Penerapan Internet Marketing Dalam Meningkatkan Pendapatan Pada UMKM

Dedy Harto, Sulistya Rini Pratiwi, Mohamad Nur Utomo, Meylin Rahmawati

Abstract


Usaha Mikro Kecil dan Menengah mempunyai peranan yang cukup besar bagi kesejahteraan masyarakat. Sector ini mampu menyerap tenaga kerja  cukup besar dan memberi peluang bagi UMKM untuk berkembang dan bersaing dengan perusahaan yang lebih cenderung menggunakan modal besar (capital intensive). Tujuan kegiatan ini adalah memperbaiki aspek manajemen pemasaran yang berdampak pada peningkatan penjualan. Mitra kegiatan ini adalah Kelompok Usaha Makanan Ringan Di Kota Tarakan meliputi Usaha Mikro Bude Ramdan Usaha Mikro Ar-Raihan. Permasalahan utama kedua mitra adalah mitra tidak terlalu fokus pada pengelolaan pemasaran lebih mengandalkan system pemasaran yang masih konvensional  seperti system pemesanan barang, penitipan pada toko terdekat, serta penjualan di toko sendiri yang posisinya tidak terlalu strategis sehingga menyebabkan penjualan produk yang stagnan. Permasalahan mitra diatasi melalui penerapan manajemen dan teknik pemasaran produk mitra dengan menggunakan media internet (online). Berdasarkan hasil kegiatan diperoleh: 1) terdapat peningkatan pemahaman pentingnya teknologi terhadap usaha; 2) meningkatnya kemampuan dalam pengelolaan teknologi internet; 3) peningkatan dalam penyerapan pasar; 4) Peningkatan kemampuan komunikasi bagi mitra dalam mengelola website dan Social Media Marketing, yaitu kemampuan mitra mengkomunikasikan produk dan merk produk sehingga memiliki daftar pelanggan tetap pada website yang berpotensi melakukan pembelian produk secara berkelanjutan.

Keywords


Aspek Pemasaran, Manajemen Bisnis, Pendekatan Teknologi, UMKM

References


Datta, Palto R.et.al. (2005). Viral Marketing: New Form of Word-of-Mouth through Internet. The Business Review, 3(2)

Kosasi, S. (2014). Pembuatan Sistem Informasi Penjualan Berbasis Web Untuk Memperluas Pangsa Pasar. Prosiding SNATIF Ke-1 Tahun 2014. Fakultas Teknik – Universitas Muria Kudus, 225-232.

Kotler, P., dan K. L. College.(2009). Manajemen Pemasaran (Edisi Bahasa Indonesia). E. K. B. J. 1. Indonesia: Indeks.

Kuncoro, M. (2007). Ekonomi Industri Indonesia: Menuju Negara Industri Baru 2030. Yogyakarta: Andi.

Kuncoro, M., dan A. Abimamyu. (1995). Struktur Dan Kinerja Industry Indonesia Dalam Era Deregulasi Dan Debirokratisasi. Kelola (Gadjah Mada University Business Review), 4 (10).

Mujiyana, L. Sularto, dan M. A. Mukhyi. (2012). Pengaruh Penerapan Periklanan DI Internet dan Pemasaran Melalui E-mail Produk UMKM dI Wilayah Depok. Jurnal TI Undip, 7 (3),161-168.

Pearce, J.A., Robinson, R.B. (2013). Strategic Management : Formulation, Implementation, and Control Manajemen Strategis (12th ed). Jakarta: Salemba Empat

Reimers, V., C. W. Chao, dan S. Gorman. (2016). Permission email marketing and its influence on online shopping. Asia Pacific Journal of Marketing and Logistics, 28 (2), 308 -322.

Sagan, C., & Leighton, T. 2010. The Internet and The Future of News. American Study of Arts and Sciences 139 (2), 119-125.

Sudaryanto, dan A. Hanim. (2002). Evaluasi Kesiapan UKM Menyongsong Pasar Bebas Asean (AFTA) : Analisis Perspektif dan Tinjauan Teoritis. Jurnal Ekonomi Akuntansi dan Manajemen, 1 (2).

Supriyanto. (2004). Pemberdayaan Teknologi Informasi untuk Keunggulan Bisnis. Jurnal Ekonomi & Pendidikan, 2 (1), 99-112.

Yulianto, A. (2015). Kajian Internet Marketing Sebagai Salah Satu Media Pemasaran Industri Perhotelan. Jurnal Khasanah Ilmu, 6 (1), 65-78.


Full Text: FULL TEXT PDF

DOI: 10.30595/jppm.v3i1.3033

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2549-8347