Pemanfaatan Limbah Pertanian Dan Peternakan Sebagai Pupuk Kompos

Salfauqi Nurman, Dewi Ermaya, Fadlan Hidayat, Rita Sunartaty

Abstract


Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan, pelatihan dan pendampingan kepada masyarakat Gampong Keuneu Eu, Kecamatan Peukan Bada, Kabupaten Aceh Besar, Provinsi Aceh dalam mengolah limbah hasil pertanian dan peternakan menjadi pupuk kompos. Pelaksaan pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan dengan penyuluhan tentang pupuk kompos, setelah itu dilakukan praktek pembuatan pupuk kompos. Hasil yang diperoleh yaitu berupa pupuk kompos yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat untuk pertanian sebagai pengganti penggunaan pupuk kimia, selain itu hasil lain dari program pengabdian ini berupa kemampuan yang diperoleh oleh masyarakat dalam mengelolah limbah hasil pertanian dan peternakan menjadi pupuk kompos, sehingga mengurangi penggunaan pupuk kimia dan mengurangi pencemaran lingkungan oleh  limbah pertanian dan peternakan.


Keywords


Pendampingan, Pembuatan, Pupuk kompos

References


Firmansyah, M. A. (2010). Teknik Pembuatan Kompos, Artikel, dalam Pelatihan Petani Plasma Kelapa Sawit di Kabupaten Sukamara, Kalimantan Tengah, (5 Oktober 2010).

Nurhayati, Ali, J., & Rizqi, S. . (2011). Potensi Limbah Pertanian Sebagai Pupuk Organik Lokal di Lahan Kering Dataran Rendah Iklim Basah. Iptek Tanaman Pangan, 6(2), 193–202.

Rahmawanti, N., & Dony, N. (2014). Pembuatan Pupuk Organik Berbahan Sampah Organik Rumah Tangga dengan Penambahan Aktivator EM4 di Daerah Kayu Tangi. ZIRAA’AH, 39(1), 1–7.

Yanqoritha, N. (2013). Optimasi Aktivator dalam Pembuatan Kompos Organik dari Limbah Kakao. Majalah Ilmiah MEKTEK, 15(2), 103–108.

Yuniwati, M., Frendy, I., & Adinigsih, P. (2012). Optimasi Kondisi Proses Pembuatan Kompos dari Sampah Organik dengan Fermentasi Menggunakan EM4. Jurnal Teknologi, 5(2), 172–181.


Full Text: FULL TEXT PDF

DOI: 10.30595/jppm.v3i1.2709

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2549-8347