Peran Etika Bisnis dan Kunci Sukses dalam Pemasaran Syariah

Akhmad Yusup

Abstract


ABSTRAK

Perkembangan Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0 memicu dampak positif bagi pelaku usaha dan masyarakat diberbagai sektor industri, khususnya pada sektor ekonomi dalam kegiatan berbisnis. Akan tetapi, tidak dipungkiri dengan adanya hal tersebut ternyata merubah esensi daripada hakikat praktik bisnis, seperti halnya didalam pemasaran yang diajarkan oleh Islam, walaupun banyak cara untuk menyelesaikanya. Studi ini mendiskusikan fenomena etika bisnis para pelaku usaha dan masyarakat dalam menjalankan praktik bisnis yang terkadang mengabaikan prinsip-prinsip syari’ah. Selain itu, studi ini juga akan membahas beberapa kunci sukses dalam pemasaran syari’ah. Kajian ini dibangun dengan metode penelitian kualitatif melalui dukungan literatur jurnal, buku, media berita online, dan catatan resmi lainnya yang memiliki tingkat relevansi yang sesuai dengan pembahasan yang dibutuhkan. Sumber-sumber akan ditelaah untuk mengkontruksi realita dan memahami maknanya, kemudian dilakukan analisis, sehingga dapat diketahui kesesuaian data, kelayakan norma, dan gagasan-gagasan normatif yang baru. Kajian ini menyimpulkan dengan berkembangnya sektor ekonomi dalam kegiatan berbisnis pada era Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0, terdapat faktor-faktor yang memengaruhi perilaku etis dalam Islam, dan etika perilaku para produsen dan konsumen. Selain itu, terdapat kunci kesuksesan yang diajarkan oleh Rasulullah Saw sebagai modal penting untuk memenangkan persaingan di era pemasaran modern.

 Kata Kunci: Etika Bisnis, Pemasaran Syari’ah, Kunci Sukses

 

ABSTRACT

The development of the Industrial Revolution 4.0 and Society 5.0 triggered a positive impact on businesses and public in various industrial sectors, especially in the economic sector in business activities. However, it is undeniable that this has changed the essence of the nature of business practices, as in marketing taught by Islam, although there are many ways to solve them. This study discusses the phenomenon of business ethics among business people and the community in carrying out business practices that sometimes ignore sharia principles. In addition, this study will also discuss several keys to success in sharia marketing. This study was built with qualitative research methods through the support of journal literature, books, online news media, and other official records that have a level of relevance in accordance with the discussion needed. The sources will be examined to construct reality and understand its meaning, then an analysis is carried out, so that data suitability, norm feasibility and new normative ideas can be identified. This study concludes with the development of the economic sector in business activities in the era of the Industrial Revolution 4.0 and Society 5.0, there are factors that influence ethical behaviour in Islam, and ethical behaviour of producers and consumers. In addition, there are keys to success taught by Rasulullah Saw as important capital to win the competition in the era of modern marketing.

Keywords: Business Ethics, Shariah Marketing, Keys to Success


Keywords


Business Ethics, Shariah Marketing, Keys to Success

References


Al-Qaradhawi, Y. (1997). Norma dan Etika Ekonomi Islam, terjemahan Zainal Arifin. Jakarta: Gema Insani.

Asnawi, N. (2017). Pemasaran Syari’ah: Teori, Filosofi, dan Isu-isu Kontemporer, Ed.1, Cet. 1. Depok: Rajawali Pers.

Haque, A., Khaliq, A., & Syeada, I. J. (2010). Shariah Observation: Advertising Practices of Bank Muamalat in Malaysia. Journal of Islamic Marketing, Vol. 1, No. 1, pp. 70-77.

Hashi, A. A. (2011). Islamic Ethics: An Outline of Its Priciples and Scope. Revelation and Science, Vol. 01, No. 03 (1433/2011) 122-130.

Hashim, M. (2012). Islamic Perception of Business Ethics and the Impact of Secular Thoughts on Islamic Business Ethics. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, Vol. 2, No. 3.

Hussnain, S. A. (2011). What is ISlamic Marketing. Global Journal of Management and Business Research, Vol. 11, Issue 11, Version 1.0 November.

Ibrahim, M. F., Muhammad, M. Z., & Musani, S. (2008). Islamic Marketing Concept in Business Based on Islamic Economics for Muslim Entrepreneurs. Prosiding Perkem III, Jilid 1 (pp. 110-117 ISSN: 2231-962X). Negeri Sembilan, Malaysia: Perkem III, Daya Tahan Ekonomi Negara: Dasar dan Strategi Pengukuhan Port Dickson.

Mumtaha, H. A., & Khoiri, H. A. (2019). Analisis Dampak Perkembangan Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0 Pada Perilaku Masyarakat Ekonomi (E-Commerce). Pilar Teknologi: Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Teknik. Vol. 4, No.2. Diakses di http://pilar.unmermadiun.ac.id/ind.

Sulaiman, M., & Zakaria, A. (2010). Jejak Bisnis Rasul. Jakarta: Noura Books (PT. Mizan Publika).

Zainal, V. R. (2012). Islamic Marketing: Membangun & Mengembangkan Bisnis Dengan Praktik Marketing Rasulillah Saw. (Islamic Marketing: Establishing and Developing Business with Marketing Practices Rasulullah Saw). Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Zainal, V. R., Djaelani, F., Basalamah, S., Yusran, H. L., & Veithzal, A. P. (2018). Islamic Marketing Management: Mengembangkan Bisnis dengan Hijrah ke Pemasaran Islami Mengikuti Praktik Rasulullah Saw. Jakarta: PT. Bumi Aksara.


Full Text: PDF

DOI: 10.30595/jhes.v0i0.7139

Refbacks

  • There are currently no refbacks.

ISSN: 2655-7703