PELATIHAN PEMBUATAN LAMPU EMERGENCY MENGGUNAKAN LIGHT EMITTING DIODE (LED) BAGI SISWA SMA BUDHI LUHUR PEKANBARU

Atmam Atmam, Zulfahri Zulfahri, Usaha Situmeang

Abstract


ABSTRAK Sekolah Menengah Atas (SMA) Budhi Luhur Pekanbaru merupakan salah satu sekolah menengah atas swasta yang beralamat di jalan Paus Ujung kelurahan Limbungan Baru kecamatan Rumbai Pesisir Kota Pekanbaru Provinsi Riau. Visi dari SMA Budhi Luhur Pekanbaru adalah berbudi pekerti luhur, beriman dan bertaqwa serta berbudaya melayu dengan salah satu indikator visi berprestasi dibidang akademik dan non akademik. Sarana dan prasarana yang dimiliki SMA Budhi Luhur untuk mendukung proses pembelajaran adalah laboratorium terpadu dan komputer. Permasalahan yang terjadi adalah tingkat pengetahuan dan keterampilan dari siswa SMA Budhi Luhur Pekanbaru terhadap penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) sangat minim sekali, disebabkan oleh kurangnya kegiatan yang berhubungan dengan IPTEK. Melihat kondisi tersebut, maka haruslah ada upaya untuk membekali siswa SMA Budhi Luhur Pekanbaru dengan IPTEK. Salah satu pengetahuan dan keterampilan untuk mengembangkan potensi yang ada pada siswa SMA Budhi Luhur Pekanbaru adalah melalui pemberian pelatihan membuat rangkaian elektronika sederhana. Pengetahuan dan keterampilan ini berupa pembuatan lampu emergency menggunakan Light Emiting Diode (LED) untuk pencahayaan ruangan pada saat listrik padam dimalam hari. Dari hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini, pengetahuan peserta (siswa) tentang defenisi elektronika, 100% peserta sudah mengetahuinya dimana sebelumnya hanya 4% mengetahuinya dan terjadi peningkatan sebesar 96% serta pengetahuan pembagian dan fungsi komponen elektronika dari peserta setelah mengikuti penyuluhan dan pelatihan terjadi peningkatan sebesar 92%. Peningkatan pengetahuan peserta tentang rangkaian lampu emergency menggunakan LED sebesar 96% dimana sebelum dilakukan pelatihan, peserta yang mengetahuinya sebesar 4% dan untuk pengetahuan teknik penyolderan komponen elektronika, setelah diberikan pelatihan 100% peserta sudah mengetahuinya. Kata kunci : Elektronika, Light Emiting Diode (LED)

References


Ade Ramdan, Dicky Rianto Prajitno, Herlan, Elli A. Gojali, 2013, LED-based Smart Lamp with Multi Sensor Lampu Pintar Berbasis LED dengan Multi Sensor, INKOM, Vol 7 No. 2.

Normaliaty Fithri, Poppy Indriayani, CH. Desi Kusmindari, 2013, Pengembangan Emergency Lamp dengan LED LuxeonMenggunakan Metode Quality Function Deployment (qfd), Prosiding Seminar Nasional Sains dan Teknologi, Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Jakarta.

D.Chattopadhyay, PC Rakshit, B Saha, NN Purkait, 1989, Dasar Elektronika, Universitas Indonesia.

Diding Suhardi, 2014, Prototipe Controller Lampu Penerangan LED (Light Emitting Diode) Independent Bertenaga Surya, Jurnal GAMMA, ISSN 2086-3071, Volume 10 Nomor 1.

Dr. Ir. Thomas Sri Widodo, DEA, Dipl. Ing, 2002, Elektronika Dasar, Penerbit Salemba Teknika.

Drs. Ganti Depari, M.Pd, 2000, Pokok-pokok Elektronika, M2S Bandung.

Malvino, 2003, Prinsip-prinsip Elektronika, Salemba Teknika.

Millman, 1998, Mikroelektronika, Erlangga.

Sutrino, 1986, Elektronika (Teori dan Penerapannya), Penerbit ITB.

Wasito, 2004, Vademekum Elektronika, Penerbit PT. Gramedia Pustaka Utama.


Full Text: FULLTEXT PDF

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2549-8347