Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru Kimia Melalui Pembinaan Penerapan Lesson Study As Learning Community

Maria Erna, Erviyenni Erviyenni, Rasmiwetti Rasmiwetti

Abstract


Upaya peningkatan kompetensi pedagogik guru kimia di Kabupatan Rokan Hulu Propinsi Riau telah dilakukan melalui pembinaan penerapan Lesson Study as Learning Community (LSLC).  Metode pembinaan terlebih dahulu dilakukan sosialisasi dan pelatihan LSLC. Peningkatankompetensi pedagogik guru dilakukan secara kolaboratif dan berkesinambungan melalui tahap-tahap Lesson Study, yaitu perencanaan (plan), pelaksanaan (do) dan refleksi (see). Guru kimia yang dibina pada kegiatan ini berjumlah 24 orang. Hasil pembinaan guru memperlihatkan intrumen pembelajaran yang dikembangkan oleh guru termasuk kedalam kategori valid dengan nilai 3,555 (88,878%). Sedangkan aktivitas guru dalam pembelajaran yang teramati termasuk kedalam kategori amat baik (A). Hasil analisis sikap guru setelah dilakukan pembinaan memperlihatkan dari 24 peserta terdapat 18 peserta  (75%) yang mempunyai sikap Sangat Tinggi, 4 peserta (16,7%) kategori Tinggi dan 2 peserta  (8,3%) kategori Sedang.


Keywords


Kompetensi pedagogik, Lesson Study as Learning Community, kolaboratif

References


Arief, S. (2002). Media Pembelajaran dan Proses Belajar Mengajar, Pengertian Pengembangan dan Pemanfaatannya, Jakarta: Raja Grafindo Persada

Clivaz, S. (2018). Lesson Study as a Fundamental Situation for The Knowledge of Teaching. International Journal for Lesson and Learning Studies, 7(2), 172-183

Masaaki, S. (2012). Dialog dan Kolaborasi di Sekolah Menengah Pertama Praktek ” Learning Community”, Jakarta: PELITA

Miftahul, H. (2014). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran.Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Mulnix, J. (2010).Educational philosophy and theory, Oxford: Blackwell Publishing.

Rumpagapora, M.W and Darmawan, I.G.N., (2017). Students’ Critical Thinking Skills in a Thai ICT Schools Pilot Project. International Education Journal, 8(2), 125-132

Rusman. (2014). Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Sumiati dan Asra (2007). Metode Pembelajaran. Bandung: Wacana Prima

Sutrisno (2011). Pengantar Pembelajaran Inovatif Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jakarta: Gaung Persada


Full Text: FULL TEXT PDF

DOI: 10.30595/jppm.v3i1.3426

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2549-8347