Pengelolaan Dana Tabarru’ pada Asuransi Syariah dan Relasinya dengan Fatwa Dewan Syariah Nasional

Amalia Fadilah, Makhrus Makhrus

Abstract


Salah satu hal yang membedakan antara asuransi syariah dengan asuransi konvensional yakni adanya dana tabarru’ pada asuransi syariah. Dana tabarru’ merupakan dana tolong menolong atau hibah. Artikel ini mendiskusikan mengenai pengelolaan dana tabarru’ dan kesesuaian dalam mengelola dana tabarru’ Fatwa Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia Nomor. 53/ DSN-MUI/ III/ 2006 tentang akad tabarru’. Oleh sebab itu, hasil penelitian dalam artikel ini menggunakan jenis penelitian kualitatif-deskriptif dengan teknik pengumpulan data wawancara dan dokumentasi. Sedangkan objek penelitian berada di PT. Asuransi Takaful Keluarga Kabupaten Purbalingga dan PT. Asuransi Takaful Keluarga Purwokerto. Hasil penelitian dalam artikel ini menunjukkan bahwa setiap produk asuransi yang terdapat di PT. Asuransi Takaful Keluarga Kabupaten Purbalingga dan PT. Asuransi Takaful Keluarga Purwokerto telah menerapkan akad tabarru’. Pengelolaan dana secara keseluruhan terbagi menjadi tiga yaitu dana peserta, dana perusahaan, dan dan tabarru’. Dana tabarru’ menjadi dana tolong menolong antar peserta asuransi syariah yang terkena musibah yang pembayaran klaim dialokasikan langsung dari pos dana tabarru’ yang dipisahkan dari dana lainnya. Dana tabarru’ dapat diambil dengan cara pengajuan klaim, tanpa pegajuan klaim, maka dana tabarru’ tidak dapat diambil. Sementara dalam aspek pengelolaan dana tabarru’ yang terkumpul oleh pihak perusahaan asuransi syariah diinvestasikan ke dalam instrumen investasi yang berbasis syariah dan hasil investasinya diberikan kembali ke rekening tabarru’ milik peserta. Serta secara umum pengelolaan dana tabarru’ pada PT. Asuransi Takaful Keluarga Kabupaten Purbalingga dan PT. Asuransi Takaful Keluarga Purwokerto telah sesuai dengan prinsip syariah.


Keywords


pengelolaan; Tabarru’; Asuransi Syariah; Dewan Syariah Nasional

References


Fadlullah, Arief. "Pengaruh Pendapatan Premi dan Hasil Investasi Terhadap Cadangan Dana Tabarru’ (Studi Pada PT. Asuransi Sinarmas Syariah)." (2014).

Hakim, M. Arif. "Analisis Aplikasi Akad Tabarru’dalam Asuransi Syariah: Studi Kasus pada AJB Bumiputera 1912 Syariah Cabang Kudus." Muqtasid: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah 3.2 : 231-249. (2012).

Hisamuddin, Nur. "Implementasi Akuntansi Akad Wakalah Bil Ujrah Perusahaan Asuransi Syariah Berdasarkan PSAK 108: Studi di PT Asuransi Takaful Keluarga." ADDIN 8.1. (2015).

Kendari. Jurusan Tarbiyah STAIN Sultan Qaimuddin. "Keterampilan Mengelola Kelas dan Implementasinya dalam Proses Pembelajaran." Jurnal Al-Ta’dib Vol 7.2. (2012).

Muslim, Shohib, and Khrisna Hadiwinata. "Tinjauan Hukum Terhadap Kedudukan Fatwa Dewan Syariah MUI dalam Usaha Asuransi di Indonesia." qolamuna: Jurnal studi islam 3.2: 149-166. (2018).

Saniatusilma, Hifi, and Noven Suprayogi. "Manajemen Risiko Dana Tabarru'PT. Asuransi Jiwa Syariah Al Amin." Jurnal Ekonomi Syariah Teori dan Terapan 2.12. (2015).

Shofiyah, Sulma Safinatus. "Pengaruh Pendapatan Premi, Klaim Dan Hasil Investasi Terhadap Cadangan Dana Tabarru’pada Perusahaan." (2016).

Supriyanto, Al Torik. Pengaruh Pendapatan Premi Dan Hasil Investasi Terhadap Cadangan Dana Tabarru’ Pada Perusahaan Asuransi Syariah Di Indonesia. (2015).

Suripto, Teguh, and Abdullah Salam. "Analisa Penerapan Prinsip Syariah dalam Asuransi." JESI (Jurnal Ekonomi Syariah Indonesia) 7.2: 128-137. (2018).

Puspitasari, Novi. "Model Proporsi Tabarru'Dan Ujrah Pada Bisnis Asuransi Umum Syariah Di Indonesia." Jurnal Akuntansi dan Keuangan Indonesia 9.1: 43-55. (2012).

Rohmah, Wahidatur, and Zainal Abidin. "Studi Komparatif Asuransi Syari’ah dan Asuransi Konvensional Dalam Perspektif Hukum Islam." AL MUNAZHZHARAH 1.1: 22-35. (2017).

60

Rahman, Fudhail. "Asuransi Dalam Perspektif Hukum Islam." Jurnal Al’Adalah 10 : 25-34. (2011).

Bungin, Burhan. 2011. Metodologi Penelitian Sosial. Surabaya: Airlangga Universiti Press.

Ghofur, Abdul. 2010. Hukum Perjanjian Islam Di Indonesia. Yogyakarta: Gajah Mada Universiti Press.

Gemala, Dewi. 2005. Hukum Perikatan Islam Di Indonesia. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Herdiansyah, Haris. 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif Ilmu Sosial. Jakarta: Salmb Humanika.

Karyoto. 2016. Dasar-Dasar Manajemen. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Makhrus. 2017. Manajamen Asuransi Syariah. Yogyakarta: Litera.

Manan, Abdul. 2012. Hukum Ekonomi Syariah Dalam Prespektif Kewenangan Peradilan Agama. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Mardani. 2017. Aspek Hukum Lembaga Keuangan Syariah Di Indonesia. Jakarta: Kencana.

Muhammad. 2000. Sistem dan prosedur Operasional Bank Islam. Yogyakarta: UII Press Yogyakarta.

Rahman, Abdul. 2010. Fiqh Muamalat. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Syakir, Sula. 2004. Asuransi Syariah (Life And General) Konsep Dan Sistem Operasional. Jakarta: Gema Isani.

Soemitra, Andri. 2009. Bank & Lembaga Keuangan Syariah. Jakarta: Kencana Media Group.

Zainudin. 2008. Hukum Asuransi Syariah. Jakarta: Sinar Grafika

Fatwa DSN-MUI No. 53/DSN-MUI/III/2006

Wawancara: Ikhsanudin Kepala Pimpinan PT. Asuransi Takaful Keluarga Kabupaten Purbalingga & Paminto Kepala Pimpinan PT. Asuransi Takaful Keluarga Purwokerto.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.