Peningkatan Kemampuan Menganalisis Butir Soal Tes bagi Guru-guru MGMP IPS Menggunakan Program QUEST

Hindayati Mustafidah, Harjono Harjono, Agung Purwo Wicaksono

Abstract


ABSTRAK

                Evaluasi pendidikan adalah kegiatan yang dilakukan dalam rangka mengukur dan menilai segala hal yang termasuk dalam kegiatan pendidikan termasuk di dalamnya hasil belajar.Salah satu instrumen yang dapat digunakan untuk mengukur hasil belajar adalah tes. Namun pada kenyataannya, guru seringkali tidak mengevaluasi soal tes yang disusunnya sehingga tujuan untuk mengukur hasil belajar siswa kurang terpenuhi. Tidak dilakukannya asesmen terhadap kualitas soal tes ini disebabkan oleh waktu dan tenaga yang terbatas, juga kurangnya kemampuan dalam menggunakan alat bantu komputer. Oleh karena itu, dalam kegiatan pengabdian pada masyarakat ini dilaksanakan pendidikan dan pelatihan menggunakan program QUEST untuk membantu melakukan asesmen terhadap kualitas soal tes yang disusunnya. Mitra dalam kegiatan ini adalah guru-guru yang tergabung dalam MGMP IPS SMP Kabupaten Banyumas. Kegiatan ini diikuti oleh 40 orang guru perwakilan dari 25 sekolah. Metode diklat yang digunakan dalam kegiatan ini adalah penyampaian materi dan praktik langsung mengoperasikan program QUEST dan cara membaca hasil keluaran program. Hasil evaluasi dari kegiatan ini menunjukkan bahwa 100% dari peserta diklat dapat mengoperasikan program QUEST, meskipun hanya 75% yang mampu membaca hasil keluaran program (menganalisis hasil).

 

Kata  Kunci : Asesmen Soal, Instrumen Tes, QUEST, Guru MGMP IPS SMP.

 

ABSTRACT

                Educational evaluation is an activity undertaken in order to measure and assess everything that is included in the educational activities, thelearning outcomes. One of the instruments that can be used to measure learning outcomes is test. However, in reality, teachers often do not evaluate the test items they have prepared so the objectives of measuring student learning outcomes are not met. The lack of an assessment of the quality of test items is due to limited time and energy, as well as a lack of ability to use computer aids. Therefore, in this community service activity, education and training are conducted using the QUEST program to assist in assessing the quality of test items. Partners in this activity are teachers who are in the group of the MGMP IPS SMP Banyumas District. This activity was attended by 40 representative teachers from 25 schools. The training method used in this activity is the delivery of materials and the directly practice for operating the QUEST program and how to read the output of the program. The results of the evaluation show that 100% of the training participants can operate the QUEST program, although only 75% are able to read the program output outcomes (analyze the results).

 

Keywords : Assessment Of Test Items, Test Instruments, QUEST, Teachers of MGMP IPS SMP


References


Admin, 2009, Taksonomi Bloom : Mengembangkan Strategi Berpikir Berbasis TIK, http://gurupembaharu.com/pembelajaran_/perencanaan_/taksonomi-bloom-mengembangkan-strategi-berpikir-berbasis-tik/ diakses tanggal 26 Desember 2009.

Bennyarsih, C., 2006, Korelasi Antara Pembelajaran Remidial dengan Pencapaian Tujuan Pembelajaan Mata Pelajaran PKnPS Pokok Bahasan Perjuangan Melawan Penjajah dan Pergerakan Nasioal pada Siswa Kelas V SD Negeri Segugus Pamuji UPK Karanglewas Semester II Tahun Pelajaran 2005/2006. Skripsi, FKIP UMP. Purwokerto.

Dikmenum, 2008, Panduan Analisis Butir Soal. www.dikmenum.go.id/ dataapp/kurikulum/ 5.%20perangkat%20penilaian%20ktsp%20sma/6.%20analisis% 20butir%20soal/panduan%20analisis%20butir%20soal.doc, diakses 20 Nopember 2008.

Dwiningsih, Y., 2006, Analisis Sistem Evaluasi Kurikulum 2004 Beberapa SMA Swasta pada Mata Pelajaran Biologi Kelas X Tahun Pelajaran 2004/2005 di Kabupaten Banyumas, Skripsi, FKIP Universitas Muhammadiyah Purwokerto, Purwokerto.

Hani, D.F., 2006, Analisis Butir Soal Akhir Semester Genap Kelas X Bidang Studi Biologi Kurikulum 2004 Tahun Pelajaran 2005/2006 di SMA Negeri Kabupaten Banyumas. Skripsi. FKIP Universitas Muhammadiyah Purwokerto, Purwokerto.

McDonald, R.P., 1999, Test Theory: A Unified Treatment, Larvrence Erbaum Associates, Publishers, New Jersey.

Mustafidah, H. dan Pinandita, T., 2011, Pelatihan Pemanfaatan Komputer sebagai Alat Bantu Menganalisis Butir Soal Tes, Laporan Pengabdian pada Masyarakat, Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat Universitas Muhammadiyah Purwokerto, Purwokerto.

Sari, R.D.P., 2006, Evaluasi Kualitas Soal Ujian Akhir Semester Genap Mata Pelajaran Biologi Kelas X Tahun Pelajaran 2004/2005 di SMA Negeri 3 Purwokerto, SMA Negeri 4 Purwokerto, dan SMA Negeri Sokaraja, Skripsi, FKIP Universitas Muhammadiyah Purwokerto, Purwokerto.

Subali, B. dan Suyata, P., 2012, Pengembangan Item Tes Konvergen dan Divergen: Penyelidikan Validitasnya secara Empirik, Diandra Pustaka Indonesia, Yogyakarta.

Suwarsito dan Sutomo, 2009, Pelatihan Menentukan Kualitas Soal (Validitas dan Reliabilitas) Menggunakan Alat Bantu Komputer bagi Guru-Guru di Kabupaten Banyumas, Laporan Pengabdian pada Masyarakat, Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat Universitas Muhammadiyah Purwokerto, Purwokerto.

Uno, H. B. dan Koni, S., 2012, Assessment Pembelajaran, Bumi aksara, Jakarta.

Widodo, 2010, Analisis Butir Soal Tes, Jurnal Pendidikan Penabur, No.14/Tahun ke-9/Juni 2010, halaman 58 – 67.

Yusuf, A. M., 2015, Asesmen dan Evaluasi Pendidikan: Pilar Penyedia Informasi dan Kegiatan Pengendalian Mutu Pendidikan, Prenadamedia Group, Jakarta.


Full Text: FULLTEXT PDF

DOI: 10.30595/jppm.v2i1.1430

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2549-8347