Pengelolaan Zakat Produktif dalam Upaya Pengentasan Kemiskinan di Indonesia

M. Makhrus

Abstract


Artikel ini membahas mengenai pengelolaan zakat produktif dan dampaknya dalam upaya pengentasan kemiskinan yang dilakukan oleh berbagai organisasi pengelola zakat di Indonesia. Urgensi pengelolaan zakat produktif telah diatur dalam Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2011 tentang pengelolaan zakat. Selain itu, pengelolaan zakat produktif yang optimal dan profesional senantiasa akan memberikan solusi terhadap masalah utama dalam struktur penerima zakat (depan ashnaf) yakni fakir miskin. Secara paradigmatik zakat sebagai salah satu intrumen rukun Islam memiliki dampak ekonomi dan sosial yang signifikan dalam pengentasan kemiskinan, sehingga para penerima zakat terutama kaum miskin secara perlahan diberdayakan ke dalam berbagai sektor strategis yang pada akhirnya dapat menjadi donatur atau para muzakki baru. Organisasi pengelola zakat yang digambarkan dalam isi artikel ini secara terprogram meneluri masalah utama kaum miskin dengan membuat berbagai program pemberdayaan masyarakat ke dalam bersektor utama yakni pendidikan, sosial, kesehatan, dan kebencanaan. Sementara evaluasi untuk mengukur perkembangan zakat nasional yang dapat menjadi indikator dampak zakat terhadap kehidupan mustahik, kelembagaan organisasi zakat, dan peran pemerintah, maka di Indonesia telah tersusun Indeks Zakat Nasional.


Keywords


Pengelolaan; Zakat Produktif; Kemiskinan

References


Beik, Irfan Syauqi, Laily Dwi Arsyianti, 2016. Ekonomi Pembangunan Syariah, Jakarta: RajaGrafindo Persada.

BAZNAS, Pusat Kajian Strategi. "Indeks Zakat Nasional." Jakarta: Puskas BAZNAS (2016).

BAZNAS, Pusat Kajian Strategi."Outlook Zakat Indonesia 2018." Jakarta: Puskas BAZNAS. (2018).

BAZNAS, Pusat Kajian Strategi. “Evaluasi Kinerja Perzakatan Nasional” Jakarta: Puskas BAZNAS (2017)

Efendi, Mansur. "Pengelolaan Zakat Produktif Berwawasan Kewirausahaan Sosial dalam Pengentasan Kemiskinan Di Indonesia." Al-Ahkam: Jurnal Ilmu Syariah dan Hukum 2.1 (2017).

Forum Zakat. 2012. Cetak Biru Pengembangan Zakat Indonesia 2011-2025, Panduan Masa Depan Zakat Indonesia. Jakarta: Forum Zakat (FOZ).

Makhrus "Social Media Based Islamic Philanthropy To Develop Philanthropy Awareness In Indonesia." 2018 3rd International Conference on Education, Sports, Arts and Management Engineering (ICESAME 2018). Atlantis Press, 2018.

Makhrus. Dinamika dan Aktivisme Filantropi Islam dalam Pemberdayaan Masyarakat. Yogyakarta: Litera (2018).

Makhrus. "Aktivisme Pemberdayaan Masyarakat dan Institusionalisasi Filantropi Islam di Indonesia." Islamadina 13.2 (2014): 23-44.

Muhammadiyah, Dewan Syariah LAZIS. "Pedoman Zakat Praktis." Suara Muhammadiyah, Yogyakarta (2004).

Suwandi, 2015. Disentralisasi Fiskal dan Dampaknya terhadap Pertumbuhan Ekonomi, Penyerapan Tenaga Kerja, Kemiskinan, dan Kesejahteraan di Kabupaten/Kota Induk Provinsi Papua. Yogyakarta: Deepublish.

Undang-Undang (UU) Nomor 23 tahun 2011 tentang Pengelolaan Zakat


Full Text: PDF

DOI: 10.30595/jhes.v2i1.4458

Refbacks

  • There are currently no refbacks.