Pengelolaan Zakat Produktif dalam Pengentasan Kemiskinan di Kabupaten Banyumas

Septi Wahyuningsih, M Makhrus

Abstract


Kemiskinan menjadi permasalahan utama dalam perkembangan sebuah Negara. Penduduk Kabupaten Banyumas mayoritas beragama islam, zakat merupakan salah satu instrument dalam islam yang memiliki peranan penting dalam pengentasan kemiskinan jika terkelola dengan baik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengelolaan dan program zakat produktif dalam pengentasan kemiskinan yang dilakukan oleh organisasi pengelola zakat Kabupaten Banyumas. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Metode analisis menggunakan data primer berupa data laporan tahunan BAZNAS dan LAZISMU Kabupaten Banyumas serta menggunakan teori pendekatan (CIBEST) Center for Islamic Business and Economic Studies dengan analisis data mensinkronsasikan data penelitian dengan teori sebagai penunjang yang menghasilkan sebuah simpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pengelolaan zakat yang dilakukan oleh organisasi pengelola zakat Kabupaten Banyumas sebagian besar digunakan untuk kegiatan konsumtif yang ditunjukkan dengan 60% untuk konsumtif dan 40% untuk produktif. Sementara pengelolaan zakat produktif dalam pengentasan kemiskinan di Kabupaten Banyumas meliputi bantuan modal usaha, bantuan sarana prasarana, bantuan ternak, usaha binaan, kantin sehat, pelatihan skill, beasiswa pendidikan, dan pemberdayaan usaha kecil menengah. Program yang dilakukan kedua organisasi tersebut bersifat charity dan pemberdayaan. Program zakat produktif yang dilakukan oleh organisasi pengelola zakat di Kabupaten Banyumas dalam pengentasan kemiskinan dilakukan dengan pemberdayaan masyarakat. Berdasarkan pendekatan CIBEST menunjukan bahwa program pemberdayaan terdapat peningkatan jumlah pendapatan usaha, stimulant, kesadaran spiritual, dan perubahan paradigma pada mustahik. Hambatan yang dihadapi organisasi pengelola zakat di Kabupaten Banyumas dalam pengentasan kemiskinan yakni kurangnya koordinasi dengan mitra program pemberdayaan, lemahnya pengawasan, kurangya sumber daya manusia, dan evaluasi


Keywords


Pengelolaan, Zakat Produktif, Kemiskinan

References


Al-Zuhayly, Wahbah. 2005. Zakat (Kajian Berbagai Mazhab), diterjemahkan oleh Agus Effendi dan Bahruddin Fananny dari Buku Asli “Al-Fiqh Al-Islami Adilatuh”, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Abdullah, Boedi dan Beni Ahmad Saebeni. Metode Penelitian Ekonomi Islam. Bandung: CV Pustaka Grafika.

Beik, Irfan Syauqi, and Laily Dwi Arsyianti. 2015. Construction of CIBEST Model as Measurement of Poverty and Welfare indices FromIslamic Perspective. Al-Iqtishad: Jurnal Ilmu Ekonomi Syariah, 7(1), 87-104.

Efendi, Mansur.2017. Pengelolaan Zakat Produktif Berwawasan Kewirausahaan Sosial dalam Pengentasan Kemiskinan Di Indonesia. Al-Ahkam: Jurnal Ilmu Syariah dan Hukum, 2(1).

Fadilah, Arief, and Ating Sukma. 2016. Efektifitas Program Pendistribusian Dana Zakat di Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Bogor. Jurnal Syarikah: Jurnal Ekonomi Islam, 2(2).

Herdiansyah, Haris, 2011. Metodologi Penelitian Kualotatif Untuk Ilmu-Ilmu Sosial. Salemba Humanika: Jakarta Selatan.

Makhrus, dan Restu Frida Utami “Peran Filantropi Islam dalam Pemberdayaan Masyarakat di Kabupaten Banyumas” Seminar LPPM UMP 2015, Purwokerto; Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

Makhrus. 2018. Dinamika dan Aktivisme Filantropi Islam dalam Pemberdayaan Masyarakat. Litera: Yogyakarta

Makhrus, M. "Pengelolaan Zakat Produktif dalam Upaya Pengentasan Kemiskinan di Indonesia." JURNAL HUKUM EKONOMI SYARIAH 2.1 (2019): 37-50.

Manullang, M., 1985.Dasar-Dasar Manajemen. Cetakan Kesebelas. Penerbit Ghalia Indonesia. Jakarta.

Muhammad, 2004. Manajemen Bank Syariah,Edisi Revisi.Yogyakarta: UPP AMP YKPN

Mujahidin, 2016. Hukum Perbankan Syariah, Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Mulyawan, Dadang dkk 2016. Pengelolaan Zakat yang Efektif: Konsep dan Praktik diberbagai Negara, Jakarta: Depatemen Ekonomi dan Keuangan Syariah Bank Indonesia.

Nasrullah, Nasrullah.2015. Regulasi Zakat dan Penerapan Zakat Produktif sebagai Penunjang Pemberdayaan Masyarakat (Studi Kasus Pada Baitul Mal Kabupaten Aceh Utara). Inferensi Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 9(1), 1-24.

Pratama, Yoghi Citra.2015. Peran Zakat dalam Penanggulangan Kemiskinan (Studi Kasus: Program Zakat Produktif pada Badan Amil Zakat Nasional). Tauhidinomics, 1(1), 93-104.

Pahril, Husaeni and Wage, Wage, 2018 “ Peran LAZISMU BANYUMAS dalam Pemeberdayaan Ekonomi Masyarakat. Prosiding Seminar Nasional Prodi Hukum Ekonomi Syariah. http://digital.library.ump.ac.id/22/

Saifulloh, Nur Imam.2018.Analisis Tingkat Kemiskinan Kaum Urban Berdasarkan Indeks Cibest di Kecamatan Kepil Kabupaten Wonosobo. IQTISHADIA: Jurnal Ekonomi & Perbankan Syariah, 5(1), 22-42.

Sudarsono, H., 2003. Bank & Lembaga Keuangan Syariah: Deskripsi dan Ilustrasi. Ekonisia.

Syamsuri, Syamsuri.2016. Paradigma Pembangunan Ekonomi; Satu Analisis Tinjauan Ulang dari Perspektif Ekonomi Islam. Islamiconomic: Jurnal Ekonomi Islam, 7(2).

Triyawan, Andi.2017. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Muzakki Membayar Zakat di BAZNAS Yogyakarta. Islamic Economics Journal, 2(1).

Wardhani, Rama Wijaya Kesuma. 2018. Manajemen Komunikasi Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Provinsi Jawa Barat. NALAR: Jurnal Peradaban dan Pemikiran Islam, 2(1), 12-21.

Widiastuti, Tika, and Suherman Rosyidi. 2015. Model Pendayagunaan Zakat Produktifitas oleh Lembaga Zakat dalam Meningkatkan PendapatanMustahiq. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam (JEBIS), 1(1), 89-101.

Widyani, Hani. 2014. Analisis Penanggulangan Kemiskinan Melalui Implementasi Program Dana Bergulir Badan Amil Zakat Kota Bandung. Afkaruna: Indonesian Interdisciplinary Journal of Islamic Studies, 10(2), 180-201.

Wulansari, Sintha Dwi, and Achma Hendra Setiawan. 2014. Analisis Peranan Dana Zakat Produktif Terhadap Perkembangan Usaha Mikro Mustahik (Penerima Zakat) (Studi Kasus Rumah Zakat Kota Semarang). Diponegoro Journal of Economics, 3(1), 26-40

Undang-Undang Zakat No.23 Tahun 2011


Full Text: PDF

DOI: 10.30595/jhes.v2i2.5720

Refbacks

  • There are currently no refbacks.