Sosialisasi Sistem Vertiminaponik di Desa Cidatar Kecamatan Cisurupan Kababupaten Garut

Isna Tustiyani, Vela Rostwentivaivi Sinaga

Abstract


Desa Cidatar merupakan salah satu desa di Kabupaten Garut. Sebagian besar penduduknya bermata pencaharian sebagai petani.Pekarangan rumah di daerah pedesaan semakin lama semakin menyempit. Hal ini dikarenakan adanya pertambahan penduduk yang semakin cepat. Pekarangan rumah jika dimanfaatkan dengan optimal akan menjadikannya sebagai lahan produktif. Salah satu cara pemanfaatan pekarangan adalah dengan sistem vertiminaponik. Sistem vertiminaponik adalah sistem integrasi budidaya sayuran dan ikan dalam satu tempat. Sistem ini tidak membutuhkan tempat yang luas, hemat waktu, hemat tempat dan lebih sehat karena menggunakan bahan-bahan organik. Kegiatan ini diselenggarakan dengan warga dari perwakilan tiap RW di Desa Cidatar, Kecamatan Cisurupan, Kabupaten Garut. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk mensosialisasikan sistem vertiminaponik di desa Cidatar dalam rangka memanfaatkan pekarangan rumah secara optimal. Metode yang digunakan adalah transfer informasi, pelatihan dan pendampingan sistem vertiminaponik. Transfer informasi dilakukan dengan cara kegiatan seminar tentang vertiminaponik serta penayangan video tentang vertiminaponik. Pelatihan dan pendampingan dilakukan dengan cara membagikan paket vertiminaponik kepada warga untuk dirakit oleh mereka dengan didampingi oleh tim dosen dan mahasiswa. Hasil kegiatan disimpulkan bahwa adanya peningkatan pengetahuan dan ketrampilan mitra  tentang sistem vertiminaponik, serta adanya peningkatan kemandirian pangan keluarga dengan memanfaatkan pekarangan rumah melalui budidaya sayuran dan ikan dalam satu tempat yang lebih sehat

 

Kata kunci: pekarangan, pendampingan sosialisasi vertiminaponik, pengetahuan berkebun


Keywords


pekarangan; pendampingan sosialisasi vertiminaponik; pengetahuan berkebun

References


Badan Pemberdayaan Mayarakat dan Pemerintah Desa (BPMPD) Kabupaten Garut. (2014). Sistem Pendataan Profil Desa dan Profil Kelurahan Desa Cidatar Kecamatan Cisurupan. Badan Pemberdayaan Mayarakat dan pemerintah Desa Kabupaten Garut. Garut.

Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Jakarta. (2013). Vertiminaponik : cara baru berbudidaya sayuran dan ikan. Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Jakarta. Balai Penelitian dan Pengembangan pertanian.

Danuwikarsa, I., O. Rosmaladewi, R. Robana. (2011). Adaptasi teknologi pembibitan kentang untuk menunjang pengembangan kawasan agribisnis di kecamatan Pasirwangi, kabupaten Garut program pengabdian kepada masyarakat dengan skim ipteks bagi masyarakat (IbM). Jurnal Pengabdian kepada masyarakat. 1 (1): 22-28

Herdarmin, M., Kartika, W., & Febrianti. ( 2018). Pelatihan dan pendampingan pengolahan komoditi kelapa. Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat. 2 (1): 1-6.

Nuraeni, N., I.K.A. Fauzi, G.Y. Fauzi. (2011). Sosialisasi keaksaraan fungsional untuk lembaga keagamaan. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat .1 (1) : 62-67.

Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Garut. (2014). Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Garut tahun 2014-2019 : Terwujudnya Kabupaten Garut yang bermartabat, nyaman dan sejahtera. Pemerintah Kabupaten Garut.

Setyawan, P.E.. (2016). Penyuluhan tentang pengelolaan sampah dan pembuatan tempat sampah unik dari pipa pvc untuk masyarakat desa Srigading Kecamatan Lawang. Jurnal Abdimas Unmer Malang.1 (2): 1-6.

Surtinah, R. Nizar. (2017). Pemanfaatan pekarangan sempit dengan hidroponik sederhanan di Pekanbaru. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat (PKM). 23(2): 274-278.

Syarifuddin, H., W.A. Sumadja, Hamzah, E. Kartika, Adriani, J. Andayani. (2016). Pengenalan teknik usahatani terpadu di kaasan ekonomi masyarakat desa pudak. Jurnal Pengabdian pada masyarakat. 31 (4): 1-5.


Full Text: FULL TEXT PDF

DOI: 10.30595/jppm.v2i2.1945

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2549-8347