Pembuatan Talam Buah Bit (Beta Vulgaris L) Makanan Berbasis Pangan Lokal Sebagai Upaya Penurunan Hipertensi

Devillya Puspita Dewi

Abstract


Buah bit merupakan salah satu bahan makanan lokal yang kaya dengan zat gizi dan senyawa aktif yang dapat menurunkan resiko penyakit tidak menular. Pemanfaatan buah bit di masyarakat belum banyak. Salah satu cara pemanfaatan buah bit adalah sebagai kudapan (talam) untuk menurunkan hipertensi. Tujuan kegiatan adalah 1) memberikan pengetahuan kepada kader PKK desa Baturetno tentang manfaat buah bit, 2) memberikan pelatihan tentang pembuatan talam buah bit sebagai kudapan untuk menurunkan hipertensi. Kegiatan ini terdiri dari memberi pengetahuan tentang manfaat buah bit, pelatihan pembuatan talam buah bit untuk menurunkan hipertensi. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah ceramah, memberi pelatihan dan demonstrasi pembuatan talam buah bit. Mitra kegiatantersebut adalah ibu-ibu PKK dan kader Posyandu berjumlah 30 orang. Hasil kegiatan ini adalah berupa : 1) Dengan adanya kegiatan pelatihan pembuatan talam buah bit peserta dapat meningkat pengetahuan tentang manfaat buah bitdan menjadi teknologi tepat guna dalam pemanfaatan buah bit menjadi talam buah bit sebagai makanan alternatif penurun hipertensi, 2) peserta mampu membuat talam dari buat bit yang dapat menurunkan hipertensi. 3) mampu menurunkan kejadian hipertensi di desa Baturetno dan bermanfaat bagi masyarakat sebagai pangan penurun hipertensi.


Keywords


Buah Bit, Pelatihan, Talam, Hipertensi

References


Kemenkes (2013) Riset Kesehatan Dasar 2013.

Rabeh, N. M. (2015) ‘Effect of Red Beetroot ( Beta vulgaris L . ) And its Fresh Juice Against Carbon Tetrachloride Induced Hepatotoxicity in Rats’, 33(6), pp. 931–938. doi: 10.5829/idosi.wasj.2015.33.06.260.

Singh, Bhupinder., Hathan, B. S. (2013) ‘Optimization of Osmotic Dehydration Process of Beetroot ( Beta Vulgaris ) in Sugar Solution Using Rsm’, International Journal of Food, Agriculture and Veterinary Science, 3(3), pp. 1–10. Available at: http://www.cibtech.org/jfav.htm.

Suwarsito, Mustafidah, H. and Kartikawati, R. (2018) ‘Peningkatan Pengetahuan dan Ketrampilan Kelompok Wanita Tani Dalam Mengolah Variasi Produk Ikan Lele Melalui Program Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat’, Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(2).

Vitahealth (2006) Hipertensi. Jakarta: Gramedia.

Watiningsih, T., Mirdijaningsih, T. and Sulistiyowati, R. A. (2017) ‘Pengolahan Cistik Sukun Di Desa Mertasinga Kecamatan Cilacap Utara’, Jurnal Pengapdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(1).


Full Text: FULL TEXT PDF

DOI: 10.30595/jppm.v3i1.2642

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2549-8347