Pemberdayaan Masyarakat Melalui Diversifikasi Produk Keladi dan Singkong

Renny Anggraini, Fera Maulina, Vivi Vivi

Abstract


Singkong dan talas menjadi komoditi utama di Dusun Lingga Selatan, Desa Lingga Kecamatan Sungai Ambawang Kabupaten Kubu Raya Kalimantan Barat, namun karena daerah yang jauh sehingga sulit dijangkau walaupun Desa Lingga sendiri tidak jauh dari kota. Dusun Lingga Selatan perlu waktu 45 menit untuk menjangkau pusat desa dan jalan yang sulit ditempuh ketika hujan. Hal inilah yang menjadi kendala untuk hasil pertanian cepat dijual. Oleh karena itu masyarakat Dusun Lingga Selatan Desa Lingga memerlukan teknologi untuk memperpanjang umur simpan hasil pertanian yaitu keladi dan singkong sehingga ketika panen tidak cepat rusak mutunya dan umur simpannya menjadi lebih panjang. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pendapatan masyarakat petani singkong dan keladi di Desa Lingga dan menambah nilai ekonomi kedua produk pangan tersebut. Metode yang digunakan adalah pelatihan dan pendampingan pada bidang produksi, manajemen dan pemasaran produk keladi dan singkong. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa masyarakat mitra telah memahami tahapan dan cara produksi tepung keladi dan singkong, mie singkong, dan cookies keladi. Masyarakat mitra tertarik untuk memproduksi untuk dijual maupun hanya sebagai konsumsi rumah tangga.


Keywords


Singkong, Keladi, Pelatihan, Produksi

References


Badan Pusat Statistik. (2016). Kalimantan Barat dalam Angka 2016. Pontianak: Badan Pusat Statistik Propinsi Kalimantan Barat.

Badan Pusat Statistik. (2016). Kubu Raya dalam Angka 2016. Pontianak: Badan Pusat Statistik Propinsi Kalimantan Barat.

Koswara, S. (2011). Teknologi Pengolahan Umbi-umbian. Bogor: Southeast Asian Food And Agricultural Science and Technology (SEAFAST) Center, IPB.

Elisabeth, D.A., Fawzan S.A., Jemmy R. (2015). Pendugaan Umur Simpan dan Analisis Usaha Pengolahan Tepung Komposit Keladi dan Ubi Jalar Di Bali. Prosiding Seminar Hasil Penelitian Tanaman Aneka Kacang dan Umbi.

Marta, H. (2011). Sifat fungsional dan reologi tepung jagung nikstamal serta contoh aplikasinya pada pembuatan makanan pendamping ASI. Bogor: Institut Pertanian Bogor.

Widowati, S. (2009). Tepung Aneka Umbi Sebagai Sebuah Solusi Ketahanan Pangan. Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Pascapanen Pertanian. Bogor

Widowati, S. (2011). Proses Pengolahan Tepung Kasava dan Tapioka. Bogor: Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Pascapanen Pertanian


Full Text: FULL TEXT PDF

DOI: 10.30595/jppm.v3i1.3028

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2549-8347