Transfer Pengetahuan Pembuatan Pembangkit Listrik Tenaga Pikohidro Untuk Penerangan Jalan

Hari Prasetijo, Widhiatmoko H.P, P. Setyo Nugroho

Abstract


Dusun Siwarak Kulon berbatasan dengan hutan pinus seluas 1.014,4 ha asset Perum Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Banyumas Timur dengan ketinggian 200 – 250 Mdpl.  Jalan beraspal hanya jalan utama, sedangkan akses lain berupa jalan maka dan belum dilengkapi penerangan jalan umum. Di kawasan ini terdapat sungai Curug yang memiliki terjunan setinggi 1,2 meter. Tujuan dari kegiatan ini adalah melakukan transfer pengetahuan melalui pendampingan pembuatan pembangkit listrik tenaga pikohidro untuk penerangan jalan di RT 02 dan RT 03 RW 03 dusun Siwarak desa Watuagung kecamatan Tambak yang terletak pada ketinggian 200-250 Mdpl pada kawasan hutan Perum Perhutani Banyumas Timur. Pencapaian tujuan program ini dilakukan dengan metode pengukuran potensi daya dari aliran sungai dan parameter listrik, analisis kapasitas daya generator, pembuatan bendung,pembuatan penstock dan turbin,  pemasangan penstock dan turbin-generator, membuat penerangan jalan umum serta  transfer pengetahuan melalui diskusi sistem pembangkit listrik tenaga piko hidro dan lampu LED gun pembangkit listrik tenaga pikohidro dengan kapasitas 1000 watt, dibangun penpenghematan energi listrik penerangan.  Hasil yang dicapai dari kegiatan ini adalah : dibanerangan jalan umum, serta mendapatkan 2 warga yang memiliki kemampuan perawatan pembangkit listrik untuk memastikan keberlanjutan sistem tersebut.


Keywords


Transfer, Pengetahuan, Pikohidro, Penerangan, LED

References


Akhmad, K., Prasetijo, H., & Winasis, (2008). Teknologi Energi Terbarukan. Bahan Ajar Program Studi Teknik Elektro Unsoed.

Bustami, A. M., (2017). Rancang Bangun Pembangkit Listrik Pikohidro 1000 VA dengan Memanfaatkan Pembuangan Air Limbah Pada Gedung Pakarti. Artikel, Seminar Nasional Sains dan Teknologi, Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Jakarta.

ESDM Banyumas, (2004). Executive Summary Rencana Umum Ketenagalistrikan Daerah (RUKD) Kabupaten Banyumas

Faridah, B. U., (2018), Analisis Efisiensi Penggunaan Lampu Light Emitten Diode (LED). Journal of Electrical Technology, 3 (1).

Myson., (2013). Kajian Potensi Arus Sungai Lagan Sebagai Pembangkit Listrik. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi 13 (4),174-180

Integrated Microhydro Development and Application Program (IMIDAP). (2009). Pedoman Pembangunan PLTMH Jilid 3,4,6,7. Direktorat jenderal listrik dan pemanfaatan energi, Departemen energi dan sumberdaya mineral.

Kaigai, (2003). Panduan Untuk Pembangunan Listrik Mikro Hidro. Japan International Coorporation Agency (JICA).


Full Text: FULL TEXT PDF

DOI: 10.30595/jppm.v3i1.2833

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2549-8347