Accounting and Tax Knowledge Bagi Usaha Kecil dan Menengah Sub Sektor Jasa

Gunasti Gunasti, Supriyati Supriyati

Abstract


Usaha foto copy saat ini telah mengalami perkembangan yang pesat. Namun demikian, pemilik dan pengelola usaha foto copy belum dapat menunjukkan tingkat perkembangan usaha mereka karena ketiadaan pencatatan usaha mereka. Masalah pencatatan akuntansi selama ini masih merupakan masalah klasik karena latar belakang pendidikan dan pengetahuan mereka. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk membantu usaha kecil dan menengah bidang usaha foto copy dalam penyelenggaraan pencatatan dan pelaporan akuntansi dan pajak agar terwujud kelangsungan usahanya dan memiliki daya saing di masa datang. Kegiatan pengabdian masyarakat ini diprioritaskan membantu mengatasi permasalahan ini agar usaha foto copy yang juga termasuk usaha kecil dan menengah ini memiliki daya saing dan mampu mengembangkan usaha di masa datang. Kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan meliputi pelatihan dan advokasi kepada mitra. Pelatihan diarahkan pada penyusunan pencatatan dan pelaporan akuntansi dan pajak secara sederhana pada mitra. Advokasi berupa pendampingan kepada mitra yang berupa pencatatan dan pelaporan akuntansi dan pajak sederhana bagi usaha kecil menengah dengan menggunakan software aplikasi akuntansi dan pajak sederhana yang telah disusun bersama tim pelaksana.Hasil kegiatan pengabdian masyarakat berupa tersusunnya software aplikasi akuntansi dan pajak sederhana. Juga, adanya peningkatan pemahaman ketrampilan pemilik yang sebelumnya tidak mengetahui pencatatan akuntansi dan pajak, sekarang mereka mampu menyusun pelaporan akuntansi dan pajak secara terstruktur.

Keywords


Pelatihan, Pendampingan, Pelaporan Akuntansi, Perpajakan

References


Fess, W. (2017). Pengantar Akuntansi Adaptasi Indonesia (Edisi 4). Jakarta: Salemba Empat.

IAI. (2016). SAK Entitas Mikro, Kecil dan Menengah. Jakarta.

Jati Hironnymus, B. B. (2004). Menumbuhkan Kebiasaan Usaha Kecil Menyusun Laporan Keuangan. Jurnal Bisnis Dan Usahawan, 2(2), 210–218.

RI. (2013). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 46 Tahun 2013 Tentang Pajak Penghasilan Orang Pribadi Usaha Kecil.

Supriyati & Wulanditya. (2012). The SME Perception Toward The Accounting Standard Without Public Accountability (SAK ETAP) and Self Assessment System For Increasing Voluntary Tax Compliance. International Journal of Business and Management, 4.


Full Text: FULL TEXT PDF

DOI: 10.30595/jppm.v3i1.2799

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2549-8347