Peningkatan Produktivitas Peternak Itik Melalui Penerapan Mesin Penetas Telur

Rany Puspita Dewi, Wandi Arnandi

Abstract


            Sebagian warga masyarakat Desa Ngrajek, Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang berprofesi sebagai peternak itik. Tujuan pelaksanaan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan produktifitas peternak itik melalui penjualan anak itik, yang memiliki harga jual lebih tinggi melalui penerapan mesin penetas telur. Metode yang digunakan adalah difusi ipteks. Kegiatan ini  dilaksanakan melalui  dua tahap, yaitu : tahap pertama,  observasi dengan melakukan metode pengumpulan data dokumentasi dan diskusi dengan tokoh masyarakat sebagai stakeholder. Hal ini bertujuan untuk memperoleh informasi kondisi real masyarakat peternak itik. Tahap kedua adalah tahap pengembangan solusi untuk menyelesaikan permasalahan yang dialami peternak itik melalui  perancangan dan pembuatan mesin penetas telur serta mengadakan pelatihan pengoperasian mesin penetas telur.  Hasil luaran utama yang dicapai dalam program ini adalah tersedianya mesin penetas telur. Hasil lain dari program ini adalah peningkatan wawasan dan pengetahuan tentang teknologi mesin penetas telur serta taraf hidup masyarakat Desa Ngrajek.


Keywords


Mesin Penetas Telur; Produktivitas; Peternak itik

References


Ahaya, R., & Akuba, S., (2013). Rancang Bangun Alat Penetas Telur Semi Otomatis. Jurnal Teknologi Pertanian Gorontalo (JTPG), 3(1), 44-50.

Anonim. (2013). Profil Desa Ngrajek, Kecamatan Mungkid. http://desangrajek.magelangkab.go.id/index.php/first/artikel/32. Diakses tanggal 15 November 2018.

Rawung, V.R.W., & Utiah, W., (2018). Aplikasi Mesin Tetas Pada Ayam Kampung, IbM Kelompok Peternak Ayam Kampung Desa Tenga. Prosiding Seminar Nasional Pengembangan Unggas Lokal di Indonesia, 109-113.

Mangisah, I., & Sukamto, B., (2016). Pelatihan Budidaya Itik Secara Semi Intensif Dan Penetasan Telur Di Desa Kebakalan Banjarnegara. Jurnal Info, XVIII (1), 13-28.

Sandi, S., Indra, A., Sari, M.L., &Y osi, F. (2018). Penerapan Sistem Kawin Sodok dan Mesin Tetas Meningkatkan Produktivitas Itik Pegagan. Jurnal Pengabdian Sriwijaya. 3 (2), 274-281.

Suyatno., (2005). Otomatisasi Mesin Tetas Untuk Meningkatkan Produksi DOC (Day Old Chick) Ayam Lurik dan Efisiensi Usaha. Jurnal Dedikasi, 2, 17-25

Wijayanti, E. S., & Setiawan, Y., (2015). Pemanfaatan Mesin Tetas Telur untuk Peningkatan Sektor Peternakan di Desa Lalang Kabupaten Belitung Timur. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2 (2), 57-63.


Full Text: PDF

DOI: 10.30595/jppm.v3i2.4460

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2549-8347