Pemanfaatan Media Pembelajaran IPS Untuk Meningkatkan Keterampilan Guru IPS Terpadu

Yulia Suriyanti, Munawar Thoharudin

Abstract


Kegiatan ini dilaksanakan untuk guru IPS Terpadu Kabupaten Sintang. Tujuan dari kegiatan ini adalah : 1) Meningkatkan pengetahuan dan pemahaman guru tentang  pentingnya penggunaan media pembelajaran dalam proses pembelajaran IPS Terpadu, 2) Meningkatkan kemampuan  memilih media pembelajaran yang tepat pada setiap proses pembelajaran IPS Terpadu,3) Meningkatkan keterampilan  memanfaatkan bahan-bahan sederhana serta aplikasi-aplikasi yang sudah tersedia untuk menghasilkan media pembelajaran yang tepat guna. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah: 1) Workshop tentang manfaat  penggunaan media pembelajaran dalam dan cara memilih media pembelajaran yang tepat serta penggunaan berbagai media pembelajaran. 2) Pelatihan membuat media pembelajaran IPS Terpadu dengan memanfaatkan bahan sekitar yang sederhana dan aplikasi-aplikasi yang sudah tersedia. 3) pendampingan terhadap guru-guru  IPS dalam  menggunakan media pembelajaran yang telah di rancang pada proses pembelajaran IPS Terpadu. Hasil kegiatan berupa peningkatan kemampuan guru dalam memilih dan menentukan media pembelajaran yang tepat sesuai materi ajar, memanfaatkan sumber-sumber yang ada untuk membuat media pembelajaran dan membuat inovasi media pembelajaran IPS Terpadu.


Keywords


Media Pembelajaran, IPS Terpadu, Guru IPS Terpadu

References


Jamaludin., (2016). Manfaat Media Komunikasi Dalam Pendidikan Dan Pembelajaran. At-Tabligh, 1(1).

Prastya, A., (2016). Strategi Pemilihan Media Pembelajaran Bagi Seorang Guru. Prosiding, Temu Ilmiah Nasional Guru (TING) VIII, (26 November 2016), 632–641.

Rahmattullah, M., (2011). Pengaruh Pemanfaatan Media Pembelajaran Film Animasi Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Penelitian Pendidikan, 1(1), 178–186.

Rahmawati, S., & Baharuddin. (2016). Pengaruh Media Pembelajaran Dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Ips Terpadu Siswa Kelas Viii Smp Negeri 1 Badar dan SMP Negeri 5 Badar Kab. Aceh Tenggara. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi Dalam Pendidikan, 3(1).

Ramli, M. (2015). Media Pembelajaran Dalam Perspektif Al-Qur’an Dan Al-Hadits. Ittihad Jurnal, 13(23), 130–154.

Surahman, E., & Mukminan. (2017). Peran Guru IPS Sebagai Pendidik Dan Pengajar Dalam Meningkatkan Sikap Sosial Dan Tanggung Jawab Sosial Siswa SMP. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 4(1), 1–13.


Full Text: FULL TEXT PDF

DOI: 10.30595/jppm.v3i1.3507

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2549-8347