Pelatihan Pembuatan VCO Untuk Meningkatkan Penghasilan Masyarakat

Putri Sapira Ibrahim, Rosdiani Azis, Ingka Rizkyani Akolo

Abstract


           Di Desa Posso belum ada pengrajin VCO,  padahal desa ini memiliki potensi kelapa yang besar. Oleh karena itu membutuhkan sosialisasi kepada masyarakat cara pengolahan kelapa menjadi VCO. Tujuan kegiatan  ini adalah untuk meningkatkan penghasilan mitra yakni masyarakat di Desa Posso, Kabupaten Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo. Metode yang digunakan adalah penyuluhan dan praktek mengolak  diversifikasi produk berbahan dasar kelapa. Adapun metode pembuatan VCO yang digunakan adalah dengan menggunakan enzim yang berasal dari alam yakni enzim papain yang berfungsi untuk memisahkan antara krim santan dan minyak VCO yang dihasilkan. Hasil yang diperoleh adalah mitra mampu memproduksi VCO secara mandiri, mitra memiliki pengetahuan tentang potensi alam yang dapat dimanfaatkan untuk membuat VCO. Setelah pengabdian ini dilakukan, mitra mulai menyadari  pentingnya pengolahan hasil pertanian untuk meningkatkan pendapatan dan  memasarkan produknya di sekitaran daerah Gorontalo Utara.


Keywords


Pelatihan; Pembuatan minyak VCO; Olahan Kelapa

References


BPS, 2018. Provinsi Gorontalo dalam Angka 2018. Badan Pusat Statistik Gorontalo.

Rindengan, B. 2003. Pengembangan minyak kelapa murni (virgincoconut oil) untuk industri farmasi dan kosmetika. Makalah disampaikan pada Aplikasi Teknologi Pascapanen Komoditas Perkebunan, Makassar, 2-7 September 2003.

Rosenthal, A.,D.L Pyle, dan K. Niranjan. 1996. Aqueous and Enzymatic Processes for Edible Oil Extractin. Jurnal of Enzymology Microbial Technology. 19; 402 –420.

Widiyanti, R. A. (2015). Pemanfaatan Kelapa Menjadi VCO (Virgin Coconut Oil) sebagai Antibiotik Kesehatan dalam Upaya Mendukung Visi Indonesia Sehat 2015. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi 2015, yang diselenggarakan oleh Prodi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Muhammadiyah Malang, 21 Maret 2015.


Full Text: PDF

DOI: 10.30595/jppm.v3i2.3429

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2549-8347