanah pada Produk Tabungan di Bank BRI Syariah Kantor Cabang Purwokerto

Widya Dwi Pratiwi, Makhrus Makhrus

Abstract


Wadi’ah merupakan salah satu akad yang digunakan dalam perbankan syariah dalam mengelola produk penghimpunan dana seperti produk tabungan. Tabungan sendiri merupakan jenis simpanan yang sudah terkenal baik dikalangan pedesaan sampai perkotaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui produk tabungan apa saja yang menggunakan akad wadi’ah yad dhamanah di Bank Rakyat Indonesia Syariah Kantor Cabang Purwokerto serta mengetahui kesesuaian antara dasar hukum tentang pengelolaan tabungan wadi’ah yang sudah ada di Fatwa Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia (selanjutnya disingkat DSN-MUI) dengan praktik dilapangan yang sesungguhnya oleh pegawai-pegawai bank syariah itu sendiri. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan yuridis normatif dengan pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber datanya bersumber dari brosur, formulir pembukaan rekening. Analisis datanya dengan cara mengolah data yang di dapat saat observasi dan wawancara kemudian dianalis dan disesuaikan dengan Fatwa Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia DSN-MUI. Dalam melakukan kegiatan operasionalnya BRI Syariah Kantor Cabang Purwokerto mempunyai 4 kantor cabang pembantu antara lain Kantor Cabang Pembantu Ajibarang,  Kantor Cabang Pembantu Purbalingga, Kantor Cabang Pembantu Kebumen dan Kantor Cabang Pembantu Cilacap. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan  akad wadi’ah di BRI Syariah Kantor Cabang Purwokerto berdasar pada fatwa yang dikeluarkan oleh Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia (DSN-MUI) yang telah memenuhi ketentuan umum tabungan wadi’ah yaitu seperti bersifat simpanan, simpanan bisa diambil kapan saja (on call) atau berdasarkan kesepakatan dan tidak ada imbalan yang disyaratkan, kecuali dalam bentuk pemberian (‘athaya). Dalam melakukan penerapan tabungan yang menggunakan akad wadi’ah  di BRI Syariah Kantor Cabang Purwokerto juga sudah sesuai dengan rukun dan syarat akad.


Keywords


wadi’ah, akad, tabungan

References


A, Karim, Adiwarman. 2011. Bank Islam: Analisis Fiqih dan Keuangan. Jakarta: Rajawali Press.

Antonio, Muhammad. S. (2001). Bank Syariah: Dari Teori ke Praktik. Jakarta : Gema Insani.

Djuwaini, Dimyauddin. 2008. Pengantar Fiqh Muamalah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Lewis, Mervvyn. Latifah Algaoud. (2001). Perbankan Syariah: Prinsip, Praktik, dan Prospek. Jakarta: PT. Serambi Ilmu Semesta

Meleong, lexy J. (2007). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Mujahidin, A. (2016). Hukum Perbankan Syariah. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Muhammad. Dwi Suwiknyo. 2009. Akuntansi Perbankan Syariah. Yogyakarta: Trust Media

Makhrus, M. "Peran Perguruan Tinggi dalam Mendorong Pengembangan Sumber Daya Insani pada Lembaga Keuangan Syariah." ISLAMADINA (2015): 52-66.

Santori, Djam’an. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: CV. Alfabeta

Shohin, Ahmad Ifham. 2010. Pedoman Umum Lembaga Keuangan Syariah. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Soemitra, Andri. 2009. Bank dan Lembaga Keuangan Syariah. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Afif, Mufti. “Tabungan: Implementasi Akad Wadi’ah atau Qard? (Kajian Praktik Wadi’ah di Perbankan Indonesia). “Jurnal Hukum Islam IAIN Pekalongan, 2016.

Aisyah, Siti. "Penghimpunan Dana Masyarakat Dengan Akad Wadi’ah Dan Penerapannya Pada Perbankan Syariah." SYARI’AH: Jurnal Ekonomi Syari’ah5.1 (2016)

Alamsyah, H. (2012). Perkembangan dan Prospek Perbankan Syariah Indonesia: tantangan dalam menyongsong MEA 2015.

Anshori, A. G. (2008). Sejarah Perkembangan Hukum Perbankan Syariah di Indonesia dan Implikasinya bagi Praktik Perbankan Nasional. La_Riba, 2(2), 159-172.

Nugroho, B. W. W. (2013). Analisis Efisiensi Perbankan Menggunakan Metode Non Parametrik Data Envelopment Analysis (Dea). Jurnal Ilmu Manajemen (JIM), 1(1). (diakses pada tanggal 30 Juli 2018)

Riyanto, Yatim. (1996). Metode Penelitian Pendidikan Tinjauan Dasar. Surabaya: SIC

Widayatsari, A. (2013). Akad Wadiah dan Mudharabah dalam Penghimpunan Dana Pihak Ketiga Bank Syariah. Economic: Journal of Economic and Islamic Law, 3(1), 1-21.

Yulianti, R. T. (2008). Asas-Asas Perjanjian (Akad) dalam Hukum Kontrak Syari’ah.http://www.jurnal.uii.ac.id/index.php/JEI/article/download/164/129(diakses pada tanggal 22 Maret 2018)

http://www.brisyariah.co.id (diakses pada tanggal 1 April 2018)

http://www.ojk.go.id (diakses pada tanggal 5 April 2018)


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.