Aplikasi Mesin Pembangkit Kalor Las LPG untuk Potong, Penyambungan dan Pembentukan

Seno Darmanto, Indartono Indartono, Adi Nugroho

Abstract


Kegiatan pengabdian dilakukan di industri ukir tembaga dan kuningan Zazen Art Galeri. Keberadaan industri ukir tembaga dan kuningan di Kelurahan Mliwis Cepogo memberikan potensi yang besar terutama di bidang ekonomi, sosial, pendidikan dan lapangan kerja. Permasalahan produk ukir dengan desain rumit dan ukuran relative besar masih menjadi kendala dan perlu tambahan pengerjaan meliputi pengerolan, pembentukan, pengelasan dan penyelesaian akhir.Tujuan kegiatan ini adalah modifikasi instalasi mesin pembangkit kalor untuk pengerjaan pemanasan, potong, menyambung dan membentuk lengkung pada pipa dan plat. Modifikasi pengelasan LPG dilakukan dengan merekayasa las asetilin dengan beberapa komponen yakni tabung oksigen dan katup pengaturan (regulator oksigen), tabung LPG dan katup pengaturan (regulator LPG), selangan distribusi gas (oksigen dan gas LPG), alat ukur tekanan dan injektor nyala las. Hasil pengujian menunjukkan bahwa las LPG dapat diterapkan untuk pemotongan dan penyambungan plat dengan ketebalan di bawah 0,6 mm. Selanjutnya tungku berbahan bakar arang dapat diaplikasikan untuk pemanasan plat tebal dengan ketebalan di atas 1 mm.


Keywords


Ukir; Tembaga; Kuningan; Tungku; Pengelasan

References


Brown, J, (1998). Advanced Machining Tecnology Handbook. McGraw-Hill

Darius, A. (2005). Pengelasan. Proses Produksi, Jakarta : Universitas Darma Persada

Furqon, R.S. (2011). Pengujian dan Analisis Sambungan Las Tabung Gas LPG Kapasitas3 kg. Tugas Akhir, Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Pasundan Bandung.

Groover, M.P. (1996). Fundamentals of Modern Manufacturing: Material, Process and Systems. Prentice-Hall.Inc, Asimon & Schulter Company.

Juvinall, R.C. (1967). Stress, Strain and Strength. New York : McGraw-Will Book Company

Khurmi, R.S. (1980). A Text Book Machine Design. New Delhi : Eurasia PublisingHouse.Ltd.

Muzazen, (2016). Industri Ukir Tembaga dan Kuningan CV Zazen Art Galeria di Cepogo. Survey langsung di CV Zazen Art Galeria Cepogo Boyolali.Rai, I., (2016). RancangBangunAlat Bantu Las Tabung LPG 3 Kg (Perhitungan Waktu Permesinan dan Biaya Produksi). Tugas Akhir, Politeknik Negeri Sriwijaya Jurusan Teknik Mesin Palembang.Vlack, L.H.V. dan Djaprie, S. (1989). Ilmu dan Teknologi Bahan. Terjemahan, Jakarta : Erlangga


Full Text: FULL TEXT PDF

DOI: 10.30595/jppm.v2i2.2350

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2549-8347