Pelatihan Pengelolaan Aplikasi Sistem Informasi Bagi Warga Kelurahan Sawah Baru, Tangerang Selatan

Johannes Hamonangan Siregar, Chaerul Anwar, Marcello Sangaji

Abstract


Kegiatan ini dilaksanakan berdasarkan adanya faktor kebutuhan warga pengguna internet untuk memperoleh pengetahuan dan keterampilan dalam mengelola aplikasi sistem informasi. Tujuan kegiatan adalah meningkatkan pengetahuan dan memberikan keterampilan pengelolaan aplikasi sistem informasi kepada warga kelurahan Sawah Baru, Tangerang Selatan. Peserta kegiatan ini adalah pemuda yang aktif dalam kepengurusan organisasi yang ada di kelurahan, sebanyak 16 orang. Metode pelaksanaan kegiatan dilakukan dengan mengadakan pelatihan dalam bentuk ceramah yang disertai peragaan pemakaian, praktek, tanya jawab dan diskusi studi kasus. Pelaksanaan kegiatan ini dibantu oleh mahasiswa dari Program Studi Sistem Informasi.  Hasil kegiatan dari aspek pengetahuan diukur dengan pre tes dan pos tes, dari aspek keterampilan diukur dengan pengamatan langsung terhadap peserta dalam mengelola aplikasi melalui tanya jawab lisan, yang didapatkan hasil sebagai berikut. Pertama, peserta mendapat peningkatan pengetahuan yang dibutuhkan untuk dapat mengelola aplikasi. Kedua, peserta memperoleh keterampilan untuk mengelola aplikasi dengan benar. Kegiatan ini juga memberikan dampak baik bagi mahasiswa yang memungkinkan terjadinya kolaborasi dengan peserta dalam memberi solusi untuk kebutuhan warga.


Keywords


Pelatihan; Keterampilan; Aplikasi Sistem Informasi; Kolaborasi

References


Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) (2018). SURVEI APJII : Penetrasi Internet di Indonesia Capai 143 Juta Jiwa, Buletin APJII Edisi 22 - Maret 2018.

Badan Pusat Statistik (BPS) (2017). Statistik Kesejahteraan Rakyat Kota Tangerang Selatan 2017. BPS Kota Tangerang Selatan.

Hake, R. R. (1999). Analyzing Change/Gain Scores, Department of Physics, Indiana University, Woodlands, CA

Laudon, K. C., & Laudon, J. P. (2015). Management information systems: managing the digital firm, 15th Edition. Pearson Education. Harlow, England. DOI:https://doi.org/10.1016/j.ijinfomgt.2003.12.006

Mansor, A. Z. (2012). Google Docs as a Collaborating Tool for Academicians. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 59 (2012), 411–419. DOI: https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.09.295

Metilia, T., & Fitrawati. (2018). Using Google Docs for Collaborative Writing in Teaching Writing Descriptive Text to English Department Students. Journal of English Language Teaching, 7(1), 194–200.

Nopriadi & Elisa E. (2019). Pelatihan Office Berbasis Cloud Sebagai Pendukung Administrasi RW di Perumahan Pondok Rhabayu Kota Batam. Kaibon Abhinaya : Jurnal Pengabdian Masya-rakat, 1(2) , 48 - 52. DOI: 10.30656/ ka.v1i2.1541

Phillips, R., & Pittman, R. H. (2009). An Introduction to Community Development. New York: Routledge.

Pusat Humas Kementerian Perdagangan RI. (2014). Panduan Optimalisasi Media Sosial untuk Kementerian Perdagang-an RI. Jakarta: Pusat Hubungan Masyarakat Kementerian Perdagangan Republik Indonesia

Sasmito, G. W., Apriliani, D. & Nishom M., (2018). Pemanfaatan Teknologi Infor-masi untuk Penguatan Home Industri di Kelurahan Pesurungan Lor, Kota Tegal. Jurnal Pengabdian Masyarakat Teknik (JPMT), 1(1), 21-25. DOI: https://dx.doi.org/10.24853/jpmt.1.1.21-25

Universitas Pembangunan Jaya (UPJ) (2016). Pedoman Pelaksanaan Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat di UPJ. Tangerang Selatan: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Pembangunan Jaya

Wang, D., Olson, J. S., Zhang, J., Nguyen, T., & Olson, G. M. (2015). How Students Collaboratively Write using Google Docs. IConference 2015 Proceedings, 1–5. Diakses dari http://hdl.handle.net/2142/73736


Full Text: PDF

DOI: 10.30595/jppm.v3i2.4167

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2549-8347