Pelatihan Reparasi Dan Perawatan Alat Listrik Rumah Tangga Untuk Pemuda Pesisir

Juli Sardi, Ali Basrah Pulungan

Abstract


Kegiatan ini dilatarbelakangi oleh tingginya angka kemiskinan di Kelurahan Air Tawar Barat Kota Padang. Berdasarkan data BPS Kota Padang, jumlah keluarga yang termasuk kategori pra sejahtera dan sejahtera 1 pada tahun 2016 terdata sebanyak 421 keluarga dan umumnya terdapat pada kawasan pesisir pantai. Tujuan dari kegiatan ini adalah meningkatkan keterampilan dan keahlian dalam bidang reparasi dan perawatan alat listrik rumah tangga dengan kelompok sasaran para pemuda pesisir pantai. kegiatan dilakukan selama tiga hari dengan jumlah peserta sebanyak 12 orang. Metode yang digunakan adalah pelatihan yang disertai dengan ceramah, demonstrasi, praktek dan evaluasi. Ada 2 jenis evaluasi yang dilakukan yaitu pre test dan post test. Pre test dilaksanakan sebelum kegiatan pelatihan dimulai.  Post test dilakukan setelah semua kegiatan pelatihan selesai dilaksanakan. Hasil dari pelatihan menunjukan nilai sig. (2-Tailed)  pre test ke post test sebesar 0,016 dengan taraf signifikansi 0,001 (p<0,05). Hal ini menunukan bahwa ada pengaruh yang signifikan pelatihan terhadap peningkatan keterampilan peserta dalam bidang reparasi dan perawatan alat listrik rumah tangga seperti Setrika Listrik, Rice Cooker, Blender, Mixer dan Kipas Angin.

Keywords


Pelatihan, Reparasi, Alat Listrik Rumah Tangga

References


Hariandja. (2002). Manajemen Sumber Daya Manusia: Pengadaan,
Pengembangan, Pengkompensasian dan Peningkatan Produktivitas
Pegawai.
Jakarta: Grasindo Widiasarana Indonesia.

Mangkuprawira, S. (2004). Manajemen Sumber Daya Manusia Strategik. Jakarta Selatan: Ghalia Indonesia.

Randal, R. & Arnold, J. (2010). Work Psychology: Understanding Human Behavior in the Workplace. London: Pearson Education Limited.

Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Padang. (2016). Kecamatan Padang Utara Dalam Angka 2016.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Nomor 49 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi.


Full Text: FULL TEXT PDF

DOI: 10.30595/jppm.v3i1.2396

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2549-8347