Boiler dengan Sistem Pengaman Panas sebagai Alat Peraga Pendidikan di SMK Tinta Mas Bekasi

Adhes Gamayel, Sinka Wilyanti, Ade Sunardi

Abstract


ABSTRAK 

Alat peraga merupakan penunjang kurikulum dalam kegiatan belajar mengajar. Fungsinya untuk menciptakan kondisi belajar yang efektif, meningkatkan motivasi belajar, mempermudah peserta didik memahami materi pelajaran, dan membantu siswa dalam berpikir logis. Salah satu contoh alat peraga yang berbasis teknik mesin dan teknik elektronika adalah boiler dengan sistem pengaman panas. SMK Tinta Mas memiliki jurusan teknik elektronika dan teknik mesin. Permasalahan yang dimiliki oleh kedua jurusan tersebut adalah (1) belum adanya alat peraga tentang mesin-mesin industri, (2) Siswa belum mengerti tentang cara kerja boiler, dan (3) Siswa belum mengerti tentang sistem pengaman panas. Tujuan kegiatan ini adalah memberi pengetahuan kepada siswa tentang peralatan elektronika pada mesin-mesin industri. Metode pelaksanaan yang dilakukan pada kegiatan ini adalah (1) penyuluhan cara kerja boiler dan sistem pengaman panas, (2) pelatihan praktek pengoperasian boiler dan sistem pengaman panas. Diawal kegiatan siswa diberi pre-test dan di akhir kegiatan diberi post test untuk melihat hasil dari keberhasilan metode ini. Hasil dari kegiatan ini yaitu bertambahnya pengetahuan dan motivasi belajar siswa tentang sistem pengaman panas dan cara kerja boiler. Disamping itu, siswa memiliki ketrampilan dalam pengoperasian boiler dan sistem pengaman panas.


Kata Kunci: Alat Peraga, boiler, sistem pengaman panas, pelatihan


Keywords


Alat Peraga; Boiler; Sistem Pengaman Panas; Pelatihan

References


Juwairiah. (2013). Alat Peraga dan Media Pembelajaran Kimia.Visipena, (4), 1, 1-13

Kurniawan, P. V. (2012). Penerapan Metode Demonstrasi Berbantuan Alat Peraga Untuk Meningkatkan Minat Dan Motivasi Siswa Dalam Pembelajaran Fisika. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika , (3), 2, 103-109.

Mulyani, T. (2015). Penggunaan alat peraga tiruan untuk meningkatkan pemahaman dan hasil belajar ipa siswa kelas IIISLBD1 YPACSurakarta Tahun 2011/2012. Seminar Nasional Pendidikan UNS&ISPIJawa Tengah, (pp. 200-205). Surakarta.

Suwardi, Firmiana, M. E., & Rohayati. (2016). Pengaruh Penggunaan Alat Peraga terhadap Hasil Pembelajaran Matematika pada Anak Usia Dini. Jurnal Al-azhar Indonesia Seri Humaniora , (2), 4, 297-305.


Full Text: FULL TEXT PDF

DOI: 10.30595/jppm.v2i2.2133

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2549-8347