Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pelatihan Komunikasi Efektif Berbasis Potensi Wisata dan Kearifan Lokal

Aat Ruchiat Nugraha, Susie Perbawasari, Feliza Zubair, Evi Novianti

Abstract


Untuk membangun pola komunikasi yang terus berkelanjutan dalam hal kepariwisataan, masyarakat perlu dirangsang melalui program skema komunikasi pemberdayaan pada kegiatan-kegiatan yang terkait dengan event pariwisata, seperti pelatihan komunikasi efektif. Program pelatihan komunikasi efektif tentang kepariwisataan dilakukan berdasarkan potensi keragaman pariwisata yang terdapat di desa Bongas kecamatan Cililin yang memiliki adat, tradisi, budaya dan seni lokal. Pelatihan ini bertujuan memberikan pengetahuan dan keterampilan secara lisan dan tulisan yang dihadapi oleh masyarakat dalam menyampaikan pesan kepariwisataan ke pihak luar. Pendekatan kegiatan pelatihan ini menggunakan metode ceramah, diskusi, dan simulasi dengan peserta berasal dari pelaku UMKM dan kelompok sadar wisata. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan dan pemahaman peserta terhadap pentingnnya komunikasi efektif dalam bentuk pengemasan pesan beserta teknik publikasinya bagi pelaku UMKM dan kelompok sadar wisata di desa Bongas. Kesimpulan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah bahwa potensi keragaman pariwisata akan semakin terkelola dengan baik apabila dilakukan dengan penyampaian pesan secara efektif mengenai objek wisata ke masyarakatmelalui skema pemberdayaan masyarakat yang partisipatif

Keywords


Potensi Pariwisata, Komunikasi Efektif, Pemberdayaan Masyarakat

References


Adimihardja, K., & Hikmat, H. (2003). Participatory Research Appraisal Dalam Pelaksanaan Pengabdian Kepada Masyarakat. Bandung: Humaniora.

Nurjaman, K., & Umam, K. (2012). Komunikasi & Public Relations. Bandung: Pustaka Setia.

Putri, I. V. W., Santika, I. D. A. D. M., & Puspita, K. D. (2018). Pelatihan bahasa Inggris komunikatif untuk kelompok kerja “Serangan Transport” di desa adat Serangan. Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(1), 111–119.

Rustanto, B. (2016). Masyarakat Multikultur di Indonesia. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Safira, A. M., Perbawasari, S., & Sani, A. (2018). Proses Seleksi Lokasi Pada Program Pemberdayaan Kelompok Sadar Wisata di Kota Depok. Jurnal Penelitian Komunikasi, 21(1), 87–100. https://doi.org/10.20422/jpk.v21i1.204

Sudarman, M. (2014). Sosiologi Komunikasi. Bandung: Mitra Wacana Media.


Full Text: FULL TEXT PDF

DOI: 10.30595/jppm.v3i1.3546

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2549-8347