Pembuatan Website Katalog Produk UMKM Untuk Pengembangan Pemasaran dan Promosi Produk Kuliner

Ferry Rahmat Astianta Bukit, Gea Geby A.S, Irvan Irvan, Fahmi Fahmi

Abstract


Dalam pengelolaannya IMO Sumut memiliki beberapa kekurangan, salah satunya yaitu kurangnya pengetahuan tentang penggunaan internet dan minimnya media pemasaran dan promosi. Selama ini IMO melakukan promosi dan pemasaran melalui hubungan antar  teman dan mengikuti bazar diberbagi event. Tetapi kegiatan tersebut dirasa kurang maksimal karena saat ini perkembangan teknologi informasi semakin  cepat, maka semakin banyak bidang yang bergantung pada teknologi informasi digital, salah satunya yaitu Website. Oleh karena itu, tujuan dari kegiatan ini yaitu untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan IMO Sumut dalam memasarkan produk UMKM melalui internet dan mampu mengelola website sebagai media promosi. Untuk mencapai tujuan tersebut maka metoda yang digunakan adalah difusi iptek dalam pembuatan website katalog produk UMKM, serta sosialisasi dan pelatihan pemanfatan internet dan pengelolaan website. Hasil dari pelaksanaan kegiatan ini yaitu berupa website  www.imosumut.com. Adanya peningkatan jumlah pelanggan secara signifikan pada bulan ke-4,5, dan 6. Hasil sosialisasi dan pelatihan menunjukkan terjadi peningkatan pemahaman mitra dalam menggunakan serta memanfaatkan internet sebagai media pemasaran rata-rata sebesar 76%.


Keywords


UMKM; Makanan Olahan; Website; Pemasaran; Promosi

References


Caldeira, M., & Ward, J. (2001). Using Resource-Based Theory To Interpret the Successful Adoption and Use of Information Systems & Technology in Manufacturing Small and Medium Sized Enterprises. The 9th European Conference on Information Systems, 1159–1169. https://doi.org/10.1057/palgrave.ejis.3000454

Harto, D., Pratiwi, S. R., Utomo, M. N., & Rahmawati, M. (2019). Penerapan Internet Marketing Dalam Meningkatkan Pendapatan Pada UMKM. Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(1), 39–45.

Kementerian Hukum dan HAM, I. (2008). Undang-Undang No 20 Tahun 2008 Tentang Usaha Mikro, Kecil, Menengah. (20), 1–24.

Laudon, & Laudon. (2003). Management information systems: managing the digital firm. In Revista de Administração Contemporânea (Vol. 7). https://doi.org/10.1590/S1415-65552003000100014

Pearce, J. ., & Robinson, R. . (2013). Strategic Management : Formulation, Implementation, and Control Manajemen Strategis (12th) (12th ed.). Jakarta Selatan: MC Graw Hill.

Ragimun, Sudaryanto, & Wijayanti, R. R. (2015). Strategi Pemberdayaan UMKM Menghadapi Pasar Bebas Asean. Web Kementerian Keuangan, 1–32.

Sardi, J., & Pulungan, A. B. (2019). Pelatihan reparasi dan perawatan alat listrik rumah tangga untuk pemuda pesisir. Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(1), 3–6.

Siregar, A. R. (2008). Penggunaan Sistem dan Teknologi Informasi Untuk Usaha Kecil dan Menengah. Universitas SUmatera Utara, 1–13.

Sudaryanto. (2011). The need for ICT education for managers or agri-businessmen for increasing farm income: Study of factor influences on computer adoption in East Java farm agribusiness. International Journal of Education and Development Using Information and Communication Technology (IJEDICT), 7(1), 56–67.

Tarutė, A., & Gatautis, R. (2014). ICT Impact on SMEs Performance. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 110, 1218–1225. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2013.12.968


Full Text: PDF

DOI: 10.30595/jppm.v3i2.4317

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2549-8347