Peningkatan Sumber Daya Masyarakat Desa Melalui Binaan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat

Vethy Octaviani, Sri Narti, Syisva Nurwita

Abstract


Minimnya produktifitas dan aktifitas perekonomian yang dilakukan oleh masyarakat disebabkan oleh kurangnya pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki. Maka dari itu Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) dibentuk sebagai sarana pendidikan berbasis masyarakat. PKBM Alena Smart School di Desa Tebat Monok dan PKBM Az-Zahir di Desa Talang Karet adalah dua diantara beberapa PKBM yang ada di Kabupaten Kepahiang. Tim PKM bersama kedua PKBM sebagai mitra melakukan upaya peningkatan keterampilan masyarakat dan peningkatan layanan pendidikan yang dilakukan melalui metode kegiatan  pelatihan dan pendampingan bertujuan membantu meningkatkan kualitas dibidang produksi, manajemen, dan pemasaran dengan harapan tercapainya peningkatan perekonomian dan pendidikan yang berujung pada peningkatan kesejahteraan masyarakat di Desa Tebat Monok dan Desa Talang Karet. Hasil kegiatan yang telah dicapai adalah terbentuknya industri kecil yang dikelola oleh masyarakat desa Tebat Monok dalam binaan PKBM Alena Smart School yang difokuskan pada pembuatan handycraft dan handmade dengan merk dagang Tebat Monok Thonksys Galery And Craft. Sedangkan untuk masyarakat desa Talang Karet, usaha difokuskan pada makanan olahan dengan merk dagang Talang Karet Thonksys Cake’s. Agar usaha dapat berkelanjutan, juga dilakukan pelatihan dan pendampingan dibidang manajemen untuk administrasi dan untuk kegiatan pemasaran yang dilakukan secara langsung dengan membuat pajangan di PKBM dan juga promosi melalui media sosial instagram. Selain itu, dalam kegiatan PKM juga dilakukan upaya peningkatan pelayanan bidang pendidikan di kedua PKBM sehingga kegiatan pendidikan kesetaraan Paket A,B, dan C di PKBM Alena Smart School serta bimbingan belajar di PKBM Az-Zahir menjadi lebih nyaman, dimana juga didukung dengan adanya Taman Bacaan Masyarakat. 


Keywords


Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat, Karet, Industri Kecil, Pelayanan Pendidikan

References


Campobasso, L and D Davis, (2001). Reflection on Capacity Building, the California Wellness Foundation Journal, 2, (2).

Departemen Pendidikan Nasional. (2003). Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas

Irmawati, A., (2017). Peran PKBM Dalam Mengurangi Buta Aksara Di Kabupaten Karimun. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 2 (1).

Jalal, F., (2004). Membangun Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat. Jakarta: Direktorat Jendral

Kompas. (2016). Pengguna Internet Di Indonesia Capai 132 Juta. http://tekno.kompas.com/read/2016/10/24/15064727/2016.pengguna.internet.di.indonesia.capai.132.juta. (Diakses Pada 27 April 2018)

Kuncoro, M., (2006). Usaha Kecil Di Indonesia : Profil, Masalah, dan Strategi Pemberdayaan. Journal Usaha Kecil Indonesia. http//www.cyberax.eu/book/1843143 (Diakses Pada 27 Mei 2017)

Sihombing, (2001). Pendidikan Luar Sekolah; Masalah, Tantangan Dan Peluang. Jakarta: Wirakarsa

Sofia, R.N. (2014). Peran Perempuan Dalam Keluarga Islami. sofia_psy.staf.ugm.ac.id

(Diakses Pada 27 April 2018)

Sumpeno, W., (2009). Sekolah Masyarakat : Penerapan Rapid – Training – Design Dalam Pelatihan Berbasis Masyarakat. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Sutisna, Firmasyah D., et al. (2012). Peranan PKBM Dalam menumbuhkan Minat Baca Warga Belajar. Students e-Journal. 1 (1)

Yulaelawati, E. (2010). Kurikulum dan Pembelajaran. Bandung: Pakar Raya

Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2014 Tentang Perindustrian Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2014 Nomor 4. www.ppi.kemenperin.go.id

(Diakses Pada 27 Mei 2017)


Full Text: FULL TEXT PDF

DOI: 10.30595/jppm.v3i1.2716

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2549-8347